Blog

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian nilai – Kata nilai dalam bahasa Inggris disebut value, sedangkan dalam bahasa latin disebut valere. Secara bahasa, nilai dapat diartikan sebagai harga. Namun lebih dari itu, definisi nilai bisa dijabarkan lebih luas dan berkaitan dengan sesuatu yang berharga dalam kehidupan manusia.

Secara umum, nilai adalah konsep yang menunjuk pada hal hal yang dianggap berharga dalam kehidupan manusia, yaitu tentang apa yang dianggap baik, layak, pantas, benar, penting, indah, dan dikehendaki oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaliknya, hal-hal yang dianggap tidak pantas, buruk, salah dan tidak indah dianggap sebagai sesuatu yang tidak bernilai. Sesuatu dikatakan mempunyai nilai, apabila mempunyai kegunaan, kebenaran, kebaikan dan keindahan.

Contohnya emas dianggap sebagai sesuatu yang bernilai karena ia memberi bermanfaat, berguna serta berharga bagi manusia. Sedangkan limbah dianggap tidak bernilai karena sifatnya buruk, jelek dan merugikan serta tidak memiliki manfaat sama sekali.

(baca juga pengertian norma)

Berikut akan dibahas pengertian dan definisi nilai secara umum dan menurut pendapat para ahli.

Definisi Nilai Secara Umum
Pengertian nilai secara umum adalah konsep umum tentang sesuatu yang dianggap baik dimana keberadaannya dicita-citakan, diinginkan, dihayati, dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari dan menjadi tujuan kehidupan bersama di dalam kelompok masyarakat tersebut, mulai dari unit kesatuan sosial terkecil hingga yang terbesar, mulai dari lingkup suku, bangsa, hingga masyarakat internasional.

Nilai juga dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penghargaan serta keadaan yang bermanfaat bagi manusia sebagai penentu dan acuan dalam menilai dan melakukan suatu tindakan.

Dengan mengacu kepada sebuah nilai, seseorang dapat menentukan bagaimana ia harus berbuat dan bertingkah laku yang baik sehingga tidak menyimpang dari norma-norma yang berlaku.

Selain penjelasan secara umum, para ahli dan pakar memiliki pendapat yang berbeda-beda dalam menerangkan definisi nilai. Berikut merupakan pengertian nilai menurut para ahli secara lengkap,

Menurut Spranger

Arti nilai menurut Spranger adalah suatu tatanan yang dijadikan panduan oleh individu untuk menimbang dan memilih alternatif keputusan dalam situasi sosial tertentu.

Menurut Horrocks

Pengertian nilai adalah sesuatu yang memungkinkan individu atau kelompok sosial membuat keputusan mengenai apa yang ingin dicapai atau sebagai sesuatu yang dibutuhkan.

Menurut Antony Giddens (1995)

Nilai merupakan suatu gagasan yang dimiliki seseorang maupun kelompok mengenai apa yang layak, apa yang dikehendaki, serta apa yang baik dan buruk.

Menurut Horton & Hunt (1987)

Definisi nilai adalah suatu gagasan mengenai apakah suatu tindakan itu penting ataukah tidak penting.

Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lmm (1998)

Nilai adalah suatu gagasan bersama-sama (kolektif) mengenai apa yang dianggap penting, baik, layak dan diinginkan, sekaligus mengenai yang dianggap tidak penting, tidak baik, tidak layak dan tidak diinginkan dalam hal kebudayaan. Nilai merujuk kepada suatu hal yang dianggap penting pada kehidupan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai anggota masyarakat.

Menurut Nietzsche

Pengertian nilai menurut Nietzsche merupakan sebuah tingkat atau derajat yang diinginkan oleh manusia.

Menurut Danandjaja

Nilai adalah pengertian yang dimiliki seseorang akan sesuatu yang lebih penting maupun kurang penting, apa yang lebih baik dan kurang baik, dan juga apa yang lebih benar dan apa yang salah.

Menurut Gordon Allport

Nilai menurut Gordon adalah suatu keyakinan yang dapat membuat seseorang melakukan tindakan berdasarkan pilihannya.

Menurut Mulyana

Nilai diartikan oleh Mulyana sebagai suatu keyakinan dan rujukan untuk menentukan sebuah pilihan.

Menurut Kluckhohn

Nilai adalah sebuah konsepsi dari apa yang diinginkan dan mempengaruhi seseorang dalam menentukan tindakan terhadap cara dan juga tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Notonagoro

Menurut Notonagoro, nilai terdiri dari 3 (tiga) nilai pokok yang utama, yaitu nilai vital, nilai materil, dan nilai rohani.

Menurut Ralp Perry

Pengertian nilai menurut Ralp Perry adalah suatu objek yang berasal dari minat suatu individu

Menurut Fraenkel

Pengertian nilai merupakan sebuah konsep ataupun ide mengenai apa yang dipikirkan seseorang dan dianggap penting.

Menurut Kupperman

Arti nilai adalah sebuah patokan yang bersifat normatif dan dapat mempengaruhi manusia dalam menentukan sebuah pilihan.

