Blog

Tips Dan Trik Membuat Google Form Yang Menarik

Home » Lifestyle » Tips dan Trik Membuat Google Form yang Menarik

Dibaca Normal : 9 Menit

Mau tahu cara membuat google form dengan mudah dan pastinya menarik? Nyatanya tidak sulit kok membuat google form ini. Penasaran kan? Yuk segera simak ulasannya berikut ini.

Rubrik Finansialku

Apa itu Google Form?
Belum lama ini saya diminta atasan untuk membuat survei dengan memanfaatkan Google Form. Lantaran saya gaptek, saya langsung deh kebingungan bagaimana cara membuat google form.

Daripada bingung, saya memutuskan untuk browsing mengenai google form ini.

Ternyata google form ini merupakan sebuah inovasi dari Google Docs untuk membuat pertanyaan berupa kuesioner atau pun formulir pendaftaran secara online melalui platform Google.

[Baca Juga: Cara Daftar dan Buat Akun Google Gmail Dengan Mudah]

Dengan Google Form Anda dapat membuat formulir khusus untuk survei dan kuesioner tanpa memerlukan perangkat lunak tertentu.

Google Form juga memungkinkan Anda untuk membuat, mengolah dan menganalisis data dalam platform yang sama.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan yang Anda suka.

Anda juga bisa menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Tentunya Google Form ini sangat menghemat waktu, biaya, dan tenaga jika dibandingkan dengan form secara manual.

Anda tidak lagi membutuhkan perangkat lunak tersendiri bahkan Anda bisa mengeliminasi kertas sama sekali.

Satu lagi, menghemat biaya jadi mudah dengan Google Form karena platform Google ini tidak dipungut biaya sepeser pun. Luar biasa, bukan?

Dari sini saya menyimpulkan bahwa Google Form memiliki banyak benefit tersendiri, antara lain sebagai berikut:

* Biaya rendah bahkan gratis karena pengumpulan data tidak memerlukan kertas.
* Akses data otomatis dan real time, ketika responden memasukkan data, hasilnya akan terlihat secara instan.
* Waktu yang singkat, Google Form merupakan metode survei online. Pendistribusian survei dan feedback secara online dilakukan sedemikian cepat.
* Kenyamanan untuk responden, karena mereka dapat menjawab sesuai dengan jadwal waktu mereka sendiri.
* Minim terjadinya human error.

Sayangnya meski memiliki banyak kelebihan dan benefit, Google Form masih jarang digunakan baik dalam dunia pendidikan dan pekerjaan.

Hal ini disebabkan tak lain karena ketidaktahuan atau ketidakingintahuan penggunanya.

Padahal membuat Google Form ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, lho! Anda bisa membuat form yang menarik hanya dalam beberapa langkah mudah saja.

Nah, agar Anda tidak menjadi salah satu orang yang gaptek seperti saya, yuk simak bagaimana cara membuat Google Form melalui tutorial Finansialku berikut ini:

Cara Membuat Google Form
Bagi Anda yang masih awam dalam pembuatan form online di Google Form, Finansialku mengajak Anda menyimak tutorial mudah membuat Google Form berikut ini:

#1 Login Akun Google
Untuk menggunakan layanan Google, tentunya Anda harus membuat akun Gmail. Pastikan akun email Google sudah dibuat sebelumnya kemudian login seperti biasa.

#2 Masuk ke Google Form
Anda bisa masuk ke Google Form dengan 2 cara:

* Dari Forms.google.com, klik Blank atau pilih template
* Dari akun Google, pilih drive. Dari google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan klik Blank form or From a template.

[Baca Juga: Kisah Sukses Sundar Pichai, CEO Google]

Di sini Anda dapat memilih dua jenis workspace yaitu blank forms atau menggunakan template. (Opsional) Ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema.

* Untuk survei dan kuesioner yang formal sebaiknya menggunakan blank form
* Survei non formal dapat memakai template. Ada banyak template yang disediakan Google Forms, pilih saja yang menurut Anda menarik.

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman workspace google forms.

#3 Ganti Judul Form
Anda bisa mengganti judul form yang masihUntitledmenggunakan judul Anda sendiri. Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru.

(Opsional) Tambahkan deskripsi: Di bawah nama form, tambahkan teks yang mendeskripsikan form Anda.

#4 Buat Pertanyaan
Silakan masukan pertanyaan sesuai keinginan Anda, kemudian tentukan jenis dari pertanyaan tersebut. Google Forms menyediakan berbagai field untuk memudahkan dalam pembuatan formulir survei.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Field ini dapat digunakan untuk jenis pertanyaan yang hanya memiliki jawaban pendek. Contoh pertanyaan yang menggunakan field short answer yaitu Nama Lengkap, Email, Asal Sekolah, Nomor Ponsel, Kelas dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Filed paragraph digunakan untuk suatu pertanyaan yang membutuhkan jawaban panjang. Bisa berupa kalimat atau paragraf.

Filed multiple choice digunakan untuk pertanyaan pilihan dimana responden hanya dapat memilih satu diantara semua jawaban yang diberikan.

Contoh pertanyaan Jenis Kelamin:

Hampir mirip dengan multiple choice tetapi responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.

Field dropdown mengizinkan responden untuk memilih satu jawaban yang disediakan. Tetapi pilihan jawaban baru muncul ketika field dropdown di klik.

Field ini mengizinkan responden untuk upload file, misalnya upload file gambar foto.

Mengizinkan responden untuk memilih jawaban dalam bentuk skala. Misalnya skala rating antara 1 sampai 10.

Field multiple choice grid akan menampilkan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden hanya dapat memilih satu jawaban.

Sama seperti filed checkbox biasa, tetapi tampilan jawaban dalam bentuk grid atau kolom. Responden dapat memilih lebih dari satu jawaban.

