Blog

Sejarah Pengertian Secara Umum Bahasa Istilah Dan Menurut Para Ahli Serta Konsep Unsur Hubungan

Pengertian Sejarah – Sejarah merupakan kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa, peninggalan-peninggalan itu disebut sumber sejarah. Nah berikut ini pengertian sejarah, bahasa, istilah & menurut para ahli serta konsep, unsur dan hubungan sebagai berikut:

Pengertian Sejarah Secara Umum
Pengertian sejarah secara umum ialah kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan-peninggalan tersebut ialah sumber sejarah. Sejarah dapat juga diartikan sebagai cabang ilmu yang mengkaji secara sistematis keseluruhan perkembangan proses perubahan dan dinamika kehidupan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya yang terjadi di masa lampau.

Pengertian sejarah menurut bahasa terbagi dua yakni pengertian sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, pengertian sejarah ialah kejadian atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas ialah suatu peristiwa manusia yang memiliki akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani. Dalam bahasa Indonesia,, sejarah memiliki 3 arti yakni sejarah ialah silsilah atau asal usul,,sejarah ialah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau dan sejarah ialah ilmu pengetahuan dan cerita.

Adapun pengertian sejarah menurut istilah sebagai berikut:

* Dalam bahasa Inggris,, kata sejarah berasal dari kata Historia yang berarti masa lampau,,masa lampau umat manusia.
* Dalam bahasa Arab sejarah disebut dengan sejaratun “syajaroh” yang berarti pohon dan keturunan,, maksudnya disaat kita membaca silsilah raja-raja akan tampak pohon dari yang terkecil sampai berkembang menjadi besar,, maka hal tersebut sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan raja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja di masa lampau.
* Dalam bahasa Yunani,, kata sejarah disebut dengan Istoria yang berarti belajar. Sehingga arti sejarah ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa, kejadian yang terjadi di masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
* Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut dengan geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi sesuatu yang telah terjadi di masa lampu kehidupan umat manusia.

Adapun pengertian sejarah menurut para ahli diantaranya yaitu:

* Ibnu Khaldun
Menurut Ibnu Khaldun yang mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia,,tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

* Mohammad Ali
Menurut R.Mohammad Ali ialah keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi atau ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi di masa lampau.

* Yamin, SH
Menurut Moh. Yamin, SH ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

* Roeslan Abdulgani
Menurut Roeslan Abdulgani ialah ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusia di masa lampau beserta kejadian-kejadiannya,, dengan maksud untuk menilai secara kristis seluruh hasil penelitiannya untuk dijadikan perbendaharaan-pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan masa sekarang serta arah progres di masa depan.

* Patrick Gardiner
Menurut Patrick Gardiner ialah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

* V.Bryce
Menurut J.V.Bryce bahwa pengertian sejarah ialah catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.

* Thomas Carlyle
Menurut Thomas Carlyle ialah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang yang dikenal. Mereka ialah penyelamat pada zamannya. Mereka merupakan orang-orang besar yang pernah di catat sebagai peletak dasar sejarah.

* H.Walsh
Menurut W.H.Walsh ialah pencatatan yang berarti dan penting bagi manusia. Catatan tersebut meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia di masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

Ruang lingkup sejarah ialah pemahaman yang menjadi sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup sejarah meliputi konsep sejarah, unsur sejarah dan hubungan sejarah dengan ilmu, nah berikut ini penjelasan ruang lingkup sejarah.

Konsep Sejarah
Konsep merupakan suatu wujud kemampuan akal dalam membentuk gambaran baru yang sifatnya abstrak “tidak nyata” menurut data atau suatu kajian.

* Sejarah sebagai peristiwa ialah kejadian, kenyataan “realita”, aktualitas sejarah yang telah terjadi atau berlangsung di masa lalu. Sejarah mengandung kejadian yang terjadi atau berlangsung di masa lalu.
* Sejarah sebagai kisah ialah suatu rangkaian cerita yang berupa narasi yang disusun menurut ingatan, tafsiran, manusia atau kesan.
* Sejarah sebagai ilmu mempelajari kenyataan dengan mengadakan penelitian dan pengkajian mengenai peristiwa cerita sejarah. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan terdapat beberapa syarat ilmiah misalnya empiris, objektif, teori dan kesimpulan umum “menggeneralisasikan”.
* Sejarah sebagai seni, dikatakan sebagai seni karena sejarah memerlukan inutisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dalam penulisan sejarah.

Unsur Sejarah
Sejarah terdiri dari 3 unsur antara lain sebagai berikut:

* Ruang ialah tempat terjadinya suatu peristiwa yang menjadi bukti peristiwa sejarah menjadi real.
* Waktu ialah unsur sejarah yang memegang peranan penting sebagai sifat krologis dalam kajian sejarah sehingga dikenal dengan konsep periodisasi.
* Manusia ialah unsur sejarah yang menjadi sentral atau pemegang peran karena peristiwa sejarah dapat berlangsung secara kompleks tergantung dari akal manusia dengan lingkungan yang ada.

Hubungan Sejarah Dengan Ilmu
Persamaan sejarah dengan ilmu pengetahuan ialah berdasarkan dari pengalaman, pengamatan dan penyerapan. Sama-sama memiliki dasar teori dan metode. Dan perbedaan sejarah sebagai ilmu pengetahuan ialah dapat dipahami jika sejarah terikat oleh:

* Sejarah terikat oleh waktu,, karena waktu memegang peranan penting yang harus terdapat dalam sejarah,, tetapi ilmu pengetahuan tidak terikat oleh waktu karena bukan hal yang penting dari ilmu pengetahuan.
* Sejarah terikat oleh tempat, karena memiliki sifat yang unik dan einmalig atau terjadi hanya sekali. Sifat unik terikat oleh tempat atau spesial.
* Sejarah terikat oleh kekhususan, karena tempat dan waktu membuat sejarah menjadi unik dan khusus.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Sejarah Secara Umum dengan adanya ulasan tersebut semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa di postingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