Blog

Teori Motivasi Menurut Para Ahli Manajemen Dan Proses

Teori Motivasi – Apa itu teori motivasi? Mungkin sebagian besar dari kita tentu pernah mendengar kata motivasi bahkan sering sekali menggunakannya di dalam kehidupan kita, akan tetapi apakah anda semua tahu apa itu motivasi? Meski kata ini seringkali digunakan namun mirisnya masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu motivasi sehingga asal dalam menggunakan kata ini.

Untuk itu agar menghindarkan anda semua dari penggunaan kata yang tidak sesuai karena tidak mengetahui arti mau pun asal muasalnya, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa itu motivasi, hingga mengulas mengenai teori motivasi dari berbagai pakar yang sudah ahli di dalam bidangnya.

Teori motivasi dan konsep motivasi merupakan materi yang akan dibahas di artikel ini secara jelas dan detail di bawah ini, yang mana pada artikel motivasi ini akan membahas mengenai pengertian atau arti motivasi, jenis motivasi kerja, faktor motivasi kerja, proses motivasi kerja dari penilaian para pakar atau pun ahli. Namun sebelum membahas lebih detail, mari kita simak dulu pengertian motivasi untuk memberikan anda pengetahuan awal mengenai materi pembahasan ini.

Pengertian Motivasi
Motivasi mempunyai definisi yang artinya adalah sebuah dorongan atau pun alasan yang bisa mendasari semangat di dalam melakukan sesuatu, pekerjaan atau pun tujuan di dalam hidup seseorang. Motivasi merupakan hal hal yang bisa menimbulkan dorongan dan juga motivasi kerja merupakan pendorong semangat yang bisa menimbulkan suatu dorongan. Pemberian motivasi ini sendiri diharapkan mampu membuat setiap orang, individu mau pun karyawan agar mau bekerja dengan keras dan antusias untuk menggapai prestasi kerja yang lebih tinggi.

Itulah sebabnya kita sering melihat seseorang yang memberikan motivasi terhadap orang lain, atau pun kita sendiri yang memberikan motivasi pada diri kita untuk membuat kita lebih semangat dalam melakukan pekerjaan dan mencapai tujuan.

Jika bedasarkan buku Thoba pada tahun 2004 di halaman 204 menjelaskan jika perilaku manusia ini hakekatnya merupakan orientasi pada tujuan dengan artian lain jika perilaku seseorang itu pada umumnya dirangsang oleh keinginan guna mencapai beberapa tujuan. Motivasi terkadang menjadi istilah yang digunakan silih berganti dengan istilah istilah lainnya seperti kebutuhan, keinginan, dorongan, semangat atau pun impuls.

Sementara itu teori motivasi jika didasarkan dari Robbin (2003:208) yang mengatakan jika suatu proses yang menghasilkan suatu intensitas, ketekunan individu mau pun arah di dalam usaha untuk menggapai satu tujuan atau impian. Sedangkan motivasi umum ini memiliki sangkutan dengan upaya ke arah dari setiap tujuan.

Motivasi sendiri merupakan konsep yang menguraikan mengenai kekuatan – kekuatan yang terletak di dalam diri sendiri pada setiap individu untuk bisa memulai dan mengarahkan perilaku. Konsep ini digunakan untuk menjelaskan perbedaan – perbedaan di dalam instensitas perilaku dimana perilaku yang bersemangat merupakan hasil dari tingkat motivasi yang kuat. Selain itu konsep motivasi dipergunakan untuk bisa memperlihatkan arah perilaku.

Lalu jika menurut Nimran (2005 : 47) yang mendefinisikan motivasi merupakan sebagai keadaan dimana usaha dan juga kemauan keras seseorang yang diarahkan kepada sebuah pencapaian hasil – hasil tertentu, sementara itu hasil – hasil yang dimaksud ini bisa berupa:

1. Produktivitas
2. Kehadiran atau Prilaku kerja kreatifnya.

Sementara jika menurut Adair (2007 : 192) Motivasi merupakan apa yang membuat seseorang atau individu melakukan sesuatu, akan tetapi arti yang lebih penting dari kata ini ialah jika motivasi merupakan apa yang membuat orang benar – benar berusaha dan juga mengeluarkan energi untuk apa yang dilakukannya. Sehingg definisi sederhana dari kata motivasi ini mungkin adalah “membuat seseorang mengerjakan apa yang harus dikerjakan dengan rela dan baik”.

Teori – Teori Motivasi
Setelah meliat beberapa pengertian mengenai motivasi dari berbagai pakar, mari kita simak teori – teori motivasi yang sudah dirangkum oleh para pakar yang bisa dipelajari.

Teori Maslow
Di dalam teori Maslow sesuai yang dikutip oleh Hasibuan (2006 : 152) yang mengungkapkan jika Maslow’s Need Hierarcy Theory atau yang artinya Teori Hierarki Kebutuhan merupakan mengikuti teori jamak yaitu seseorang yang memiliki perilaku dan juga bekerja karena adanya suatu dorongan untuk bisa memenuhi bermacam-macam kebutuhan yang ada.

Maslow juga berpendapat jika kebutuhan yang diinginkan oleh seseorang yang berjengjang atau artinya jika kebutuhan yang pertama tak bisa dipenuhi maka kebutuhan tingkat kedua akan muncul menjadi kebutuhan yang utama. Selanjutnya apabila kebutuhan tingkat kedua sudah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan tingkat ketiga dan begitu juga seterusnya hingga tingkat kebutuhan yang kelima.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai mativasi mulai dari pengertian lengkapnya hingga penjelasan mengenai teori motivasi yang tentunya masih tak banyak diketahui. Dengan adanya pembahasan ini semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda ya. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya: