Blog

Pengertian Grafik Menurut Para Ahli Dan Jenis Grafik

Pengertian Grafik menurut Para Ahli dan Jenis Grafik – Grafik merupakan kombinasi angka, huruf, lambang, gambar, lambang, kata, dan lukisan yang disajikan dalam satu media untuk memberikan konsep dan ide dari pengirim kepada target dalam proses penyampaian pengumuman.

Sumber : pelajaran.co.idsignaturebar – Ada lagi pengertian grafik, yaitu urutan visualisasi objek yang membentuk tabel. Tabel yang terdiri dari angka dapat ditampilkan atau ditampilkan dalam sebuah bentuk gambar, seperti garis, lingkaran, batang, dll. Definisi ketiga adalah menggunakan garis atau gambar untuk menggambarkan situasi atau pasang surutnya data yang ada. Grafik dibagi menjadi 3 “tiga” jenis, termasuk grafik: batang, garis dan lingkaran.

Biasanya yang dimaksud grafik ini adalah kumpulan sebuah data dari beberapa tabel, yang ditampilkan atau ditampilkan dalam sebuah bentuk gambar, seperti kotak, lingkaran, segitiga, balok, kerucut, dll.

Dilansir dari pendidikan.co.id, “Pengertian grafik” adalah kumpulan data dari beberapa tabel, yang akan ditampilkan atau ditampilkan dalam bentuk gambar, seperti kotak, lingkaran, tabung, segitiga, balok, kerucut atau bentuk lainnya. Grafik juga biasanya diartikan sebagai frame atau gambar, yang akan digunakan untuk membuat objek visualisasi berdasarkan data pada tabel untuk memberikan informasi tentang data dari penyedia materi ke penerima materi.

Selain itu, grafik biasanya diartikan sebagai gambar bergelombang atau mengalir dari data yang ada, atau digambar dengan garis atau gambar. Data yang digunakan untuk membuat grafik dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, simbol, kata, atau gambar.

Pengertian Grafik Menurut Para Ahli
Sumber : kotakpintar.comUntuk pemahaman lebih lanjut, kita dapat merujuk pada beberapa pendapat para ahli pada tabel ini. Para ahli memiliki banyak pemahaman tentang grafik, termasuk yang berikut:

Wai & Kaicher (1976)
Dinyatakan bahwa pengertian gambar ini adalah gambar yang tersusun dari titik-titik dan garis-garis yang menghubungkan titik-titik tersebut.

Wilson (1998)
Direkomendasikan bahwa grafik adalah garis horizontal dan vertikal yang menghubungkan dua titik.

Selby (1979)
Ia menyarankan agar grafik merupakan alat yang dapat mengungkapkan dua atau lebih jenis data.

Harper (1988)
Disarankan untuk memahami bahwa grafik merupakan alat yang menampilkan sebuah data berupa garis atau kurva yang menghubungkan satu variabel dengan sebuah variabel lainnya.

Sudarso
Grafik adalah semua representasi visual yang digunakan untuk membandingkan jumlah data pada waktu yang berbeda.

Murray
Grafik berfungsi sebagai representasi grafik dari hubungan antar variabel.

Murray R. Spiegel dan Larry J. Stephens (Larry J. Stephens)
Grafik adalah rangkaian gambar yang menunjukkan hubungan antar variabel.

Hery Sonawan
Grafik adalah ilustrasi data yang digambar dalam bidang yang menghubungkan dua variabel atau lebih.

Sampranto
Grafik adalah gambar yang secara visual menampilkan data dalam bentuk digital (dan mungkin dengan simbol), dan data ini biasanya juga berasal dari tabel yang telah disiapkan.

Yudhy Wicaksono
Grafik adalah model yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk visual, yang banyak digunakan di berbagai bidang profesional.

Kathleen Meehan Arias
Grafik adalah berbagai metode untuk memvisualisasikan data kuantitatif.

Jenis Jenis Grafik
Sumber : 202.70.136.161:8106Grafik Batang

Grafik batang merupakan jenis grafik yang menggambarkan beberapa data tersebut ke dalam bentuk batang. Grafik batang atau histogram ini merupakan jenis grafik yang paling sederhana serta juga sangat mudah untuk dapat kita pahami.

Grafik batang ini digunakan untuk dapat memperlihatkan sebuah perbedaan dengan jelas tentang tingkat suatu nilai dari beberapa aspek pada sebuah data tersebut.

Panjang batang pada grafik batang ini menunjukkan persentase atau jumlah data, dan lebar batang mewakili ukuran yang sama seperti semua batang. Pada umumnya data yang digunakan untuk perbandingan yakni tidaklah banyak, maksimal 8 data.

