Blog

Pengertian Hotel Beserta Jenis Dan Karakteristiknya

Pada artikel kali ini, Sedulur akan diajak untuk mencari tahu tentang pengertian hotel. Sedulur pastinya sudah tidak asing lagi dengan hotel. Hotel menjadi rumah kedua atau rumah sementara bagi orang-orang yang sedang bepergian ke wilayah baru. Hotel pun dapat menjadi tempat wisata dan mengasingkan diri sejenak dari kesibukan sehari-hari, atau yang sempat viral dengan sebutan staycation.

Namun, lebih daripada itu, hotel memiliki pengertian yang lebih luas. Terdapat pula beberapa jenis hotel dan karakteristiknya yang jarang kita ketahui. Langsung saja kita bahas pengertian hotel di bawah ini, yuk!

BACA JUGA: Apa Arti Kode 831? Kode Unik untuk Ungkapkan Rasa Sayang

Pengertian hotel secara umum
DepositphotosMengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan. Kamus tersebut juga menambahkan definisi hotel yang lain, yaitu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.

Dari sumber yang lain, dapat kita ketahui bahwa hotel merupakan sebuah tempat yang menyediakan tempat tinggal berbayar sementara dengan fasilitas-fasilitas tertentu yang telah disediakan di kamar. Fasilitas tersebut pun bermacam-macam, mulai dari yang ala kadarnya hingga yang lengkap seperti tempat tidur berkualitas, bath tub, dapur, ruang tamu, ruang makan, fasilitas hiburan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya fasilitas dalam kamar, terdapat juga berbagai fasilitas umum di luar kamar yang hotel sediakan. Semakin mahal biaya menginap di suatu hotel, biasanya fasilitas umum yang ditawarkan akan semakin bermacam-macam, seperti kolam renang, pusat kebugaran, pusat refleksi, dan lain-lain.

Kata hotel sendiri ternyata asal mulanya adalah dari bahasa Prancis, hôtel, yang kemudian diadopsi oleh bahasa Inggris (hostel, lalu menjadi hotel) lalu ke bahasa Indonesia. Hôtel dalam bahasa Prancis juga menjadi asal kata hospital dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, tidak heran bahwa hôtel dulunya di Prancis tidak hanya menyediakan tempat tinggal, namun juga perawatan sekaligus.

Sejarah hotel sendiri tergolong salah satu yang panjang. Beberapa literatur telah menunjukkan adanya hotel sejak lama. Seperti di Jepang, Nishiyama Onsen Keiunkan yang dinobatkan menjadi hotel tertua dibangun pada tahun 705 M.

Sejarah hotel juga dapat ditemukan di dunia Barat, dimana mayoritas hotel menawarkan beberapa fasilitas lebih dari sekedar tempat menginap bagi para pelancong dan musafir. Semakin waktu berjalan, hotel pun semakin mengikuti perkembangan zaman hingga menjadi hotel yang kita ketahui sekarang.

BACA JUGA: Cara Menghitung Average Margin Beserta Rumus & Contohnya

Pengertian hotel menurut para ahli
DepositphotosSebelumnya telah kita bahas mengenai pengertian hotel menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, dimana kamus tersebut menyebutkan bahwa hotel adalah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan.

Namun, pengertian hotel tidak terbatas pada definisi yang diungkapkan kamus tersebut saja. Terdapat beberapa definisi lain dari sebuah hotel yang dijelaskan oleh ahli-ahli berikut ini.

1. Surat Keputusan Menteri Perhubungan RI No. PM.10/PW.301/PHB-77
Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial. Hotel sendiri diperuntukkan bagi semua orang yang membutuhkan pelayanan. Pelayanan tersebut dapat berupa penginapan, pelayanan makanan, dan pelayanan minuman.

2. Surat Keputusan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi No. KM 94/HK103/MPPT 1987
Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian (bangunan) yang dimilikinya. Hotel menyediakan berbagai macam jasa, seperti pelayanan untuk penginapan, penyediaan makanan dan minuman, serta jasa-jasa lainnya yang diberikan kepada masyarakat umum. Hotel sendiri dikelola secara komersial dan ditujukan untuk mendapat keuntungan.

3. Oxford Learner’s Dictionary
Pada poin ini kita akan mengulas pengertian hotel menurut kamus Oxford. Mengutip dari kamus Oxford Learner’s Dictionary, hotel merupakan sebuah bangunan dimana orang-orang biasa tinggal dalam waktu yang pendek, membayar kamar mereka dan berbagai makanan atau minuman yang dipesan.

4. American Hotel and Lodging Association
Hotel adalah sebuah tempat yang menyediakan beberapa fasilitas, seperti penginapan, makanan, dan minuman. Hotel juga akan memberikan berbagai pelayanan di kamar yang akan disewakan kepada tamu-tamu. Terdapat juga beberapa pelayanan khusus bagi tamu yang memutuskan untuk tinggal sementara di hotel tersebut.

