Blog

Pengertian Kebudayaan Karakteristik Fungsi Unsur Konsep Wujud Perubahan Dan Contoh Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan Adalah – Apa yang dimaksud dengan kebudayaan? Apa itu kebudayaan dan contohnya? Apa pengertian kebudayaan menurut para ahli? Apa saja yang termasuk dalam kebudayaan? Apa itu kebudayaan sebagai konsep? Konsep kebudayaan meliputi bidang apa saja?

> Baca Juga : Masyarakat Multikultural

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kebudayaan menurut para ahli, karakteristik, unsur, sifat, jenis, perubahan dan wujud kebudayaan secara lengkap.

Secara etimologi, kebudayaan berasal dari kata Bahasa Sanskerta yaitu buddhayah atau buddhi yang berarti akal budi. Dalam bahasa Inggris, budaya dikenal dengan istilah culture. Kata culture berasal dari Bahasa Latin “Colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan, dalam konteks mengolah tanah atau bertani. Colere atau culture juga diartikan sebagai usaha manusia untuk mengolah alam.

Definisi kebudayaan adalah semua hasil karya cipta rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hisupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, hukum adat, percakapan dan kebiasaan.

Budaya atau kebudayaan adalah segala sesuatu hasil kegiatan dan penciptaan atau kreasi yang bersumber dari akal budi manusia.

Kebudayaan merupakan keseluruhan dari sistem gagasan, tindakan juga hasil karya manusia untuk memenugi kehidupan bermasyarakatnya.

Kebudayaan juga diartikan sebagai sistem pengetahuan yang mencakup ide dan gagasan yang ada dalam pikiran manusia sehingga kebudayaan tersebut bersifat abstrak dalam kehidupan sehari-hari.

Kebudayaan adalah pengalaman dalam hidup sehari-hari yang tertuang dalam bentuk teks, praktik dan makna semua orang dalam menjalani hidup.

Istilah budaya merupakan kajian komprehensif dalam pengertiannya menganalisa suatu objek kajian.

Aspek kebudayaan mencakup bagaimana masyarakat berpakaian, adat kebiasaan perkawinan dan kehidupan keluarga, pola-pola kerja, upacara-upacara keagamaan dan pencarian kesenangan.

Hasil kebudayaan berbentuk cipta atau pikiran atau gagasan, tindakan, dan benda budaya. Cipta atau gagasan berupa ilmu pengetahuan, adat istiadat dan peraturan. Tindakan atau karsa berupa cara bergaul, kesenian, sopan santun, dan cara berpakaian. Sedangkan, benda berupa pakaian adat, rumah adat dan alat musik.

Contoh adanya peradaban kebudayaan terjadi pada bahasa, ilmu pengetahuan, seni musik, arsitektur, fashion, teknologi, ideologi dan lain sebagainya.

Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah suatu keseluruhan dari sistem gagasan, tindakan, dan juga hasil karya dari manusia untuk memenuhi kehidupan bermasyarakat dan hal tersebut kemudian akan dijadikan manusia sebagai milik mereka sendiri dengan cara belajar.

> Baca Juga : Masyarakat Majemuk

E. B. Taylor
Kebudayaan adalah kompleks yang mencangkup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan, serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Moh. Hatta
Budaya adalah hasil dari perjuangan masyarakat terhadap keadaan zaman dan alam. Budaya juga menjadi bukti mengenai kejayaan dan kemakmuran suatu masyarakat ketika menghadapi kesulitan dan rintangan hidup.

Sutan Takdir Alisyahbana
Kebudayaan nasional Indonesia merupakan kebudayaan yang universal dan mengkreasikan unsur seperti teknologi, ekonomi, keterampilan berorganisasi dan ilmu pengetahuan.

Ralph Linton
Budaya adalah segala pengetahuan, pola pikir, perilaku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat dimana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun-temurun.