Pada grafik batang, apabila data yang digunakan lebih dari satu maka untuk memperjelas data yang satu dengan data yang lain ialah dengan memberi warna yang berbeda-beda pada tiap batangnya.

Grafik kolom yang menggunakan kolom vertikal tersebut untuk menampilkan rasio angka antar kategori dan jumlah kolom tidak boleh terlalu besar (jika label terlalu banyak, label sumbu mungkin terlihat tidak lengkap).

Keuntungan dari histogram adalah menggunakan ketinggian kolom untuk menunjukkan sebuah perbedaan datanya, karena didalam mata manusia sangatlah peka terhadap perbedaan suatu ketinggian. Grafik ini cuma memiliki 1 keterbatasan, grafik ini hanya cocok dipakai untuk data set ukuran kecil sampai medium.

Proporsi dari beberapa populasi. Jenis data yang seperti ini dapat disajikan dalam sebuah bentuk grafik yang di mana setiap populasi akan diwakilkan oleh satu batang grafik dengan nilai maksimum 100 dan nilai produksinya adalah 0 hingga 100.

Menggambarkan perkembangan Suatu data. Meskipun data muncul dalam bentuk tumbuh atau berkembangnya sesuatu, biasanya disajikan dalam bentuk grafik garis, namun grafik batang juga dapat digunakan sebagai penyajian sebuah data pertumbuhan dan melihat hasil perbandingan.

Perbandingan individu dalam satu kelompok. Contoh data untuk kasus perbandingan, misalnya 5 pegawai bank akan ditugaskan untuk mencari kreditur baru. Masing-masing pegawai yang ada harus mendapatkan kreditur sebanyak hingga 10 orang.

Melalui perbandingan tersebut, dapat disajikan grafik batang dengan gambar masing-masing orang, dan diwakili oleh grafik batang dengan nilai 0 hingga 10. Artinya jika sudah terpenuhi 10 maka target 10 orang kreditur sudah tercapai. Kelebihan dari grafik tersebut adalah mampu menjelaskan sebuah informasi yang lebih banyak dibandingkan jenis grafik lain.

Grafik Balok

Diagram batang mirip dengan diagram kolom, tetapi diagram batang memungkinkan penggunaan diagram batang secara ekstensif. Jika dibandingkan dengan bagan kolom, posisi kedua sumbu pada bagan tersebut akan berubah. Contoh penggunaan: perbandingan data (karena ada banyak ruang pada sumbu Y, nama kategori dapat diperluas)

GRAFIK GARIS

Grafik garis adalah jenis grafik yang menggambarkan beberapa data dalam bentuk garis atau kurva. Grafik garis digunakan untuk menggambarkan suatu penampilan perkembangan atau perubahan data dari waktu ke waktu. Grafik garis memiliki sebuah 2 sumbu utama yaitu sumbu X dan sumbu Y.

Sumbu X digunakan untuk menunjukkan waktu sebuah pengamatan. Sedangkan dalam sumbu Y digunakan untuk menunjukkan sebuah nilai dari hasil pengamatan pada waktu ke waktu tertentu. Waktu serta hasil pengamatan dibuat dengan titik-titik pada bidang XY. Kemudian dari masing-masing titik yang berdekatan tersebut dihubungkan dengan sebuah garis, sehingga akan menghasilkan sebuah grafik garis.

Diagram garis digunakanebagai tampilan perubahan data selama periode waktu tertentu, yang dapat direpresentasikan dengan menampilkan perubahan data selama periode waktu tertentu atau tren kategori umum.

Harap diperhatikan bahwa jumlah data pada diagram garis harus melebihi 2, yang dapat digunakan sebagai ukuran standar volume data yang besar, dan garis pada diagram yang sama tidak boleh melebihi 5.

Diagram garis biasanya digunakan untuk menampilkan data berupa informasi tren atau perkembangan dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan grafik garis kita dapat melihat adanya sebuah trend menaik atau menurun pada suatu data didalam waktu yang tertentu. Grafik garis tersebut memiliki visualisasi yang kurang menarik dibandingkan dengan suatu grafik lingkaran. Namun saat bicara tentang cocok atau tidaknya penggunaan grafik itu tergantung dari jenis data yang Anda akan ditampilkan.

Grafik Area

Grafik area yang dibentuk beralasan grafik garis. Grafik mengisi area senbuah polyline serta sumbu pada grafik polyline dengan warna. Isi warna untuk memperjelas informasi di bagan.

Warna yang digunakan dalam diagram area harus memiliki sebuah tingkat transparansi tingkat tertentu. Transparansi tersebut dapat membantu pemakai mengamati hubungan yang tumpang tindih sebuah rangkaian yang berbeda. Jika transparansi tidak diterapkan, informasi akan terhalang oleh warna solid.

