Blog

Pengertian Latar Menurut Para Ahli Macam Beserta Fungsinya

Pengertian Latar, Menurut Para Ahli, Macam Beserta Fungsinya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas tentang Pengertian Latar. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian latar, macam berserta fungsinya dengan secara singkat dan jelas. Untuk dapat lebih mudah memahaminya silahkan lihat artikel tentang pengertian latar berikut ini.

Pengertian latar adalah suatu keterangan mengenai suasana, ruang dan waktu terjadinya peristiwa atau kejadian pada suatu karya sastra. Dalam pengertian lainnya Latar ialah unsur intrinsik dalam karya sastra yang meliputi suasana, euang dan waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian dalam kerya sastra.

Latar bisa diartikan sebagai pertunjuk atau keterangan dalam alur yang berkaitan dengan suatu suasana dan ruang waktu. Dalam latar meliputi penggambaran dari sebuah letak geografis, waktu terjadinya peristiwa, perilaku pelaku atau tokoh, lingkungan agama, moral, intelektual, keadaan emosi tokoh atau pelaku, musim dan sosial.

Agar dapat lebih mudah memahaminya berikut ini beberapa pendapat dari para ahli, antara lain yaitu:

Di dalam KBBI, Pengertian Latar merupakan keterangan tentang waktu, ruang dan suasana terjadinya lakuan dalam sebuah karya sastra.

Menurutnya, Pengertian Latar merupakan tempat, waktu serta suasana yang digunakan dalam sebuah cerita.

Menurutnya, Pengertian Latar merupakan tempat, hubungan waktu dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar dalam cerita bisa dikategorikan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial

Menurutnya, Pengertian Latar merupakan latar waktu atau latar tempat dalam sebuah karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang akan diungkapkan si pengarang.

Macam Latar
Terdapat beberapa jenis macam latar, antara lain yaitu:

Latar tempat ialah tempat di mana tokoh atau pelaku akan mengalami peristiwa atau kejadian dala cerita. Contohnya seperti sang pelaku atau tokoh dedang berada didalam hutan, lautan, kamar, gedung, kantin, kelas, pesawat, mobil, motor atau lainnya yang dapat menjelaskan sebuah tempat atau lokasi yang di maksud.

Latar waktu ialah sesuatu yang menjelaskan waktu saat pelaku atau tokoh melakukan sesuatu hal pada saat peristiwa atau kejadian didalam sebuah cerita yang sedang terjadi. Seperti pada saat siang, pagi, malam, dini hari, petang, masa depan, zaman dulu, sekarang atau lainnya.

Latar alat ialah sesuatu yang menjelaskan peralatan apapun yang diperlukan atau dibutuhkan atau sesuatu yang dipakai oleh tokoh atau pelaku dalam sebuah cerita. Seperti pisau, sapu, jarum, golok, komputer, pedang, senapan, pensil, pena, laptop, HP, kompor, gelas, gayung, korek api, atau lainnya.

Latar suasana ialah sesuatu yang menjelaskan situasi dimana keadaan apa saja yang terjadi pada saat tokoh atau pelaku mengerjakan sesuatu hal. Seperti sang pelaku dalam keadaan galau, bingung, lelah, sedih, lesu, semangat atau lainnya.

Fungsi Latar
Fungsi daripada latar yaitu dapat memberikan sebuah gambaran yang jelas akan sesuatu kejadian atau peristiwa yang dialami pada saat suatu karya sastra berasa benar-benar terjadi. Dimana hal ini menjadi dasar untuk memberikan penjelasan tentang suatu keadaan dalam sebuah karya sastra atau cerita.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Latar, Menurut Para Ahli, Macam Beserta Fungsinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.