Blog

Pengertian Masyarakat Definisi CiriCiri UnsurUnsur Penjelasannya

Pengertian masyarakat – Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang hidup secara bersama-sama di suatu wilayah dan membentuk sebuah sistem. Ada beberapa ciri-ciri masyarakat, di antaranya hidup bersama secara berkelompok, berdiam di suatu tempat dan melakukan interaksi sosial antar individunya.

Sebagai makhluk sosial, tentu manusia hidup bersama-sama dengan individu lainnya. Saat sekelompok individu hidup bersama di suatu tempat dan melakukan interaksi serta mentaati aturan dan norma-norma yang berlaku, maka itulah yang disebut sebagai masyarakat.

Terdapat banyak jenis-jenis masyarakat, seperti masyarakat desa, masyarakat kota, masyarakat madani, dan lain sebagainya. Meski tiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda, namun hakikat masyarakat tetap sama sesuai dengan definisi pada umumnya. Hal ini diperjelas dengan pendapat para ahli mengenai arti masyarakat secara umum.

(baca juga ciri-ciri interaksi sosial)

Di bawah ini akan dibahas apa saja pengertian dan definisi masyarakat, baik menurut KBBI, secara umum maupun menurut pendapat para ahli.

Arti Masyarakat Menurut KBBI
Pengertian masyarakat menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.

Dalam KBBI, ada beberapa turunan pengertian masyarakat berdasarkan jenis-jenisnya, yakni sebagai berikut:

* Masyarakat bahasa, yakni kelompok orang yang merasa memiliki bahasa bersama, yang merasa termasuk dalam kelompok itu, atau yang berpegang pada bahasa standar yang sama.
* Masyarakat desa, yakni masyarakat yang penduduknya mempunyai mata pencaharian utama dalam sektor bercocok tanam, perikanan, peternakan, atau gabungan dari kesemuanya itu, dan yang sistem budaya dan sistem sosialnya mendukung mata pencaharian itu.
* Masyarakat hukum, yakni masyarakat yang menentukan hukumnya sendiri.
* Masyarakat kota, yakni masyarakat yang penduduknya mempunyai mata pencaharian dalam sektor perdagangan dan industri, atau yang bekerja dalam sektor administrasi pemerintah.
* Masyarakat madani, yakni masyarakat yang menjunjung tinggi nilai, norma, hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, dan teknologi yang berperadaban.
* Masyarakat majemuk, yakni masyarakat yang terbagi dalam kelompok persatuan yang sering memiliki budaya yang berbeda.
* Masyarakat modern, yakni masyarakat yang perekonomiannya berdasarkan pasar secara luas, spesialisasi di bidang industri, dan pemakaian teknologi canggih.
* Masyarakat primitif, yakni masyarakat yang mempunyai sistem ekonomi sederhana.
* Masyarakat tradisional, yakni masyarakat yang lebih banyak dikuasai oleh adat-istiadat yang lama.

Definisi Masyarakat Secara Umum
Pengertian masyarakat secara umum adalah sekumpulan individu-individu yang hidup bersama. Suatu masyarakat dapat terbentuk karena setiap manusia menggunakan perasaan, pikiran, dan hasratnya untuk bereaksi dan berinteraksi terhadap lingkungannya.

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup, yaitu sebagian besar interaksi individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Istilah masyarakat umumnya mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas teratur.

Dalam bahasa Arab, istilah masyarakat dikenal dengan kata musyarak yang berarti hubungan, ikut serta atau berpartisipasi. Sedangakan dalam bahasa Inggris disebut dengan society yang memiliki arti interaksi sosial, perubahan sosial, dan rasa kebersamaan.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli
Berikut akan dibagikan apa saja definisi dan pengertian masyarakat menurut pendapat para ahli.

Menurut Max Weber

Pengertian masyarakat menurut Max Weber adalah suatu struktur atau aksi yang pada pokoknya ditentukan oleh harapan dan nilai-nila yang dominan pada warganya sendiri.

Menurut Karl Marx

Pengertian masyarakat menurut Karl Marxadalah suatu sturktur yang mengalami ketegangan organisasi maupun perkembangan karena adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terpecah secara ekonomi.

Menurut Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, definisi masyarakat pada umumnya mempunyai ciri-ciri dengan kriteria seperti di bawah ini:

* Manusia yang hidup bersama, sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang.
* Bercampur atau bergaul dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga timbul sistem komunikasi dan peraturan yang mengatur hubungan antar manusia.
* Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan.
* Merupakan suatu sistem hidup bersama yang menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu sama lain.

Menurut Emile Durkheim

Pengertian masyarakat menurut Durkheim merupakan suatu kenyataan objektif dari individu-individu yang merupakan anggotanya.

Menurut Paul B. Horton

Pengertian masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang relatif mandiri dengan hidup bersama dalam jangka waktu cukup lama, mendiami suatu wilayah tertentu dengan memiliki kebudayaan yang sama, dan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.

Menurut An-Nabhani

Masyarakat adalah sekelompok individu seperti manusia yang memiliki pemikiran perasaan, serta sistem/aturan yang sama, dan terjadi interaksi antara sesama karena kesamaan tersebut untuk kebaikan masyarakat itu sendiri dan warga masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan

Definisi masyarakat menurut Selo Soemardjan merupakan orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

Menurut J. L. Gillin dan J. P. Gillin

Masyarakat diartikan sebagai sebuah kelompok yang tersebar dengan perasaan persatuan yang sama.

Menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm

Arti masyarakat adalah sejumlah besar orang yang tinggal dalam wilayah yang sama, relatif independen dan orang orang di luar wilayah itu, dan memiliki budaya yang relatif sama.

Menurut John J. Macionis

Pengertian masyarakat menurut John J. Macionis adalah orang-orang yang berinteraksi dalam sebuah wilayah tertentu dan memiliki budaya bersama.

Menurut Koentjaraningrat

Masyarakat merupakan satu kesatuan hidup manusia yang berhubungan sesuai dengan sistem adat istiadat tertentu yang bentuknya berkesinambungan dan terhubung oleh suatu rasa identitas bersama.

Menurut Marion Levy

Ada empat kriteria yang perlu ada agar suatu kelompok bisa disebut masyarakat, yakni sebagai berikut.

* Kemampuan bertahan yang melebihi masa hidup seorang anggotanya.
* Perekrutan seluruh atau sebagian anggotanya melalui reproduksi atau kelahiran.
* Adanya sistem tindakan utama yang bersifat swasembada.
* Kesetiaan terhadap suatu sistem tindakan utama secara bersama-sama.

Menurut Talcott Parsons

Menurut Parsons, ia setuju dengan pendapat Marion Levy mengenai kriteria masyarakat. Namun ia menambahkan 1 kriteria lagi, yakni harus dapat melakukan sosialisasi terhadap generasi berikutnya.

Menurut Ralph Linton

Masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga dapat terbentu organisasi yang mengatur setiap individu dalam masyarakat tersebut dan membuat setiap individu dalam masyarakat dapat mengatur diri sendiri dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batasan tertentu.

Menurut Wilkinson

Masyarakat sebagai salah satu kelompok manusia yang secara bersama-sama hidup dan tinggal di wilayah yang sama dengan batasan wilayah yang biasa.

Menurut S.R. Steinmentz

Masyarakat didefinisikan sebagai kelompok manusia yang terbesar meliputi pengelompokan-pengelompokan manusia yang lebih kecil yang mempunyai perhubungan erat dan teratur.

Menurut Mac Iverl

Masyarakat adalah suatu sistem dari cara kerja dan prosedur, otoritas dan saling bantu-membantu yang meliputi kelompok-kelompok dan pembagian-pembagian sosial, sistem pengawasan tingkah laku manusia dan kebebasan. Sistem yang kompleks dan selalu berubah dari relasi sosial.

Menurut Adam Smith

Masyarakat dapat terdiri dari berbagai jenis manusia yang berbeda, yang memiliki fungsi yang berbeda yang terbentuk dan dilihat hanya dari segi fungsi, bukan dari rasa suka maupun cinta dan sejenisnya, dan hanya rasa untuk saling menjaga agar tidak saling menyakiti.

Menurut Abdul Syani

Masyarakat diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk berkumpul, bersama, hidup bersama dan saling berhubungan serta saling mempengaruhi.

Menurut Thomas Hobber

Masyarakat sebagai sebuah komunitas yaitu proses alamiah dimana sekelompok orang hidup bersama guna memaksimalkan kepentingan mereka, dan kepentingan diri tiap individu dapat diperolah dalam sebuah kelompok tersebut.

Menurut M. J. Herkovits

Arti masyarakat didefinisikan sebagai suatu kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikuti suatu cara hidup tertentu.

Menurut Ensiklopedi Indonesia

Masyarakat dapat diartikan sebagai berikut:

* Bentuk tertentu dari suatu kelompok sosial yang berdasarkan rasional yang diterjemahkan sebagai masyarakat patembayan, lalu adanya kelompok sosial lainnya yang masih berasaskan ikatan naluri kekeluargaan atau dapat disebutu masyarakat paguyuban.
* Merupakan keseluruhan masyarakat manusia yang di dalamnya meliputi seluruh kehidupan bersama.
* Menunjukkan tatanan kemasyarakatan dengan memiliki ciri sendiri atau identitas serta sebuah otonomi seperti masyarakat barat, ataupun masyarakat pedalaman atau primitif dimana suku tersebut belum berhubungan dengan dunia sekitar.

Ciri-Ciri Masyarakat
Masyarakat juga memiliki ciri-ciri dan karakteristik tertentu, bisa dibilang menjadi syarat sesuatu bisa disebut sebagai masyarakat. Berikut merupakan ciri-ciri masyarakat secara umum.

* Mendiami suatu wilayah tertentu
* Hidup secara berkelompok bersama-sama
* Terdapat suatu kebudayaan yang selalu mengalami penyesuaian dan diwariskan secara turun-temurun
* Mengalami perubahan dari waktu ke waktu
* Terjadi interaksi sosial antar individu
* Terdapat pemimpin dalam kelompok masyarakat
* Terbentuk golongan dan stratifikasi sosial sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing

Unsur-Unsur Masyarakat
Masyarakat terbentuk oleh beberapa unsur penting di dalamnya. Adapun unsur-unsur masyarakat adalah sebagai berikut:

* Sekumpulan orang banyak, yakni sekelompok orang yang berada di suatu tempat
* Golongan, yakni pengelompokan masyarakat berdasarkan karakteristik yang dimiliki
* Perkumpulan (asosiasi), yakni kesatuan banyak individu dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai
* Kelompok, yakni unsur masyarakat yang lebih kecil dengan struktur dan kaidah tertentu

Nah itulah referensi mengenai pengertian masyarakat menurut para ahli dan secara umum beserta definisi, ciri-ciri, dan unsur-unsurnya lengkap. Semoga bisa menjadi tambahan referensi mengenai ilmu sosial masyarakat.