Blog

Tujuan Laporan Keuangan Perusahaan

Edukasistan.com – Hello guys! pada kesempatatan kali ini akan membahas mengenai apa sih Tujuan Laporan Keuangan di Perusahaan. Seperti yang kita ketahui, keuangan adalah elemen terpenting dalam dunia bisnis.Karena, keuangan merupakan sebuah penentu perusahaan akan berkembang ataupun sebaliknya.

Karena alasan inilah, saat kamu membangun bisnis, Kamu memerlukan akuntan yang dapat mengelola keuangan. Informasi keuangan mengacu pada penyediaan pelaporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan.

Secara umum, sebuah perusahaan akan menyiapkan dan mereka akan mempersiapkan laporan keuangan secara berskala. Di setiap-setiap perusahaan, membuat laporan keuangan adalah hal yang terpenting bahkan disetiap akhir bulan atau tahun diadakan kegiatan bisnis.

Sementara itu, ada beberapa jenis laporan keuangan yang umumnya harus anda ketahui, dianatar yaitu laporan arus kas, laporan keuntungan dan rugi dan laporan neraca bahkan hingga laporan perubahan modal perubahan modal.

Secara umum, tujuan membuat laporan keuangan adalah untuk menjelaskan kondisi perusahaan selama berlangsung. Oleh karena itu, ada dokumentasi yang juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi. yang nantinnya akan menjawab Apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau bahkan malah kerugian yang di dapat?

Tujuan Laporan Keuangan Menurut Standar Akuntansi
Tujuan dari laporan keuangan, ialah salah satunya dapat memberikan informasi yang membantu membuat keputusan yang efektif terkait dengan finansial perusahaan. Sementara itu, informasi keuangan adalah bagian penting dari pengembangan modal dan bisnis.

Nah, menurut standar akuntansi keuangan, tujuan berikut:

* Untuk memenuhi kebutuhan informasi dengan pihak yang berkepentingan atau para stake holder. Jadi bisa dikatakan Informasi ini mungkin diperlukan dalam membuat keputusan keuangan.
* menunjukkan hal-hal apa yang sudah dilakuakn oleh stewardship (manajmen) atau tanggung jawab mereka untuk semua sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.
* Memberikan informasi yang terkait dengan posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan di perusahaan. Sekali lagi, ini bermanfaat bagi para pemegang kepentingan untuk membuat semua keputusan komersial atau keputusan dari segala bisnis.
* Dapat Menginformasikan kepada semua, bagaimana perusahaan atau organisasi dapat mengelola sumber daya yang ada.
* Bisa sebagai informasi terhadap pemegang saham dan masyarakat umum (terutama jika perusahaan telah dipublikasikan) pada beberapa aspek dalam perusahaan.

Tujuan Laporan Keuangan Menurut Para Ahli
Tujuan dan Fungsi Laporan KeuanganTidak benar jika kamu tahu tujuan dari laporan keuangan tanpa mengetahui apa yang dikatakan para ahli. Berikutnya adalah argumen menurut para ahli.

1. Menurut Irham Fahmi

Dalam bukunya yang berjudul Analisis Laporan Keuangan yang diterbitkan pada tahun 2011, Irham Fahmi mengatakan bahwa laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi keuangan yang mencakup perubahan dalam elemen laporan keuangan.

Kemudian, laporan tersebut akan ditujukan ke bagian-bagian reguler lain yang menarik untuk mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan, di samping manajemen perusahaan.

2. Menurut Hans
Sementara itu, menurut Hans dalam buku akuntansi keuangan, laporan keuangan memiliki tujuan menginformasikan posisi, kinerja, dan arus kas entitas. Ini akan bermanfaat bagi beberapa pengguna pengguna dari laporan keuangan untuk membuat keputusan ekonomi.

Selain itu, keberadaan laporan keuangan juga merupakan manifestasi dari tanggung jawab manajemen untuk penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka untuk mengelola suatu entitas.

Hans juga mengatakan, jika laporan keuangan tidak benar-benar memiliki tujuan khusus, seperti likuiditas entitas atau menentukan nilai wajar untuk tujuan merger dan akuisisi. Juga tidak dikompilasi untuk mematuhi kepentingan bagian tertentu, misalnya, pemilik mayoritas.

Fungsi Laporan Keuangan
Laporan keuangan pasti memiliki beberapa fungsi dalam bisnis, salah satu dianatarannya ialah untuk mengevaluasi kondisi perusahaan. Dengan kata lain, jika catatan keuangan terlalu banyak kerugian, perusahaan mengalami kemunduran. dan Sebaliknya, jika dalam laporan ada banyak data keuntungan atau laba, maka perusahan sedang berada divase berkembang.

Selain itu juga, Laporan keuangan bisa berfungsi sebagai bahan evaluasi. Hampir bisa kita pastikan bahwa jika tidak ada laporan, evaluasi yang telah dilakukan tidak akan menjadi maksimal bahkan itu bisa menjadi sesuatu yang sia -sia.

Nah itulah pembahasan kita mengenai Tujuan dari Laporan Keungan Perusahaan. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk Follow Instagram kita untuk mendapatkan info menarik lainnya. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan Terimakasi sudah membaca sampai bertemu di artikel selanjutnya.