Blog

Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi Kelas 12

Yuhu Quipperian, jika kamu ingin memperkaya pengetahuan di materi Sosiologi yakni materi Perubahan Sosial, maka artikel ini akan mendukung kamu. Di sini, ada beberapa Perubahan Sosial menurut para ahli untuk mendukung pelajaranmu.

Quipperian, simak pengertian-pengertian ini ya!

1. Menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin
Pengertian perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

2. Menurut Prof. Selo Soemardjan
Pengertian perubahan sosial menurut Prof. Selo Soemardjan adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.

3. Menurut Emile Durkheim
Pengertian perubahan sosial menurut Emile Durkheim adalah perubahan yang terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik.

4. Menurut Robert M.I Lawang
Pengertian perubahan sosial menurut Robert M.I Lawang adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

5. Menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi
Pengertian perubahan sosial menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

6. Menurut Robert H. Lauer
Pengertian perubahan sosial menurut Robert H. Lauer adalah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

7. Menurut Max Weber
Pengertian perubahan sosial menurut Max Weber adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

8. Menurut Samuel Koening
Pengertian perubahan sosial menurut Samuel Koening adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern.

9. Menurut William F. Ogburn
Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn adalah perubahan-perubahan yang meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

10. Menurut Bruce J. Cohen
Pengertian perubahan sosial menurut Bruce J. Cohen adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

11. Menurut Pasurdi Suparlan
Pengertian perubahan sosial menurut Pasurdi Suparlan adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

12. Menurut Atkinson dan Brooten
Pengertian perubahan sosial menurut Atkinson dan Brooten adalah proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok.

Quipperian! Demikian beberapa pengertian perubahan sosial menurut para ahli beserta penjelasannya. Semoga rangkuman definisi perubahan sosial ini dapat membantu dalam mengkaji aspek-aspek yang dipelajari dalam kajian perubahan sosial sesuai dengan batasannya. Semoga bermanfaat!

Masih belum puas belajar materi perubahan sosial? Langsung sajadaftar di Quipper Videoatau cek artikel-artikel ini!

Materi Lengkap Perubahan Sosial

5 Faktor Pendorong Perubahan Sosial

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Teori-Teori Perubahan Sosial

Penulis: Sritopia