5. Endar Sugiarto dan Sri Sulastriningrum
Hotel merupakan tempat yang dikelola secara komersial dan digunakan untuk memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum. Selain fasilitas penginapan, terdapat juga fasilitas lain, seperti pelayanan barang bawaan, pelayanan makan dan minum, peralatan hotel, hiasan hotel, dan penatu.

BACA JUGA: Surat At Tin Lengkap dengan Terjemahan & Kandungannya

Karakteristik hotel
DepositphotosJika ditelisik lebih lanjut, terdapat beberapa karakteristik yang dimiliki oleh sebuah hotel, terutama jika dilihat dari sudut pandang industri. Karakteristik tersebut jarang dimiliki oleh industri-industri lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari karakteristik hotel.

1. Membutuhkan modal yang besar
Industri hotel adalah sebuah industri yang membutuhkan modal yang besar. Sedulur hampir tidak bisa melakukan pengelolaan hotel sehari-hari jika hanya menggunakan modal usaha yang kecil. Selain itu, industri hotel juga membutuhkan sumber daya manusia yang tergolong banyak.

2. Dipengaruhi keadaan
Perkembangan dan keberlangsungan hotel sebagai industri juga tidak lepas dari keadaan-keadaan di sekitar industri tersebut. Beberapa faktor keadaan yang mempengaruhi industri hotel adalah ekonomi, sosial, politik, budaya atau keamanan dimana hotel tersebut ada.

3. Teknik pemasaran dilakukan secara bersama
Beberapa hotel akan melakukan pemasaran jasanya secara bersamaan di tempat-tempat tertentu yang berpotensi untuk mendapatkan pelanggan.

4. Beroperasi 24 jam penuh
Sesuai dengan jasa yang ia tawarkan, hotel akan beroperasi selama 24 jam penuh. Waktu operasi tersebut juga termasuk hari libur. Hal itu tidak lain menunjukkan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan dan menikmati berbagai fasilitas pelayanan hotel di setiap waktu.

5. Memberikan pelayanan prima
Karena industri hotel bertumpu pada jasa pelayanan, maka setiap orang yang bekerja di hotel perlu memberikan pelayanan prima kepada para tamu. Kesuksesan hotel sangat bergantung terhadap pelayanan. Ketika pelayanan baik, maka akan semakin banyak tamu yang datang. Semakin banyak tamu yang datang, maka pendapatan hotel akan semakin besar.

BACA JUGA: 12 Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia, Hewan, dan Lingkungan

Jenis-jenis hotel
DepositphotosDari waktu ke waktu, hotel berkembang mengikuti zaman dan juga permintaan pelanggan. Hotel modern sendiri setidaknya terbagi menjadi empat jenis, yaitu city hotel, residential hotel, resort hotel, dan juga motel. Apa saja pengertian hotel dari setiap jenisnya tersebut?

1. City hotel
UnsplashCity hotel adalah hotel yang terletak di daerah perkotaan. Biasanya digunakan oleh para tamu untuk tinggal sementara saja. Beberapa ada yang menyebut city hotel sebagai transit hotel. Hal tersebut berkaitan dengan sangat singkatnya orang-orang perkotaan atau bisnis yang tinggal di hotel lalu pergi kembali melanjutkan aktivitasnya.

2. Residential hotel
UnsplashResidential hotel adalah hotel yang terletak di daerah pinggiran kota. Biasanya digunakan oleh para tamu untuk tinggal agak sedikit lama. Lokasinya juga tergolong mudah untuk dicapai agar terkoneksi langsung dengan berbagai infrastruktur umum di kota. Residential hotel akan menyediakan berbagai fasilitas yang akan bermanfaat bagi para tamu yang tinggal agak sedikit lama.

3. Resort hotel
UnsplashResort hotel adalah hotel yang terletak di lokasi-lokasi wisata, seperti pegunungan, pantai, dan wilayah lain. Hotel ini berfokus pada industri wisata, dengan menyediakan fasilitas penginapan dan fasilitas lain yang didesain untuk para wisatawan. Beragam hal yang ditawarkan oleh resort hotel menjadikannya salah satu tempat yang cocok untuk ditinggali sementara pada saat berwisata.

4. Motel
UnsplashMotel sendiri sebenarnya adalah kata di dalam bahasa Inggris. Ia merupakan singkatan dari motorists’ hotel. Konsep motel sendiri sebenarnya mirip dengan city hotel. Namun, motel tidak terletak di perkotaan, tetapi di jalan-jalan penghubung antara satu kota dengan kota lainnya.

Motel menawarkan tempat menginap bagi para pelancong, terutama di malam hari, sehingga mereka tidak perlu bermalam di jalan. Diketahui, konsep motel ini pertama kali berkembang di Inggris dan juga Amerika Serikat.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi tentang pengertian hotel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.