Field yang berguna untuk menampilkan tanggal.

Field yang dapat menampilkan waktu atau jam.

[Baca Juga: 3 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Google US$100 per Hari]

Tentu fitur-fitur umum seperti menambahkan gambar dan video bisa Anda lakukan juga.

Setelah memilih jenis pertanyaan, Anda selanjutnya dapat memilih jenis respon yang Anda harapkan dengan memiliki opsi respon. Untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.

Anda juga bisa membuat responden mengunggah fileseperti foto maupun dokumen.

Jika telah selesai menyusun pertanyaan, klik tombolPreviewuntuk melihat hasil form yang sudah dibuat. Tombol berada di bagian kanan atas.

#5 Kirim atau Bagikan Form
Setelah selesai membuat form sesuai keinginan Anda, maka kini Anda dapat mengirim atau membagikannya.

BagianConfirmation Pageadalah halaman yang muncul setelah form nanti di-submit oleh pengisi form, Anda dibebaskan untuk menggantinya sesuai keinginan Anda.

Dan setelah pembuatan form dan halaman konfirmasinya selesai, silakan klik Send Form.

Jendela baru yang berisi URL form Anda akan muncul, Anda bisa langsung copy dan menyebarkan URL form Anda atau memperpendek URLnya terlebih dahulu dengan cara memberikan centang pada bagian Short URL.

Anda bisa membagikan URL tersebut kepada para responden dengan banyak cara, mulai dari membagikannya via media sosial, chat pribadi, dan masih banyak lagi.

Untuk mengirimkan secara langsung form pada media sosial, Anda tinggal klik salah satu ikon media sosial.

#6 Mengelola Data
Semua data yang masuk kedalam form (telah di-submit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive.

Anda bisa mengaksesnya dengan menekan pilihan View Responsesyang berada di halaman editor form.

Kemudian Anda bisa mengelola data tersebut hingga membuat grafik dan tabel yang mempermudah Anda melihat hasil survei Anda. Praktis sekali, bukan?

Cara Mengedit Google Form
Setelah Anda membuat Google Form, terkadang ada perubahan-perubahan yang ingin dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

* Untuk menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.
* Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.

Catatan: Perubahan akan disimpan secara otomatis. Untuk melihat pratinjau perubahan Anda kapan saja, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.

Google Form Anda sudah Jadi, Mudah Bukan?
Tadaa! Mudah sekali bukan? Dengan mengikuti petunjuk atau tutorial di atas maka kami yakin Google Form Anda sudah terbentuk. Anda tinggal mengirimnya sesuai dengan petunjuk di atas.

Kini tidak perlu lagi, deh, repot-repot menanyakan pertanyaan satu per satu kepada responden atau mengeluarkan banyak uang untuk mencetak kuesioner Anda.

Oh iya, satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, selain mudah dibuat Google Form juga menyediakan fitur penyimpanan dalam platform-nya.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir ada data responden yang terselip atau hilang karena semua data secara otomatis akan tersimpan dalam database Google.

Google Form Untuk Pebisnis
Google Formhanya dimanfaatkan oleh para akademisi sebagai sarana pendukung dalam melakukan penelitian atau menyelesaikan tugas.

Karena fiturnya yang lengkap,Google Formjuga sering dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk melakukan survei mengenai pelanggan sampai membuat formulir pemesanan yang praktis.

Bicara soal bisnis, sudahkah Anda mengetahui trik dan rahasia mengelola keuangan pribadi dan bisnis yang masih banyak disepelekan oleh pelaku bisnis terutama pengusaha daring.

Padahal, pengelolaan ini serupa tombak untuk kesehatan dan kelancaran masa depan bisnis,lho! Oleh karena itu, jangan sampai Anda menyepelekan dan menganggap remeh pentingnya mengelola keuangan bisnis,ya!

Lalu, bagaimana caranya mengelola keuangan pribadi dan bisnis yang ideal dan sesuai? Tenang! Semuanya dibahas lengkap die-bookFinansialku yang bisa Anda dapatkan secara GRATIS!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips jitu dan cara membuat Google Form yang menarik lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa share artikel ini pada teman-teman kuliah atau teman kerja Anda yang juga sedang berencana membuat sebuah form online. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Sumber Referensi:

* Admin. Cara Paling Mudah Membuat Google Forms [Tutorial]. Sepulsa.com – /2NDvZIs
* Fanandi Prima Ratriansyah. 30 November 2018. Cara Membuat Google Form Hanya Dalam 5 Menit! (UPDATE). Jalantikus.com – /2Juu97w
* Ayoni Sulthon. 24 Oktober 2018. Cara Membuat Google Form, Tidak Sampai 5 Menit!. Domainesia.com – /30jUhIQ
* Admin. Google Form. Google.com – /2YFwfYu
* Dian Ribut. Cara Membuat Formulir Online Menggunakan Google Form. Maxmanroe.com – /2JjhBks
* Admin. Cara Mudah Membuat Google Form Yang Menarik. Herfia.com – /2Jne5pn
* Admin. Tutorial Cara Membuat Google Form yang Bagus Menarik terbaru 2019. Newteknoes.com – /2JvMIIj

Sumber Gambar:

* Membuat Google Form 1 – /2JzaP9f
* Membuat Google Form 2 – /2Jtx545
* Membuat Google Form 3 – /2xCwjfK
* Membuat Google Form 4 – /2XUmkkB

Pastikan Sobat Finansialku Tak Ketinggalan Informasi Terbaru​

Subsribe sekarang untuk dapatkan analisis prediksi pasar mingguan, perencanaan keuangan, serta analisis saham, reksa dana, dan produk investasi lainnya.

keyboard_arrow_leftPrevious

Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.