Blog

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli – Apa Itu Kurikulum ? Kurikulum adalah segala bentuk pembelajaran yang dirancang dan dilakukakan secara individu maupun kelompok, baik itu di sekolah maupun diluar sekolah. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas Materi Makalah Definisi Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Kurikulum merupakan perangkat mata pelajaran atau program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang didalamnya terdapat rancangan pelajaran yang diberikan kepadapara peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.

Berikut ini merupakan pendapat para ahli mengenai Pengertian Kurikulum, adapun para ahli tersebut diantaranya :

* Daniel Tanner & Laurel Tanner

Mereka menjelaskan bahwa kurikulum yakni sebagai suatu pengalaman pembelajaran yang terarah, terencana secara sistematis serta tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan juga pengalaman serta berada dalam pengawasan lembaga pendidikan sehingga para peserta didik akan memiliki motivasi serta minat belajar yang tinggi.

* Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005)

Kurikulum adalah niat atau harapan yang dituangkan kedalam bentuk rencana atau program pendidikan yang diselenggarakan oleh para pendidik di sekolah. Selain itu, kurikulum ialah niat dan rencana, sementara pelaksaannya yaitu proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu pendidik dan anak didik.

Kurikulum adalah suatu gagasan pendidikan yang dinyatakan melalui praktik. Selain itu, kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, akan tetapi seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.

Kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu kurikulum merupakan program pendidikan dan bukan hanya program pengajaran, sehingga program tersebut direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar serta pengalaman belajar.

Kurikulum adalah segala bentuk pembelajaran yang dirancang dan dilakukakan secara individu maupun kelompok, baik itu di sekolah maupun diluar sekolah.

* George A. Beaucham (1976)

Kurikulum merupakan dokumen tertulis yang berisikan seluruh mata pelajaran yang akan diajarkan kepada anak didik melalui pilihan seperti disiplin ilmudan juga rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kurikulum adalah pembelajaran yang telah dirancang, dan diberikan secara langsung kepada anak didik oleh lembaga pendidikan dan menjadi pengalaman yang dapat dinikmati oleh seluruh anak didik ketika kurikulum itu diterapkan.

* Prof. Dr. S. Nasution, M. A.

Beliau mengatakan kurikulum sebagai suatu rencana yang disusun guna mempelancar proses belajar dan mengajar di bawah naungan, bimbingan & tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan.

Beliau menjelaskan bahwa kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang dirancang dari pihak sekolah guna membantu para anak didik dalam mencapai hasil belajar yang memuaskan.

Kurikulum merupakan sesuatu yang telah dibuat dan direncanakan untuk dipelajari oleh peserta didik.

H. Hasan menjelaskan bahwa kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yakni menjadi pemikiran kependidikan oleh diklat, Dalam posisi teoritik, perlu ditingkatkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana serta dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum.

Kurikulum adalah sekumpulan kursus atau urutan pembelajaran yang sistematik.

Kurikulum memiliki arti yang luas yaitu meliputi keseluruhan program serta kehidupan didalam sekolah.

* Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan

Kurikulum merupakan sebuah formulasi pedagogis yang paling utama dan juga menjadi yang terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.

Kurikulum adalah sebuah usaha menyeluruh yang dibuat dan dirancang secara khusus untuk membimbing peserta didik dalam mendapatkan hasil belajar dari pembelajaran yang telah ditetapkan.

* William B. Ragam & Robert S. Flaming

Kurikulum adalah sebuah pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga pendidikan.

Kurikulum adalah seperangkat organisasi dari pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan pembelajaran.

Kurikulum merupakan keseluruhan usaha dari pihak sekolah untuk proses belajar mengajar baik itu dilaksanakan secara langsung didalam kelas, maupun di luar sekolah.

Kurikulum adalah suatu urutan pengalaman yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah guna mendisiplinkan cara berfikir dan jga bertindak para peserta didik.

* Donald E. Orlasky, Peter F. Olivva (1982) & Othanel Smith (1978)

Beliau menjelaskan bahwa kurikulum pada dasarnya adalah suatu bentuk perencanaan atau program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan juga dikembangkan di sekolah.

Kurikulum merupakan rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam mendapatkan ijazah.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Kurikulum ialah dokumen tertulis yang berisikan mata pelajaran yang akan diajarkan kepada anak didik melalui berbagai mata pelajaran, pilihan disiplin ilmu, dan juga rumusan masalah dalam kehidupan anak didik tersebut.

Beliau menjelaskan kurikulum yakni sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diinginkan dari suatu pembelajaran yang sudah diajarkan.

Artikel lainnya :