Selo Soermardjan dan Soelaeman Soemardi
Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

J. Macionis
Kebudayaan adalah cara berpikir, cara bertindak, dan objek material yang bersama-sama membentuk cara hidup manusia. Kebudaan meliputi apa yang kita pikirkan, bagaimana kita bertindak, dan apa yang kita miliki.

Melville Herskovits dan Bryan Malinowski
Cultural Determinism adalah segala sesuatu yang ada di masyarakat ditentukan oleh kebudayaan masyarakat itu sendiri.

Levi Strauss
Budaya adalah komponen struktur sosial yang berasal dari alam pemikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk suatu kebudayaan.

Karakteristik Kebudayaan
Adapun karakteristik atau ciri kebudayaan/budaya, diantaranya yaitu:

* Merupakan cara hidup.
* Merupakan produk manusia, diciptakan oleh manusia atau sekelompok manusia.
* Sering menghadapi perubahan atau dinamis.
* Mempelajari perilaku manusia.
* Terkadang bersifat abstrak, berupa ide, gagasan, maupun keyakinan.
* Mencakup sikap, nilai dan pengetahuan.
* Mencakup objek materi yang diwujudkan dalam teknologi.
* Dibagikan dan diteruskan oleh anggota masyarakat.

Fungsi Kebudayaan
Adapun fungsi kebudayaan dalam masyarakat, diantaranya yaitu:

* Untuk menjadi pedoman hidup berperilaku yang diwujudkan dalam bentuk nilai, norma maupun hukum yang terus diturunkan dari generasi ke generasi (shared culture).
* Sebagai alat atau media yang membantu hidup manusia yang diwujudkan dalam bentuk penciptaan teknologi.
* Sebagai control sosial atau tata tertib bagi masyarakat.

Unsur-Unsur Kebudayaan
Berikut ini unsur kebudayaan dalam masyarakat, diantaranya yaitu:

Menurut Melville Herskovits (Soekamto:2012), unsur kebudayaan meliputi:

* Alat teknologi
* Sistem ekonomi
* Keluarga
* Kekayaan Politik

> Baca Juga : Integrasi Sosial

Menurut B. Malinowski (Soekamto, 2012), unsur kebudayaan meliputi:

* Sistem norma yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat di dalam upaya menguasai alam sekelilingnya
* Organisasi ekonomi
* Alat atau lembaga/petugas pendidikan
* Organisasi kekuatan

Menurut Kluckhohn, ada tujuh unsur budaya yang disebut cultural universals (Soekamto, 2012), diantaranya:

* Peralatan dan perlengkapan hidup manusia, seperti pakaian, tempat tinggal, alat-alat rumah tangga, senjata, alat produksi, transportasi, alat berburu dan lain sebagainya.
* Mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi, seperti pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan lain sebagainya.
* Sistem kemasyarakatan, seperti sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan dan lain sebagainya.
* Bahasa, seperti lisan dan tulisan.
* Kesenian, mencaseni rupa, seni suara, seni gerak, dan lainnya.
* Sistem pengetahuan
* Religi atau sistem kepercayaan

Menurut Macionis (2004), unsur kebudayaan meliputi:

* Simbol, yakni bentuk dari kata, gestur, dan tindakan yang mengekspresikan suatu makna
* Bahasa, yakni suatu sistem simbolik yang digunakan orang untuk berkomunikasi satu sama lain.
* Nilai, yakni standar abstrak tentang sesuatu yang seharusnya dilakukan atau standar yang digunakan orang untuk memutuskan apa yang pantas, baik, indah, dan layak sebagai suatu pedoman hidup sosial.
* Kepercayaan, yakni pemikiran atau ide yang orang anggap benar
* Norma, yakni aturan yang mengatur perilaku manusia. Terdiri atas mores (tentang moral) dan folkways (tentang kesopanan)
* Teknologi, yakni hasil pengetahuan yang digunaan untuk menunjang hidup manusia.

