Blog

Tata Cara Sholat Tasbih Lengkap Dengan Niat Dan Waktu Pelaksanaannya

Jakarta – Sholat tasbih merupakan salah satu sholat sunah yang dianjurkan. Saat melaksanakan sholat tasbih, kita diwajibkan membaca tasbih sebanyak 300 kali yang dibagi masing masing 75 kali tiap rakaat.

Jumlah rakaat sholat tasbih yaitu sebanyak 4 rakaat. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan sholat sunah ini minimal setiap malam atau tiap hari.

Dalam buku “Fikih Sholat Sunah” oleh Ali Musthafa Siregar dan Dr. Nurhadi, S.Pd.I., S.E.Sy., SH., MH., M.Pd dijelaskan waktu dilaksanakannya sholat tasbih. Mengenai waktu kapan dilaksanakannya tidak tertentu waktunya, yakni bisa dikerjakan kapan saja, asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarangnya sholat muthlak dan waktu-waktu yang dimakruhkan sholat.

Adapun terkait tata caranya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Melansir dari Buku Pintar Shalat karya M. Khalilurrahman Al Mahfani, berikut merupakan tata cara sholat tasbih:

1. Berdiri menghadap kiblat sambil membaca niat dalam hati untuk melaksanakan sholat tasbih karena Allah semata. Adapun bacaan niat sholat tasbih yakni:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Aku menyengaja sembahyang sunah tabsih dua rakaat karena Allah SWT.

2. Takbiratul Ihram sambil membaca “Allahuakbar”, lalu membaca doa iftitah dan surat Al-Fatihah, kemudian diteruskan dengan bacaan surat Al-Qur’an lainnya, lalu membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan ucapan tasbih yaitu:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Latin: Subhanallah walhamdulillah wala ilaha Illallah wallahu akbar

3. Saat rukuk, membaca bacaan rukuk dan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.

4. Selanjutnya i’tidal. Membaca bacaan i’tidal diikuti dengan kalimat tasbih sebanyak 10 kali.

5. Setelah i’tidal dilanjut sujud, membaca bacaan sujud dan kalimat tasbih sebanyak 10 kali kemudian duduk di antara dua sujud.

6. Duduk di antara dua sujud diikuti dengan membaca doa duduk antara dua sujud dan diikuti bacaan tasbih sebanyak 10 kali, lalu lakukan sujud kedua.

7. Sujud kedua dilakukan dengan bacaan doa sujud dan setelahnya membaca tasbih sebanyak 10 kali, dilanjut dengan berdiri untuk raka’at selanjutnya. Sebelum berdiri hendaklah duduk istirahat sambil membaca tasbih sebanyak 10 kali.

sholat tasbih memiliki banyak keutamaan, sebagaimana mengutip dari buku Aktivasi Mukjizat Hari Jumat oleh Rizem Aizid, keutamaan sholat tasbih salah satunya mendapatkan pahala yang berlimpah.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menghidupkan satu sunah dari sunah sunahku, alu diamalkan oleh manusia, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Ibnu Majah)

Lalu keutamaan yang kedua yaitu dihapuskan dosa dosa. Seberapa besar dosa yang diperbuat, Allah SWT menjanjikan penghapusan dosa bagi hambanya yang melaksanakan sholat tasbih.

“Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada pamannya untuk mengerjakan sholat tasbih kepadanya. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa keutamaan sholat tasbih itu banyak dan salah satunya ialah ampunan Allah SWT. Kalau saja dosamu sebanyak gundukan pasir, niscaya Allah SWT akan mengampuni dosamu.” (HR. Abu Daud)

Selanjutnya, keutamaan melakukan sholat tasbih juga dapat menenangkan jiwa dan pikiran. Terkait hal ini, dalilnya terdapat dalam firman Allah SWT dalam surat Ar-Ra’d ayat 28.

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: Yaitu orang orang yang berimana dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

Itulah tata cara sholat tasbih dengan bacaan niat dan keutamaannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu detikers dalam melakukan ibadah sunah yang satu ini ya!

Simak Video “TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim”
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)