Grafik Pie

Bagan lingkaran banyak digunakan di berbagai bidang untuk menunjukkan proporsi kategori yang berbeda dan membandingkan kategori berbasis busur.

Diagram garis tidak cocok untuk data dengan banyak kategori, karena untuk banyak kategori, perbedaan ukuran diagram lingkaran untuk setiap kategori menjadi tidak jelas. Bagan lingkaran juga dapat dibuat menjadi bagan pai multi-lapis, bagan pai ini menunjukkan proporsi setiap kategori, sekaligus menunjukkan hubungan antar kategori.

Scatter Plot

Scatter plot menampilkan dua variabel dalam bentuk titik pada sistem koordinat suatu persegi panjang. Posisi titik tersebut ditentukan berdasarkan nilai variabel. Dengan mengamati distribusi data titik, kita dapat menyimpulkan korelasi antara variabel. Pembuatan scatter plot memerlukan banyak data, jika tidak, korelasi menjadi tidak jelas.

Grafik Gelembung

Grafik gelembung adalah grafik dengan banyaknya perubahan, dan perubahan ini merupakan varian dari dcatter plot. Perbedaannya adalah bahwa nilai variabel diwakili oleh sumbu X dan Y, dan luas di setiap balon mewakili data ketiga.

Perlu untuk diketahui bahwa ukuran gelembung terbatas, terlalu banyak gelembung akan membuat grafik sulit untuk dibaca.

Gauge

Gauge dalam visualisasi data adalah bagan konkret. skala mewakili pengukuran, penunjuk mewakili ukuran, dan sudut mewakili nilai. Grafik ini dapat menampilkan sebuah progres atau situasi yang sebenarnya dari sebuah indikator. Gauge tersebut cocok dipakai untuk membandingkan secara interval. Gauge tersebut juga dapat berupa cincin atau tabung yang menunjukkan skala tersebut.

Grafik Radar

Grafik radar digunakan sebagai membandingkan beberapa variabel dengan angka tertentu untuk memahami suatu variabel mana yang memiliki nilai yang sama atau memiliki nilai batas. Bagan radar juga dapat membantu mengamati variabel mana dalam kumpulan data yang memiliki nilai lebih tinggi atau lebih rendah. Grafik radar tersebut cocok dipakai dalam menunjukkan progres kinerja kerja.

Grafik radar adalah salah satu grafik yang dapat digunakan untuk melihat sebaran data, umumnya juga disebut sebagai grafik laba-laba. Kadang-kadang tergantung pada penyebaran data atau yang disebut peta lapisan luar, yang sangat cocok untuk digunakan.

Penerapan grafik ini biasanya digunakan untuk melihat kinerja atau perkembangan kualitas personel, seperti kinerja karyawan, seorang pemain sepak bola, dan lain-lain. Bagan radar juga memiliki kolom yang dapat ditumpuk, yang dapat digunakan untuk membandingkan kategori dan rangkaian dalam dua arah, dan menampilkan skala pada saat yang bersamaan.

Diagram Bingkai

Diagram bingkai adalah cara visual untuk menampilkan hirarki atau urutan dalam bentuk struktur pohon yang dengan jelas menunjukkan hubungan hirarkis.

Diagram Pohon Persegi

Diagram pohon persegi panjang cocok untuk menampilkan data hierarki dan secara intuitif dapat mencerminkan perbandingan antara level yang setara. Dibandingkan dengan sebuah diagram pohon tradisional, diagram pohon persegi panjang tersebut membuat penggunaan ruang yang lebih efektif dengan fungsi tampilan proporsional.

Diagram pohon persegi panjang juga cocok untuk menampilkan sebuah hirarki dengan hubungan yang berat. Jika proporsi tidak perlu ditampilkan, diagram bingkai mungkin lebih jelas.

Grafik Corong

Grafik corong itu menunjukkan sebuah proporsi dari setiap tingkat serta secara visual mencerminkan sebuah ukuran masing-masing sebuah modul. Grafik tersebut cocok untuk membandingkan peringkat. Di saat yang sama, grafik corong juga dapat digunakan sebagai perbandingan. Kami mengatur beberapa diagram corong secara horizontal dan hasilnya, perbedaan data nampak dengan sangat jelas.

Grafik Word Cloud

Word cloud adalah representasi visual dari data bentuk teks.Tampilannya berwarna, grafik seperti awan, dan terdiri dari banyak kata. Grafik ini digunakan untuk menampilkan sebuah data formulir teks dalam jumlah besar dan membantu pengguna menampilkan teks yang paling menonjol dengan cepat.

Peta awan kata memerlukan banyak data, dan tingkat perbedaan datanya relatif besar, jika tidak, efeknya mungkin tidak jelas, dan peta ini tidak cocok untuk analisis yang akurat.