Blog

Tutorial Cara Memakai Sumpit Yang Tepat Bagi Pemula

PerbesarIlustrasi cara menggunakan sumpit. Foto. dok. Luke Chan (Unsplash.com)Tutorial cara memakai sumpit yang tepat tentu perlu dikuasai agar dapat menggunakan sumpit dengan benar sesuai dengan kegunaannya. Bagi Anda yang masih merasa kesulitan menggunakan sumpit, berikut ini cara memakai sumpit yang benar dan mudah dipelajari bagi pemula.

Tutorial Cara Memakai Sumpit yang Benar Lengkap dengan Tata Kramanya

Menggunakan sumpit tentu menjadi hal yang cukup sulit bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa makan dengan sendok. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menggunakan sumpit untuk makan, Anda perlu memahami bagaimana cara memakai sumpit yang tepat dan sesuai dengan kegunaannya.Sumpit merupakan alat makan yang umum digunakan bagi masyarakat Jepang. Penjelasan mengenai sumpit dan tata kramanya dikutip dari buku berjudul Bahasa & Budaya Jepang untuk Pemula Edisi Traveling, Gengoya (2019: 37).

PerbesarIlustrasi menggunakan sumpit. Foto. dok. kokouu (Unsplash.com)Dijelaskan bahwa sumpit adalah alat makan utama yang dipakai untuk menikmati hidangan ala Jepang. Di balik bentuknya yang sederhana, sumpit memiliki beberapa tata krama ketika menggunakannya. Berikut ini tata krama memakai sumpit dalam kebudayaan Jepang:

* Jangan menusuk nasi untuk meletakkan sumpit, karena posisi sumpit yang ditusuk ke nasi hanya dilakukan ketika upacara pemakaman

* Jangan gunakan sumpit untuk mengaduk sup karena akan terlihat seperti sedang membersihkan sumpit

* Jangan gunakan sumpit untuk menunjuk sesuatu

* Jangan memain-mainkan sumpit

* Letakan sumpit di hashioki atau tempat kecil untuk meletakkan sumpit. Jika tidak ada, maka boleh meletakkannya secara horizontal di atas mangkuk.

PerbesarIlustrasi menggunakan sumpit bagi pemula. Foto. dok. Vasko (Unsplash.com)Dalam buku berjudul Kulinari Oriental Negara Cina, Izwani, ‎ Indani, ‎R. Akmal (2018: 55), selain digunakan sebagai alat makan, sumpit rupanya dapat digunakan untuk fungsi lainnya seperti alat bantu saat masak, seperti memasak mie.

Berikut ini adalah tutorial cara memakai sumpit yang mudah diikuti:

1. Letakkan satu sumpit di antara jari telunjuk dan ibu jari pada sepertiga dari bagian atas sumpit.

2. Posisikan sumpit kedua di antara jari tengah dengan jari telunjuk. Letakkan secara sejajar dengan jari tengah dan pangkal ibu jari mengapit sumpit kedua. Topang sumpit kedua dengan jari manis.

3. Gerakkan sumpit pertama dengan jari telunjuk dan jari tengah. Sumpit kedua harus tetap dan tidak boleh bergerak.

4. Saat mengambil makanan, gunakan jari telunjuk dan jari tengah. Ambil makanan dengan potongan yang besar terlebih dahulu lalu gigit. Setelah cukup lihai, coba makanan dengan potongan yang lebih kecil.

Itu dia tutorial cara memakai sumpit yang tepat dan mudah diikuti khususnya bagi pemula. Mudah, kan? Agar lebih mahir, Anda dapat membiasakan makan dengan menggunakan sumpit sesering mungkin saat makan sehari-hari. Selamat mencoba! (DAP)