Blog

Resep Membuat Donat Empuk Cara Termudah Tanpa Mixer

4 menit membacaOleh Vera Khairifah padaResep membuat donat bisa kamu jadikan sebagai resep andalan untuk berbuka puasa atau sajian saat lebaran nanti. Bahan-bahannya mudah didapat, dan tidak memerlukan peralatan yang ribet. Yuk, coba!

Donat atau kue yang terbuat dari tepung terigu berbentuk lingkaran dengan lubang di bagian tengah sangat terkenal di hampir seluruh negara.

Rasanya yang gurih serta teksturnya yang lembut dan empuk membuat banyak orang menyukainya. Belum lagi dengan kenikmatan dari beraneka varian rasa sebagai topping di atasnya, seperti taburan meses, olesan selai, krim, dan lain-lain.

Tak heran jika resep membuat donat menjadi buruan para pecinta donat yang ingin membuatnya sendiri di rumah.

Sejarah Donat
Sebelum mengulas secara lengkap soal resep membuat donat, sejarah donat juga menarik untuk ditelisik.

Donat sangat populer di Amerika Serikat, terbukti dengan adanya beberapa perusahaan produsen donat terkenal dunia seperti Dunkin, Krispy Kreme, dan lain sebagainya. Kepopuleran itu kemudian meluas hingga ke negara-negara lain di seluruh dunia.

Tetapi, diperkirakan para sejarawan bahwa donat sebenarnya tidak bermula dari daratan Amerika.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, asal-usul donat dimulai dari pertengahan abad ke-19. Saat itu, Elizabeth Gregory yakni ibu dari Kapten Kapal New England asal Inggris membuat adonan kue yang digoreng kemudian menggunakan campuran rempah pala dan kayu manis, serta kulit lemon.

Pada bagian atasnya, kue itu ditaburi oleh kacang kenari. Lalu dimasak tidak sampai matang sepenuhnya, sehingga tekstur bagian dalamnya lembut.

Pembuatan kue dengan campuran rempah-rempah ini dimaksudkan agar sang anak, Kapten Hanson, dapat membawa bekal selama perjalanan laut yang dapat menangkal berbagai penyakit.

Di masa ini, ibu Gregory diperkirakan sudah menyebut kue itu sebagai donat.

Selanjutnya, Kapten Hanson membuat kembali kue tersebut dengan lubang di bagian tengahnya. Karena Kapten Hanson adalah seorang pelaut, maka tak heran jika resep membuat donat dengan tampilan bundar dan berlubang jadi lebih cepat menyebar ke berbagai negara.

Di Indonesia sendiri, pada tahun 1968, stan American Donut di Pekan Raya Jakarta memperkenalkan mesin penggoreng donat otomatis. Kemudian tahun 1985, gerai waralaba donat asal Amerika yakni Dunkin Donuts hadir.

Sejak saat itu, kepopuleran donat sebagai makanan manis makin hits di tanah air. Kini, ada banyak gerai waralaba yang bermunculan dengan berbagai nama.

Jenis-jenis donat di Indonesia juga beragam. Mulai dari donat goreng, donat panggang, donat kentang, dan lain-lain. Resep membuat donat pun banyak dicari orang-orang yang tertarik membuat sendiri.

Selain untuk konsumsi prbadi, resep membuat donat yang mudah juga bisa dijadikan peluang usaha yang mendatangkan keuntungan.

(Baca Juga: 7 Resep Olahan Kurma Sederhana Dijamin Lezat!)
Untuk menghasilkan donat yang empuk, resep membuat donat bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan mixer ataupun harus diuleni.