Menurut Louis O. Kattsof (1987)

Nilai dibagi menjadi dua macam oleh Louis, dimana terdapat nilai intristik yang merupakan nilai yang semulanya sudah bernilai, dan yang kedua adalah nilai instrumental dimana nilai merupakan hasil dari sesuatu akibat digunakan sebagai sarana dalam mencapai suatu tujuan.

Djahiri (1999)

Nilai adalah harga, makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersurat dan tersirat dalam fakta, konsep, dan teori, sehingga bermakna secara fungsional.

Menurut Purwodarmito

Nilai dapat dijelaskan menjadi lima hal, di antaranya adalah harga sesuatu, harga sesuai taksiran, angka kepandaian, suatu kualitas, dan juga sifat-sifat yang penting.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian nilai menurut Koentjaraningrat adalah suatu bentuk budaya yang memiliki fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada anggapan baik dan buruk dalam masyarakat.

Menurut Alvin L. Bertrand

Nilai adalah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap masyarakat harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

Menurut Robert Lawang

Definisi nilai ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini menjadi cerminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

Menurut Karel J. Veeger

Nilai adalah suatu kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

Menurut Kimball Young

Pengertian nilai adalah asumsi abstrak dan sering kali tidak disadari apa sebenarnya yang penting dalam masyarakat.

Menurut AW Green

Definisi nilai adalah kesadaran berlangsung dengan disertai emosi terhadap suatu objek.

Menurut Bambang Daroeso

Arti nilai adalah suatu kualitas atau pengahargaan terhadap sesuatu, yang menjadi dasar penentu tingkah laku seseorang.

Menurut Hendropusptio

Nilai adalah segala sesuatu yang masyarakat dapat hargai karena nilai mempunyai daya guna yang fungsional dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan mausia.

Menurut Simanjuntak

Pengertian nilai menurut Simanjutak adalah ide-ide yang berkembang pada masyarakat mengenai sesuatu yang baik.

Menurut Nursal Luth dan Dainel Fernandez

Nilai adalah perasaan-perasaan tentang apa yang diinginkan atau tidak diinginkan yang memengaruhi perilaku sosial dari orang yang memiliki nilai itu. Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang selalu diperlihatkan melalui perilaku oleh manusia.

Menurut Sidi Gazalba

Nilai adalah sesuatu yang bersifat abstrak, ia ideal, nilai bukan benda konkrit, bukan fakta, tidak hanya persoalan benar dan salah yang menuntut pembuktian empirik, melainkan penghayatan yang dikehendaki dan tidak dikehendaki.

Menurut Chabib Thoha

Arti nilai merupakan sifat yang melekat pada sesuatu (sistem kepercayaan) yang telah berhubungan dengan subjek yang memberi arti (manusia yang meyakini). Jadi nilai adalah sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi manusia sebagai acuan tingkah laku

Menurut Laboratorium Pancasila IKIP Malang

Pengertian nilai adalah sesuatu yang berharga, berguna, indah, yang memperkaya batin, dan menyadarkan manusia akan harkat dan martabatnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong, mengarahkan sikap, dan perilaku manusia.

Menurut Wikipedia

Pengertian nilai menurut Wikipedia adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan

Menurut Soerjono Soekanto

Pengertian nilai menurut Soerjono Soekanto adalah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikarenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap buruk. Nilai baik selalu menjadi simbol kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik.

Menurut Wood

Nilai adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

Macam-Macam Nilai
Ada beberapa bentuk dan jenis-jenis nilai dilihat dari bidangnya. Berikut merupakan macam-macam nilai selengkapnya.

* Nilai sosial, yakni nilai yang berhubungan dengan sikap manusia yang membutuhkan pertolongan orang lain.
* Nilai agama, yakni nilai yang bersumber dari Tuhan yang tidak dapat diganggu gugat.
* Nilai ekonomi, yakni nilai yang berhubungan dengan prinsip-prinsip ekonomi secara umum.
* Nilai moral, yakni nilai yang bersumber dari bersumber dari kehendak maupun kemauan, disebut juga nilai kebenaran.
* Nilai keilmuan, yakni nilai yang berkaitan dengan wawasan dan ilmu pengetahuan.
* Nilai seni, yakni nilai yang bersumber melalui unsur rasa pada setiap diri manusia, disebut juga nilai estetika atau keindahan.

Karakteristik Nilai
Sebuah nilai memiliki ciri-ciri khusus tertentu yang khas. Berikut merupakan ciri-ciri dan karakteristik nilai selengkapnya.

* Bersifat umum
* Berbentuk abstrak
* Konsepsional
* Nilai mengandung kualitas moral manusia
* Nilai tidak selamanya realistik
* Dalam bermasyarakat, nilai bersifat campuran
* Cenderung bersifat stabil

Demikianlah ulasan tentang pengertian nilai menurut para ahli dan secara umum lengkap beserta karakteristik dan macam-macamnya. Semoga bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu pengertian nilai secara benar.