Blog

Sholat Taubat Tata Cara Niat Doa Waktu Keajaiban Lengkap Terbaru

best cheapest car insurance company, who is the best car insurance company for young drivers, best term insurance company, best online car insurance company, best insurance company for drivers with points

Sholat Taubat – Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hai semuanya selamat datang kembali di website contohsurat.co, yang merupakan sebuah website yang di dalamnya berisi mengenai pembahasan dari berbagai macam doa yang sering kita baca dan panjatkan kepata Tuhan Semesta Alam, Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Dan dalam kesempata kali ini, saya akan membahas mengenai sholat taubat, yang di dalamnya juga akan berisi pembahasan mengenai Sholat Taubat / Sholat Taubah.

> Berapa Rakaat Sholat Taubat?

Sholat taubah sebenarnya adalah sholat sunnah dua rakaat yang sama saja dengan sholat sunnah yang lainnya, akan tetapi kegunaannya saja yang tentunya berbeda. Beberapa sholat sunnah yang lainnya memang pastinya memiliki kegunaan atau maksud yang berbeda-beda.

Bebeapa sholat sunnah ada yang hanya mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW secara mutlak atau tanpa adanya sebab, misalnya sholat sunnah rawatib, sholattahajud, sholat tahiyatul masjid, dan sholat yang lainnya.

Namun tentunya ada juga sholat sunnah yang dilakukan karena memang ada sebabnya, contohnya adalah sholat hajat yang fungsinya adalah permintaan agar hajat kita menjadi terkabul. Lalu ada sholat istikharah yang dimaksudkan agar di beri jalan dan petunjuk serta kemantapan hati dari Allah SWT. Dan juga tentunya ada sholat taubah yang memang di maksudkan untuk sebagai bentuk kesungguhan dari diri kita untuk memohon ampunan dari Allah SWT, dan lebih dari membaca istighfar saja.

Untuk pengertian taubat disini sendiri adalah menyesali segala perbuatan dosa yang telah dilakukan, dan juga tekad agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama di kemudian hari dengan cara memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tata Cara Sholat Taubat
> Cara Sholat Taubat Sesuai Sunnah Rasul Cara Sholat Taubat Sesuai Sunnah Rasul?

Tata cara sholat ini sebenarnya sama saja dengan sholat yang lainnya, yaitu dengan cara melakukan dua rakaat dan diakhiri dengan salam. Akan tetapi boleh juga dengan melakukannya dengan 4 rakaat atau 6 rakaat juga di perbolehkan.

> Bolehkah Sholat Taubat Setiap Hari?

Ada juga orang yang melakukan sholat setiap hari, karena tidak mungkin satu hari ini tidak melakukan kesalahan sama sekali, baik itu kesalahan yang disengaja atau pun yang tidak di sengaja. Maka dari itu, sholat ini dimaksudkan juga untuk membersihkan kesalahan yang telah kita lakukan.

Berikut ini adalah tata caranya:

* Membaca niat.
* Takbiratul ikhram.
* Disunnahkan untuk membaca doa iftitah.
* Membaca Surat Al Fatihah.
* Maembaca salah satu surat dari Al Quran.
* Ruku’ denganmembaca tasbih ruku’ sebanyak 3 kali.
* Itidal, dengan membaca doa i’tidal.
* Sujud, dengan membaca tasbih sujud sebanyak 3 kali.
* Duduk diantara dua sujud.
* Sujud kedua.
* Bangun lalu melanjutkan rakaat yang kedua.
* Tasyahud akhir.
* Salam.
* Berdoa untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Video Tata Cara Sholat Taubat

Niat Sholat Taubat

Bacalah niat diatas sebelum takbiratul ikhram, lebih wajib apabila membaca niat saat sedang takbiratul ikhram.

Untuk hukum melafalkan niat, menurut Madzhab Syafi’i adalah sunnah, dan yang wajib sebenarnya melakukan niat di dalam hati.