Resep membuat donat ini dijamin mudah, dan anti gagal. Kamu bisa mencobanya di rumah sebagai sajian kudapan atau dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Bahan dan Alat Membuat Donat
Resep membuat donat yang pertama dilakukan yakni dengan menyiapkan bahan-bahan pembuat dan peralatan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan:

* 3 sdm gula pasir
* 1 sdt ragi instan
* 130 ml air hangat
* 250 gram tepung terigu protein tinggi
* 1 sdm susu bubuk
* 2 butir telur ayam, ambil bagian kuningnya saja
* 40 gram margarin
* Garam halus secukupnya
* Minyak goreng secukupnya
* Topping sesuai selera (meses, selai, krim, dan lain sebagainya)

Alat:

* Gelas kaca
* Wadah besar untuk adonan
* Spatula
* Plastik atau kain bersih
* Kertas minyak
* Wajan
* Sumpit
* Tusuk sate

Cara Membuat Donat Tanpa Mixer
Setelah menyiapkan resep membuat donat, maka lakukan cara membuat donat termudah tanpa mixer dengan langkah-langkah berikut ini:

* Buat adonan biang dengan mencampurkan gula, ragi instan, dan air hangat dalam wadah gelas. Aduk rata, dan pastikan ragi benar-benar larut.
* Tutup gelas berisi larutan gula dan ragi instan, balut gelas dengan kain bersih, dan diamkan selama 10 menit hingga larutan terlihat berbusa.
* Tuangkan tepung terigu ke dalam wadah, campurkan dengan susu bubuk, lalu aduk rata.
* Setelah tepung terigu dan susu bubuk tercampur rata, tuangkan adonan biang yang sudah berbusa, serta kuning telur. Aduk semuanya sampai tercampur rata menggunakan spatula.
* Campurkan margarin dan sedikit garam. Aduk lagi hingga menjadi adonan dengan tekstur agak lembek.
* Bentuk adonan menjadi satu bulatan besar, letakkan di dalam wadah yang ditutup dengan plastik atau kain bersih.
* Istirahatkan adonan selama 50 menit – 60 menit, hingga ukurannya mengembang dua kali lipat.
* Setelah mengembang, kempiskan adonan dengan cara dipukul-pukul.
* Bentuk adonan menjadi persegi panjang, lalu potong menjadi delapan bagian atau sama besar.
* Bulatkan setiap potongan dengan cara rounding, letakkan di atas kertas minyak yang sudah diolesi dengan minyak goreng.
* Bentuk donat dengan melubanginya di bagian tengah dengan menggunakan jari dalam kondisi bersih yang sudah ditaburi tepung terigu.
* Panaskan minyak, lalu goreng donat dengan api kecil agar tidak mudah gosong.
* Sambal menggoreng, putar-putar donat dengan menggunakan sumpit yang berputar di bagian lubang tengah. Hal ini berguna untuk membentuk lubang yang rapi.
* Jika ditemukan buih-buih pada donat yang sedang digoreng, tusuk donat menggunakan tusuk sate.
* Goreng hingga matang berwarna kuning kecokelatan, pastikan hanya membalik donat satu kali agar minyak goreng yang terserap tidak terlalu banyak.
* Jika sudah matang, angkat, lalu tiriskan.
* Hias donat dengan topping sesuai selera.

(Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kuliner dari Olahan Singkong)
Itulah resep membuat donat yang mudah tanpa memerlukan mixer dan tidak perlu diuleni. Mencoba usaha jualan donat dengan aneka topping bisa kamu coba untuk mendatangkan keuntungan.

Soal pemasaran usaha donat rumahan, kamu bisa menyangsang konsumen dengan metode pesanan skala besar di muka (pre order), menitipkan donat ke beberapa warung terdekat, atau dijual secara online lewat media sosial.

Butuh Modal Usaha? Ajukan KTA via CekAja.com!
Jika kamu tertarik memulai usaha kecil-kecilan, kamu bisa mendapatkan pinjaman modal dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) via CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding produk finansial terpercaya, yang membantu memilih produk pinjaman, asuransi, kartu kredit, dan lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.

KTA di CekAja.com mematok bunga yang terjangkau, persyaratan yang mudah, serta sudah pasti legal karena terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara pengajuannya pun mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memilih produk KTA yang ingin diajukan, lalu mengisi data diri dan formulir pengajuan secara online.

Proses cepat dilakukan hanya melalui gadget, dan kamu tinggal menunggu proses pencairan dana. Gampang, kan?

Yuk, segera ajukan KTA dan mulai berbisnis sekarang juga! Ajukan KTA lewat CekAja.com dijamin mudah, cepat, dan aman.