Sifat Kebudayaan
Berikut ini sifat hakikat kebudayaan, diantaranya:

* Kebudayaan bersifat universal, tapi perwujudan kebudayaan memiliki ciri khusus sesuai situasi maupun lokasinya. Artinya, untuk mengaplikasikan suatu kebudayaan, maka harus melihat konteks lokasi dan masyarakat yang bersangkutan
* Kebudayaan bersifat stabil, namun juga dinamis. Seiring perkembangan zaman, tentu saja budaya mengalami perubahan tapi perubahan tersebut umumnya terjadi secara bertahap. Apabila budaya tak berubah mengikuti perkembangan jaman, maka umumnya budaya akan mati dan ditinggalkan sehingga budaya merupakan hal yang dinamis.
* Kebudayaan mengisi dan menentukan jalan kehidupan manusia. Kebudayaan merupakan atribut dari manusia untuk mengisi kehidupan dan membantu kehidupan, akan kebudayaan juga bisa menentukan kehidupan manusia ke depannya.

> Baca Juga : Norma Sosial

Konsep Budaya
Pada abad ke -19, seiring perubahan perilaku dan struktur masyarakat di Eropa, konsep budaya juga mengalami perubahan Perubahan tersebut terjadi akibat dampak dari pesatnya perkembangan teknologi.

Menurut william, konsep budaya menggunakan pendekatan universal yakni konsep budaya mengacu kepada makna bersama yang terpusat pada makna sehari-hari seperti nilai, benda material, simbolis dan norma.

John Storey mengemukakan konsep budaya sebagai secara politis ketimbang estetis, konsep budaya diartikan sebagai teks dan praktik hidup sehari-hari.

Konsep kebudayaan dipelajari di ilmu budaya juga diberbagai bidang disiplin ilmu terutama ilmu sosial humaniora seperti antropologi, sosiologi, sejarah dan arkeologi.

Jenis-Jenis Kebudayaan
Ada dua macam kebudayaan, yaitu:

Kebudayaan Material
Kebudayaan material adalah hasil kebudayaan fisik yang diciptakan oleh manusia, seperti senjata, rumah adat, alat transportasi dan sebagainya.

Kebudayaan Nonmaterial
Kebudayaan nonmaterial adalah kebudayaan yang berupa ide atau gagasan yang berbentuk abstrak dan tidak berwujud fisik, seperti nilai dan kepercayaan.

Wujud Kebudayaan
Berdasarkan pendapat J.J. Hoenigmen, wujud ideal kebudayaan meliputi:

* Berwujud gagasan, ide, nilai, norma yang bersifat abstrak dan terletak pada pemikiran masyarakat.
* Berwujud aktivitas atau tindakan dari masyarakat yang disebut juga dengan sebagai sistem sosial.
* Berwujud fisik atau materi yang disebut artefak.

Sedangkan, wujud kebudayaan menurut Koentjaraningrat, berupa:

* Nilai budaya, yaitu gagasan yang dipelajari sejak dini dan sulit untuk diubah.
* Sistem budaya
* Sistem sosial yakni pola interaksi manusia.
* Kebudayaan fisik yakni wujud budaya yang bersifat konkret seperti candi, kesenian, dan sebagainya.

Perubahan Budaya
Budaya bersifat dinamis dan seringkali berubah. Ada beberapa hal yang mempengaruhi perubahan budaya, diantaranya yaitu:

* Inovasi (Invention), yakni penemuan atau penciptaan hal baru umumnya berupa teknologi. Seperti penemuan dan penciptaan telepon.
* Penemuan (Discovery), yakni penemuan terhadap benda atau fenomena yang telah ada sebelumnya misalnya penemuan Benua Amerika oleh Colombus.
* Difusi, yakni proses penyebaran unsur kebudayaan seperti penyebaran budaya KPOP ke berbagai penjuru dunia.

> Baca Juga : Kelompok Sosial

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian kebudayaan menurut para ahli, karakteristik, unsur, sifat, jenis, perubahan dan wujud kebudayaan secara lengkap. Semoga bermanfaat