Sebenarnya fungsi untuk melafalkan niat ini adalah agar hati menjadi lebih mantap dan khusyuk, karenadimungkinkan kalau tidak dilafalkan akan mengakibatka kurangnya fokus dalam niat. Namun tidak juga mengartikan yang tidak melafalkan niat itu termasuk buruk.

Doa Sholat Taubat Beserta Artinya

Bacalah bacaan istighfar diatas sebanyak-banyaknya dengan dipenuhi rasa penyesalan, salah dan tekad untuk tidak mengulangi lagi kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Untuk doa diatas sudah sangat mewakili perasaan itu. Namunyang namanya bertaubat itu bukan hanya melalui doa saj, akan tetapi juga dari perasaan hati yang paling dalam, dan sebisa mungkin untuk menghayatinya dengan penuh perasaan.

Setelah mebaca doa di atas,lalu anda bisa membaca doa sayyidul istghfar. Doa sayyidul istighfar inilah yang merupakan doa induk dari bacaan istighfar yang tentunya memiliki banyk sekali kegunaan dan manfaat apabila kita rajin untuk mengamalkannya.

Bacalah doa sayyidul istighfar ini dengan penuh penyesalan, dengan harapan untuk Allah agar diampuni dosanya. Dengan begitu Khauf dan Roja akan menjadi seimbang. Yaitu sebuah rasa takut apabila dosanya tidak terampunu, namun tidak patah arah juga untuk meminta permohonan ampunan dari Allah SWT.

Video Doa Sholat Taubat

Waktu Sholat Taubat
> Kapan Waktu Sholat Taubat?

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk pelaksanaan sholat, tidak seperti halnya sholat tahajud atau sholat dhuha yang memang memiliki waktu pelaksanaan yang khusus.

Sholat taubat ini bisa dilakukan kapan saja, siang atau pun malam. Dan waktu yang lebih tepat untuk melaksanakan sholat ini adalah saat kita menyadari saat kita telah melakukan kesalahan atau dosa, baik itu yang disengaja atau pun yang tidak di sengaja.

Keajaiban Dan Keutamaan Sholat Taubat
Berikut ini adalah beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh apabila melaksanakannya:

1. Mendapatkan pahala sholat sunnah yang banyak.
2. Akan diampuni dari segala dosa.
3. Dimudahkan dalam segala urusannya.
4. Derajat akan ditinggikan oleh Allah SWT.

Cara Taubat Nasuha
Tidak hanya mencari tahu mengenai bagaimana tata cara sholat taubah akan tetapi kita juga harus mengetahui bagaimana caranya taubat nasuha yang benar. Berikut ini adalah caranya:

1. Bertaubat dengan hati yang ikhlas dan hanya untuk Allah SWT semata, bukan untuk hal yang lainnya.
2. Menyesali semua kesalahan dan dosa yang telah di lakukan dan selalu bertekad untuk tidak akan mengulangi kesalahan atau dosa yang sama lagi di kemudian hari.
3. Tidak terus menerus untuk melakukan dosa lagi dan harus segera meninggalkan hal yang dapat membuat dosa.
4. Bertekad dengan sepenuh hati untuk tidak melakukan lagi kesalahan apa pun.
5. Taubat dilakukan pada waktunya, waktu diterimanya taubat adalah sebelum datangnya ajal atau sebekum matahari mulai terbit dari sebelah barat.

Semoga dapat menambah ilmu anda dan dapat segera anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari, karena yang namanya manusia tidak akan luput dari keslahan atau dosa dalam satu hari pun.

Dan saya berpesan kepada anda agar selalu mendatangi website contohsurat.co apabila sedang mencari tahu mengenai apa pun yang berhubungan dengan doa yang sering kita baca dalam kehidupan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seorang Guru Komputer di SMK Negeri di Jawa Tengah. Hobi menulis dan membagikan Tips mengenai Tutorial Komputer.