Blog

Tips Dan Cara Membuat Seblak Untuk Pemula

Siapa yang tidak mengenal seblak, makanan khas dari Bandung yang memiliki cita rasa pedas. Selain enak, seblak juga biasanya dijual dengan harga cukup murah. Oleh karena itu makanan ini sangat populer di berbagai daerah, terutama di Jawa Barat.

Cara membuat seblak bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah untuk didapatkan. Namun, ketika memasaknya seseorang perlu memikirkan takaran bumbu serta penggunaan bahan lainnya yang sesuai agar menciptakan rasa lezat.

Meski makanan khas ini berasal dari Bandung, seblak sudah populer di sejumlah daerah dan menjadi jajanan kekinian yang bisa disantap di pinggir jalan. Salah satu keunikan seblak adalah rasa pedasnya yang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Hal ini pun menjadi alasan mengapa banyak orang mencari cara membuat seblak dengan berselancar di internet.

Apabila Anda tertarik dengan seblak dan ingin tahu cara membuat seblak, maka simak artikel ini hingga tuntas. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut kumpulan resep seblak yang bisa Anda coba masak di rumah.

Sekilas Tentang Seblak
Dilansir dari Makanan Indonesia, seblak merupakan makanan khas dari Bandung yang mulai populer sejak tahun 2000-an. Kata seblak diketahui berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti “terhenyak”. Seblak bisa juga disebut sebagai masakan yang berbahan dasar kerupuk mentah, kemudian dimasak memakai bumbu tertentu.

Dalam buku bertajuk Kumpulan Resep Hits di Instagram: 100 + Resep Andalan Dapur Bunda Nina, seblak adalah makanan khas Bandung yang berbahan dasar kerupuk aci. Ciri khas seblak terletak pada aroma kencur yang bisa menggugah selera makan seseorang dan memiliki rasa super pedas.

Tidak diketahui secara pasti siapa orang yang pertama kali membuat seblak. Meski begitu, sebagaimana dikutip dari Ayobandung.com, makanan seblak sudah menjadi jajanan hits pada era 2000-an. Seiring berjalannya waktu, bahan dasar seblak yang sebelumnya hanya kerupuk basah saat ini mulai dikolaborasikan dengan beragam toping seperti telur, macaroni, batagor, mie, kwetiau, sayuran, tulang, dan sebagainya.

Seblak bisa dibuat dengan mudah di rumah. Satu hal yang mesti Anda ketahui sebelum membuatnya, yaitu memahami bagaimana takaran bumbu yang harus digunakan. Seperti penjelasan di atas, makanan seblak identik dengan aroma khasnya serta cita rasa pedas.

Tips dan Cara Membuat Seblak yang Mudah untuk Pemula
Membuat seblak sendiri di rumah akan menjadi pengalaman menarik yang pernah Anda lakukan. Selain itu, Anda bisa memasaknya sesuai dengan selera.

Mengutip dari Selerasa.com, berikut sejumlah tips dan cara membuat seblak untuk pemula.

Jangan Takut Berinovasi
Bahan dasar seblak adalah kerupuk aci yang dimasak dan dipadukan dengan bumbu tertentu. Anda bisa memulai memasukan beragam bahan lainnya sebagai toping. Misalnya mengkombinasikan dengan kwetiau, tahu kering, batagor, aneka jenis kerupuk dan lain sebagainya sesuai dengan selera Anda.

Selain itu Anda bisa menambahkan aneka sayuran seperti sawi putih atau sawi hijau agar sajian seblak yang dibuat semakin lengkap.

Perhatikan Proses Memasaknya
Saat memasak seblak, usahakan agar Anda tidak menyalakan api terlalu besar. Gunakanlah nyala api kecil agar proses memasak seblak berjalan dengan sempurna.

Selain itu masukan berbagai bahan yang sudah Anda siapkan secara perlahan. Jika saat memasak airnya sudah menyusut, tapi kerupuk dan bahan-bahan lainnya belum matang maka anda bisa menambahkan air lagi secukupnya saja. Kemudian masukan kembali bumbu agar rasanya pas dengan lidah Anda.

Salah satu trik yang bisa Anda coba dalam cara membuat seblak yaitu memasukan kerupuk dan makaroni paling akhir. Ini merupakan metode agar bahan tersebut bisa matang secara merata.

Atur Tingkat Kepedasan Sesuai Selera
Jika Anda suka pedas, maka tambahkanlah sambal secukupnya. Hal sebaliknya bisa Anda lakukan kalau tidak menyukai masakan pedas.

Anda bisa mengatur tingkat kematangan sesuai selera. Jika ingin seblak yang benar-benar matang dan teksturnya empuk, anda bisa memasaknya lebih lama.

Contoh Resep dan Cara Membuat Seblak
Resep Seblak Simpel
Dilansir dari situs Cookpad.com, berikut resep seblak simpel yang bisa Anda coba masak di rumah:

Bahan-bahan:

* 1 ons kerupuk orange/kerupuk seblak.
* 1 butir telur.
* 1 buah sawi hijau.
* 3 buah sosis sapi.
* 4 buah bakso sapi.
* 6 butir telur puyuh matang.
* Air panas/hangat secukupnya ( ml).

Bumbu:

* 1 siung bawang putih kecil.
* 1 ruas kencur.
* 3 buah cabai rawit.
* Garam secukupnya.
* Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya.
* 1 sdt bubuk cabai.
* 4 sdm minyak goreng.

Cara Membuat Seblak:

* Langkah pertama Anda perlu merendam kerupuk di dalam air panas selama menit agar teksturnya menjadi empuk.
* Setelah itu cuci bersih dan iris tipis-tipis bahan untuk membuat seblak seperti sawi hijau, bakso dan sosis. Lalu kupas telur puyuh.
* Potong bawang putih, kencur, dan cabai rawit. Satukan dengan cara diulek.
* Langkah berikutnya yaitu menuangkan 2 sdm minyak goreng, kemudian aduk dan orak-arik telur. Agar lebih nikmat beri sedikit garam. Sisihkan di pinggiran panci.
* Berikutnya Anda bisa menumis bawang putih, kencur, dan cabai hingga tercium aroma wangi.
* Masukkan kerupuk yang sudah direndam tadi bersama airnya ke dalam panci. Masukkan juga seluruh bahan yang sudah disiapkan dan diiris.
* Jika sudah dimasukan Anda perlu mengaduknya. Kemudian tambahkan air secukupnya.
* Taburkan garam dan penyedap rasa perbandingan 1:1, serta bubuk. Aduk sampai merata.
* Jika sudah seblak sederhana tersebut siap dihidangkan.

Itulah tips dan cara membuat seblak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Seblak saat ini sudah menjadi makanan populer dengan berbagai variannya.