Blog

Resep Donat Cokelat Motif Jaring Labalaba Tema Halloween

KOMPAS.com – Perayaan Halloween identik dengan kostum seram hingga makanan berbentuk unik.

Salah satu makanan yang bisa kamu buat donat dengan motif jaring laba-laba dari BBC Good Food.

Warna adonan donat juga dibuat lebih gelap dengan tambahan cokelat bubuk. Sementara untuk motif jaring laba-laba bisa menggunakan colekat leleh.

Baca juga:

Resep donat motif jaring laba-laba
Bahan:

* 150 gram mentega tawar, dilunakkan, ditambah ekstra untuk kalengnya
* 150 gram gula halus
* 1 butir telur
* 150 gram tepung terigu
* 1 sdt baking powder
* 25 gram cokelat bubuk
* 100 ml susu murni
* 1 sdt ekstrak vanila

Untuk dekorasi:

* 200 gram cokelat hitam
* 200 gram cokelat putih

Baca juga:

Cara membuat donat motif jaring laba-laba:
1. Panaskan oven hingga suhu 180 derjat Celcius, olesi cetakan donat dengan campuran mentega putih, minyak, dan tepung.

2. Masukkan gula dan mentega ke dalam mangkuk besar. Kocok dengan mikser hingga warnanya pucat. Masukkan tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk, garam, susu, dan vanila, aduk rata.

3. Masukkan adonan ke dalam cetakan donat, dan panggang selama 10 sampai dengan 13 menit.

4. Keluarkan donat oven, letakkan cetakan donat dalam posisi terbalik selama kira-kira dua menit. Kemudian keluarkan donat dengan hati-hati. Biarkan donat benar-benar dingin sebelum dihias.

5. Lelehkan cokelat hitam di atas panci dan air mendidih atau dapat menggunakan microwave. Lelehkan hingga cokelat mencair. Lelehkan juga cokelat putih dengan proses yang sama.

6. Hias permukaan bagian atas donat dengan cokelat hitam. Kemudian tuangkan cokelat putih di atasnya dengan hati-hati sehingga membentuk tiga lingkaran yang mengelilingi lubang donat.

Selagi cokelat masih cair, tarik garis dari bagian dalam donat menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate sehingga membentuk jaring laba-laba. Biarkan cokelat mengeras sebelum disajikan.

Baca juga: Resep Donat Lapis Cokelat, Lumer di Mulut

> @my.foodplace Andalan saat hujan, paling nikmat cuman makan mie instan. Ada yang sama? Ada kreasi unik mie instan yang dimasak bersama kuah seblak pedas dengan topping cireng. Cocok banget dinikmatin pas lagi hujan, dijamin anti bosan. Bisa juga loh jadi ide jualanmu yang unik???? Ayo cobain resep Cireng Mie Kuah Seblak! #kompascom #foodplace #reseprumahan #resepsimple #cirengkuah #seblakmie #resepseblak #seblakpedas #fyp ? Milk Tea – Official Sound Studio
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link /kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.