Blog

Tujuan Pembelajaran Pengertian Manfaat Karakteristik Dan Komponen

Tujuan pembelajaran adalah penjelasan yang mendeskripsikan kemampuan atau kinerja standar meliputi pemahaman, perilaku dan kapabilitas yang diharapkan bisa dicapai siswa sesudah melakukan penyelesaian agenda pengajaran.

Penjelasan tentang tujuan pembelajaran, lazimnya berupa tulisan yang diterangkan pada awal program pembelajaran. Perihal tersebut disebabkan lantaran kegiatan pengajaran kerap kali dipersempit masalah ruang dan waktu. Proses menyampaikan tujuan pembelajaran pada waktu sekarang akan memberikan efek pada arah pembelajaran supaya bisa mengintensifkan kemungkinan pembelajaran berakhir di posisi tujuan yang benar.

A. Pengertian Tujuan Pembelajaran
Berikut ini beberapa tujuan pembelajaran menurut para ahli antara lain. * Menurut Slavin, tujuan pembelajaran adalah tingkah laku yang bersifat khusus tentunya diharapkan muncul pada peserta didik di akhir pembelajaran melalui unjuk kerja.
* Menurut Suharsimi, tujuan pembelajaran adalah tujuan yang mendeskripsikan pengetahuan, kapabilitas, keterampilan dan perilaku yang wajib dimiliki oleh peserta didik sebagai dampak dari perolehan berupa hasil pengajaran yang dinyatakan berupa perilaku yang bisa ditinjau atau diukur.
* Menurut Kemp dan David E. Kapel (1981), tujuan pembelajaran adalah suatu keterangan yang jelas yang diungkapkan dalam tingkah laku atau kinerja yang diaktualkan berbentuk tulisan dalam rangka menerangkan hasil belajar yang diharapkan.
* Menurut Oemar Hamalik, tujuan pembelajaran adalah suatu pemaparan tentang sikap yang diharapkan mampu tercapai oleh peserta didik sesudah terjadi proses belajar mengajar.

B. Manfaat Tujuan Pembelajaran
Berikut ini sejumlah tujuan pembelajaran antara lain. * Memberikan kemudahan dalam menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kepada peserta didik agar ia bisa melakukan aktivitas belajarnya secara lebih mandiri.
* Memberikan kemudahan kepada tenaga pendidik dalam melakukan pemilihan dan merumuskan materi ajar.
* Menunjang dan tidak mempersulit tenaga pendidik dalam melakukan penentuan aktivitas belajar dan sarana pembelajaran.
* Memudahkan tenaga pendidik dalam melangsungkan evaluasi.

C. Karakteristik Tujuan Pembelajaran
Berikut ini beberapa karakteristik tujuan pembelajaran antara lain.

1. Kinerja
Kinerja ialah apa yang bisa dikerjakan oleh peserta didik ketika dia sudah menguasai tujuan dari proses belajar mengajar. Kinerja tidak sekadar memperlihatkan apa yang mampu dilakukan peserta didik, akan tetapi juga bisa menyampaikan informasi tentang pandangan akan ilmu yang bisa diberikan. Tujuan pembelajaran senantiasa menerangkan apa yang secara spesifik diharapkan oleh peserta didik untuk bisa dikerjakan dan barang kali juga mendeskripsikan produk atau hasil dari perbuatan itu sendiri. Sebagai contohnya, melakukan perincian, menjelaskan, memperagakan, menunjukkan dan merancang. Karakteristik kinerja adalah keringanan dan kesukaran peninjauannya. Atas dasar itulah, kinerja mesti diterapkan dengan memakai kata kerja.

2. Kondisi
Tujuan mesti menjelaskan kondisi relevan (bila ada) di mana kinerja akan muncul. Kondisi ini sendiri bisa berupa kesiapan suatu sarana alat, kontribusi maupun perkiraan. Artinya, kondisi adalah tempat dan waktu yang memungkinkan kinerja ditampilkan meliputi alat dan sumber daya.

3. Kriteria
Kriteria adalah standar yang menjadi fundamen evaluasi atau penetapan sesuatu. Sebagai contohnya, “dengan adanya soal esai yang diberikan, peserta didik bisa menyebutkan secara detail 6 aspek pengetahuan berdasarkan pandangan Bloom.” Dari hal tersebut, tenaga pendidik dapat menginformasikan bahwa peserta didik kompeten lantaran sudah menyebutkan 6 aspek pengetahuan maupun peserta didik tidak kompeten lantaran menyebutkan kurang dari 6.

Proses dalam menentukan kriteria ini relatif tidak mudah khususnya dalam rangka tujuan pembelajaran yang terfokus pada mekanisme berpikir kompleks. Jadi, diperlukan pandangan ilmu yang mendalam tentang istilah, perincian dan unsur khusus tentang kegiatan berpikir.

D. Komponen Tujuan Pembelajaran
Berikut ini beberapa komponen tujuan pembelajaran antara lain. * Memberitahukan apa yang semestinya dapat dilakukan peserta didik selama melakukan aktivitas belajar dan kompetensi apa yang wajib dikuasainya pada akhir pelajaran.
* Mesti diberitahukan mengenai keadaan dan kendala yang ada pada momen melakukan demonstrasi perbuatan tersebut.
* Mesti terdapat kaidah yang transparan mengenai parameter penampilan minimal yang bisa diterima.

Demikian penjelasan tujuan pembelajaran: pengertian, manfaat, karakteristik, dan komponen. Semoga bermanfaat untuk semua yang membaca postingan ini.

Setiawan, David Firna. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Penerbit Deepublish. Sleman.