Blog

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Dan Tahunnya

Pengertian manajemen menurut para ahli ~ Definisi manajemen atau definisi secara umum memiliki banyak sudut pandang dan persepsi. Tapi dalam hal visi dan tujuan, Semua pemahaman ini akan menjadi kerucut untuk satu hal, yaitu pengambilan keputusan.

Pengertian manajemen menurut para ahli
Pengertian Manajemen – Memahami manajemen yang sering kita dengar di kehidupan sehari-hari sebenarnya berarti seni mengelola dan mengelola. Seni menjadi penting untuk menjaga stabilitas badan usaha atau perusahaan dan organisasi.

Pengertian Manajemen – Manajemen adalah kemampuan atau kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu untuk kita. Manajemen mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan seorang pemimpin atau pemimpin. Karena pemimpin sejati adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk membuat orang lain lebih dihargai, sehingga orang lain akan melakukan apa pun yang ingin menjadi pemimpin.

Fungsi-fungsi manajemen
Secara umum, fungsi-fungsi manajemen dibagi menjadi 4 tipe, yaitu

Fungsi perencanaan
Perencanaan merupakan proses untuk menetapkan tujuan dan visi organisasi (perusahaan) sebagai langkah pertama dalam membangun sebuah organisasi. Fungsi perencanaan identik dengan persiapan Strategi, standar, dan juga arah dan tujuan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Fungsi organisasi
Organisasi berkaitan dengan bagaimana untuk mengelola sumber daya manusia dan fisik yang akan diatur secara sistematis sesuai dengan fungsinya masing masing. Dengan kata lain, peran organisasi ini menekankan lebih tentang bagaimana kelompok orang dan sumber daya.

Arah fungsi (mengarahkan)
Manajemen fungsi dalam arah lebih menekankan pada upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efisiensi kinerja dengan optimal. Dari penyediaan pekerjaan bimbingan, motivasi, penjelasan tentang tugas-tugas rutin, dll.

Mengendalikan
Fungsi kontrol lebih terfokus pada penilaian evaluasi dan kinerja yang telah dilakukan dan berjalan. Fungsi kontrol akan melihat apakah ada kendala atau tidak dalam proses mencapai tujuan organisasi.

1. Henry Fayol: “Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang,mengorganisasi, memerintah ,mengoordinasi, dan mengendaiikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oieh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.”
2. James A.F. Stoner (2006:0rganisasi.org) “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya”.
3. Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2) “Manajemen adalah ilmudan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.”
4. T.Hani Handoko (2000:10) “Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan peiaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.”
5. Marry Parker Foliet “Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain”
6. Prof. Oie Liang Lee“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan aiat ^alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
7. The Liang Gie, 1982 ” Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawankaryawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapaL”
8. George R. Terry, 1994 Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “Suatu proses yang membedakan atas perencanaan,pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya 1′.
9. Dr. Sp. Siagian dalam buku “FiLSAFAT ADMINiSTRASI” “Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil daiam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain”
10. Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi daiam buku “ORGANISASI DAN MANAGEMENT” “Manajemen adalah “‘Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyeJenggaraan tugas suatu organisasi di daiam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.”
11. Renville Siagian “Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergerak daiam bidang jasa pelayanan dan dikeioia oleh para tenaga ahli teriatih serta berpengalaman.”
12. Richard LDaft (2002:8)”Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.”
13. Oxford “Manajemen ialah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda) ”
14. Horold Koontz “Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain ”
15. Lawrence A. Appley “Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.”
16. Hilman “Manajemen adalah fungsa untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.”
17. Menurut Ricky W. Griffin: “Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.”
18. William H. Newman: “Manajemen adaiah fungsi yang berhubungan dengan memperoieh basil tertentu melalui orang lain/’
19. Drs. Oey “Manajemen adaiah perencanaan,pengorganisasian, pengarahan,pengkoordinasian dan pengontroian.”
20. Prof. Fiji Ogawa ‘Manajemenadaiah Perencanaan, Pengimpiementasian dan Pengendalian kegiatankegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahuiu telah menetapkan sasaran–sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkurtgan yang berubah/‘
21. Federick Winslow Taylor “Manajemen adaiah Suatu percobaan yang sungguh–sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul daiam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alataiat perumusan.“
22. Lyndak F. Urwick “Manajemen adaiah Forecasting (meramalkan), Planning Grga–nizing {perencanaan Pengorganisiran),Commandin (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontroian).“
23. Cyril O‘donnel “Daiam bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan, manajemen adaiah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang–orang lain/‘
24. Ensidopedia of The Social Sciences “Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diseienggarakan dan diarvasi.“
25. Gordon (1976) daiam Bafadal (2004:39) “Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas–tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.“
26. Millet (1954) “Manajemen adaiah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang–orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.“
27. Davis (1951)Manajemen adaiah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun.“
28. Kimball and Kimball (1951) Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan,pembiayaan, penetapan garis–garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.”
29. Peter Drucker “Dalam buku ‘The Principles of Management” yang dituNs oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adaiah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengeloia bisnis serta mengelola manajer dan juga mengeloia pekerja dan bekerja.“
30. Chaster I Bernard: “Manajemen adaiah seni dan ilmu,“}