Blog

Pengertian Kewirausahaan Tujuan Ciri Serta Sifat

Kuliahpendidikan.com – Pada kesempatan kali ini kita akn membahas tentang pengertian kewirausahaan menurut para ahli, tujuan kewiraushaan, cirri – cirri kewiraushaan serta sifat sifat wirausaha. Kita akan menjelas kan seperti yang ada dibwah ini.

Kewirausahaan ialah proses mengidentifikasi, mengembangkan, serta membawa visi ke dalam kehidupan.

Para Ahli mempunyai arti yang berbeda di antara para ahli atau pun sumber referensi untuk gravitasi yang berbeda dan penekanan.

1. Richard Cantillon (1775), Mendefinisikan kewirausahaan ialah sebagai pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Misalhnya Seorang pengusaha membeli barang pada saat ini dengan harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Dan definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang beresiko dengan ketidakpastian.
2. Menurut Penrose (1963) Kegiatan kewirausahaan indentfikasi termasuk dalam peluang ke sistem ekonomi.
3. menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) Kegiatan kewirausahaan bisa meliputi diperlukan untuk membuat atau pun melaksanakan perusahaan ketika semua pasar belum teridentifikasi dengan jelas, atau pun komponen fungsi produksi tidak sepenuhnya diketahui.
4. Arif F. Hadipranata, Wirausaha ialah orang – orang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengelola serta mengatur semua urusan, dan juga menerima sejumlah manfaat finansial serta non-keuangan.
5. Thomas W Zimmerer, Kewirausahaan merupakan keinovasian aplikasi serta kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang lain nya.
6. Andrew J Dubrin, Seseorang yang menjalankan serta membangun bisnis yang inovatif.
7. Robbin & Coulter, Kewirausahaan merupakan proses dimana seorang individu atau pun kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan peluang serta menciptakan nilai untuk tumbuh untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nya melalui inovasi atau pun keunikan, tidak peduli sumber daya apa yang digunakan pada saat ini.
8. Jean Baptista Say, Seorang pengusaha merupakan agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai produk.
9. Raymond, Kewirausahaan ialah seseorang yang inovatif, kreatif serta mampu kreativitas untuk meningkatkan kesejahteraan diri dalam lingkungan dan masyarakat.
10. Kasmir, Kewirausahaan ialah jiwa pemberani yang berani mengambil risiko untuk memulai suatu bisnis di berbagai kesempatan.

Tujuan Kewirausahaan
1. Meningkatkan jumlah pengusaha yang memenuhi syarat.
2. Mewujudkan kemampuan kewirausahaan, kemantapan untuk menghasilkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat.
3. Foster semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di masyarakat mampu, handal, dan unggul.
4. Kewirausahaan Foster dan’orientasi kesadaran yang kuat untuk umum.

Baca Juga: Administrasi Bisnis – Pengertian, Ruang Lingkup, Karakteristik

Ciri-Ciri Wirausaha
Untuk memungkinkan mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang membutuhkan karakteristik dan juga memiliki sifat kewirausahaan. Karakteristik seorang pengusaha antara lain :

* Percaya diri
* Berorientasikan tugas dan hasil
* Berani mengambil risiko
* Kepemimpinan
* Keorisinilan
* Berorientasi ke masa depan
* Jujur dan tekun

Sifat-sifat Weorang Wirausaha
Sifat sifat seorang wirausaha antara lain sebagai berikut :

1. Memiliki kepercayaan diri, kemandirian, individualitas, optimisme.
2. Selalu berusaha untuk dapat mencapai, berorientasi pada keuntungan, memiliki ketekunan serta ketabahan, memiliki tekad yang kuat, pekerja keras, energik dan juga memiliki inisiatif.
3. Memiliki kemampuan untuk mengambil risiko dan menyukai tantangan.
4. Bertindak sebagai pemimpin, mampu beradaptasi dengan orang lain dan saran cinta serta kritik yang dapat membangun.
5. Memiliki inovasi tinggi dan kreativitas, fleksibel, serbaguna serta memiliki jaringan bisnis yang luas.
6. Persepsi dan perspektif tentang masa depan berorientasi.

Baca Juga:

Demikian lah penjelasan tentang pengertian menurut para ahli, tujuan, cirri – cirri wirausaha dan tujuan tujuan wirausaha. Semoga dapat bermanfaat serta membantu teman – teman sekalian. Terima Kasih