Blog

Pengertian Fungsi Prinsip Dan Contohnya

Pengertian Etika Profesi
Apa yang dimaksud dengan etika profesi (professional ethics)? Secara umum, pengertian etika profesi adalah suatu sikap etis yang dimiliki seorang profesional sebagai bagian integral dari sikap hidup dalam mengembang tugasnya serta menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

Etika profesi atau kode etik profesi sangat berhubungan dengan bidang pekerjaan tertentu yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau konsumen. Konsep etika tersebut harus disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berada di lingkup kerja tertentu, misalnya; dokter, jurnalistik dan pers, guru, engineering (rekayasa), ilmuwan, dan profesi lainnya.

Kode etik profesi ini berperan sebagai sistem norma, nilai, dan aturan profesional secara tertulis yang dengan tegas menyatakan apa yang benar/ baik, dan apa yang tidak benar/ tidak baik bagi seorang profesional. Dengan kata lain, kode etik profesi dibuat agar seorang profesional bertindak sesuai dengan aturan dan menghindari tindakan yang tidak sesuai dengan kode etik profesi.

Baca juga: Pengertian Etika

Agar kita lebih memahami apa itu etika profesi, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Anang Usman, SH., MSi
Menurut Anang Usman, SH., MSi, etika profesi adalah sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka kewajiban masyarakat sebagai keseluruhan terhadap para anggota masyarakat yang membutuhkannya dengan disertai refleksi yang seksama

2. Siti Rahayu
Menurut Siti Rahayu (2010), pengertian etika profesi adalah kode etik untuk profesi tertentu dan karenanya harus dimengerti selayaknya, bukan sebagai etika absolut.

3. Kaiser
Menurut Kaiser (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7), pengertian etika profesi adalah sikap hidup berupa keadilan untuk memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat dengan penuh ketertiban dan keahlian sebagai pelayanan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban terhadap masyarakat.

Baca juga: Pengertian Profesi

Prinsip Dasar Etika Profesi
Terdapat beberapa prinsip dasar yang menjadi landasan dalam pelaksanaan kode etik profesi. Adapaun prinsip-prinsip etika profesi adalah sebagai berikut:

1. Prinsip Tanggung Jawab
Setiap profesional harus bertanggungjawab terhadap pelaksanaan suatu pekerjaan dan juga terhadap hasilnya. Selain itu, profesional juga memiliki tanggungjawab terhadap dampak yang mungkin terjadi dari profesinya bagi kehidupan orang lain atau masyarakat umum.

2. Prinsip Keadilan
Pada prinsip ini, setiap profesional dituntut untuk mengedepankan keadilan dalam menjalankan pekerjaannya. Dalam hal ini, keadilan harus diberikan kepada siapa saja yang berhak.

3. Prinsip Otonomi
Setiap profesional memiliki wewenang dan kebebasan dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan profesinya. Artinya, seorang profesional memiliki hak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan kode etik profesi.

4. Prinsip Integritas Moral
Integritas moral adalah kualitas kejujuran dan prinsip moral dalam diri seseorang yang dilakukan secara konsisten dalam menjalankan profesinya. Artinya, seorang profesional harus memiliki komitmen pribadi untuk menjaga kepentingan profesinya, dirinya, dan masyarakat.

Baca juga: Pengertian Wiraswasta

Fungsi dan Tujuan Etika Profesi
Menurut Undang-Undang RI No. 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari. Mengacu pada hal tersebut, maka fungsi dan tujuan etika profesi adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Kode Etik Profesi
* Sebagai pedoman bagi semua anggota suatu profesi tentang prinsip profesionalitas yang ditetapkan.
* Sebagai alat kontrol sosial bagi masyarakat umum terhadap suatu profesi tertentu.
* Sebagai sarana untuk mencegah campur tangan dari pihak lain di luar organisasi, terkait hubungan etika dalam keanggotaan suatu profesi.

2. Tujuan Kode Etik Profesi
* Untuk menjungjung tinggi martabat suatu profesi.
* Untuk menjaga dan mengelola kesejahteraan anggota profesi.
* Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
* Untuk membantu meningkatakan mutu suatu profesi.
* Untuk meningkatkan pelayanan suatu profesi di atas keuntungan pribadi.
* Untuk menentukan standar baku bagi suatu profesi.
* Untuk meningkatkan kualitas organisasi menjadi lebih profesional dan terjalin dengan erat.

Baca juga: Manajemen Kinerja

Contoh Etika Profesi
Sebagai contoh, kita dapat mengambil etika profesi kedokteran yang mengatur prinsip-prinsip moral dan etik dalam menjalankan kegiatan kedokteran. Dalam hal ini, lingkup kode etik profesi kedokteran mencakup perilaku dokter terhadap pasien, keluarga, masyarakat, teman sejawat, dan mitra kerjanya.

Berikut ini contoh kode etik profesi kedokteran secara umum;

1. Kewajiban Dokter

* Memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar prosedur operasional serta kebutuhan medis pasien.
* Memberikan rujukan bagi pasien ke dokter lain yang memiliki keahlian yang lebih baik bila diperlukan.
* Menjaga kerahasiaan pasien, bahkan setelah pasien tersebut meninggal dunia.
* Memberikan pertolongan darurat atas dasar kemanusiaan, kecuali bila ada pihak lain yang bertugas dan mampu melakukannya.
* Meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang ilmu kedokteran.

2. Larangan Bagi Dokter

* Memuji kemampuan atau keahlian diri sendiri.
* Ucapan atau tindakan yang dapat melemahkan daya tahan pasien.
* Mengumumkan dan melakukan suatu teknik kedokteran yang belum diuji kebenarannya.
* Melepaskan kemandirian profesi karena pengaruh tertentu.
* Mengambil alih pasien tanpa persetujuan teman sejawat.
* Menetapkan imbalan atas jasanya secara tidak wajar.
* Melakukan diskrimininasi dalam melakukan pelayanan.
* Melakukan kolusi dengan perusahaan farmasi.
* Mengabaikan kesehatannya sendiri.
* Mengeluarkan keterangan palsu, meskipun diminta oleh pasien.
* Melakukan pelecehan seksual terhadap pasien atau orang lain.
* Membocorkan rahasian pasien kepada orang lain.

Baca juga: Manajemen Sumber Daya Manusia

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian etika profesi, fungsi, kode etik, dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.