Blog

Pengertian Disiplin Adalah Tujuan Jenis Dan Manfaat Disiplin

Apa itu disiplin? Apa saja manfaat disiplin? Pengertian disiplin adalah sebuah bentuk tindakan taat dan patuh akan sesuatu yang sesuai dengan nilai, aturan maupun tanggungjawab. Untuk mengetahui arti disiplin secara lebih jelas mari kita baca artikel dibawah ini.

Arti disiplin adalah sebuah kesadaran seseorang untuk mau dan mampu mengendalikan diri dan mematuhi aturan atau nilai-nilai yang telah disepakati, yang berkaitan dengan aturan maupun norma yang berlaku diri sendiri maupun dalam lingkungan sosial.

Dari segi etimologi kata, kata disiplin sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Discere yang artinya belajar. Dalam penerapannya disiplin bisa dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain :

1. Disiplin Pribadi
Disiplin Pribadi adalah kepatuhan seseorang terhadap berbagi unsur yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan membangun sikap positif kepada orang tersebut.

2. Disiplin Sosial
Disiplin Sosial adalah kepatuhan terhadap aturan yang berlaku dalam hubungan bermasyarakat, sejalan dengan norma dalam lingkungan tersebut.

3. Disiplin Nasional
Disiplin Nasional adalah adalah ketaatan suatu bangsa terhadap aturan yang berlaku dalam berbangsa dan bernegara yang menjadi sikap mental dan cerminan suatu bangsa secara keseluruhan.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami pengertian disiplin, mari kita liat definisi disiplin menurut pendapat beberapa ahli berikut ini, diantaranya :

1. Malayu S.P. Hasibuan
Menurut Malayu S.P. Hasibuan, pengertian disiplin adalah kesadaran dan kesediaan orang-orang untuk mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku.

2. Suharsimi Arikunto
Menurut Suharsimi Arikunto, pengertian disiplin adalah sebuah kepatuhan yang ada dalam diri seseorang yang secara sadar dan tanpa adanya paksaan, untuk menjalankan aturan maupun tata tertib yang ada.

3. James Drever
Menurut James Drever, pengertian disiplin adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan perilakunya sesuai dengan norma yang berlaku.

4. Gary Dessler
Menurut Gary Dessler, pengertian disiplin adalah sebuah prosedur yang dibuat untuk mengoreksi atau menghukum seseorang bahawan ketika melanggar aturan.

5. Bejo Siswanto
Menurut Bejo Siswanto, pengertian disiplin adalah suatu sikap menghargai dan menghormati, serta patuh dan taat terhadap peraturan-peraturan yang ada, baik aturan yang tertulis maupun tidak, kemudian mampu menjalankannya dengan baik dan menerima sanksi yang ada ketika melakukan pelanggaran.

Tujuan Disiplin
Melakukan sikap disiplin akan berdampak positif baik bagi diri sendiri maupun terhadap lingkungan sosial. Beberapa tujuan disiplin antara lain :

* Untuk membantu dan mengembangkan pengendalian diri.
* Untuk membuang kebiasaan buruk dalam diri seseorang.
* Untuk menciptakan keteraturan dalam diri seseorang.
* Untuk menciptakan prinsip agar seseorang dapat mencapai sasaran tertentu dalam hidupnya

Jenis Tindakan Disiplin
Tindakan disiplin diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat sosial, yang dampaknya secara langsung akan mempengaruhi semua orang disekitarnya. Tindakan disiplin sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Disiplin Terhadap Waktu
Disiplin waktu adalah bentuk kedisiplinan yang diterapkan seseorang untuk menggunakan waktunya selama 24 jam dalam sehari. Tidak hanya persoalan memulai dan menutup hari dari dan hingga pukul berapa, tetapi juga terhadap hal lainnya yang berhubungan dengan orang lain.

Misalnya menghargai waktu orang lain ketika membuat janji dengan kita, yang artinya kita harus tiba tepat waktu. Atau ketika memiliki pekerjaan dengan batas waktu tertentu, maka sebaiknya dikerjakan sejak awal sehingga tidak dikejar-kejar deadline.

2. Disiplin Terhadap Aturan
Dalam kehidupan sosial, menghargai aturan yang belaku dalam masyarakat adalah sebuah kewajiban. Sebab dengan menaati peraturan-peraturan yang berlaku, akan membangun kerukunan dan keseimbangan ditengah-tengah masyarakat.

Misalnya dengan menjaga ketertiban adan kebersihan lingkungan, atau dengan mengikuti semua aturan di lingkungan tempat tinggal atau tempat bekerja.

3. Disiplin Dalam Berbangsa dan Bernegara
Sikap disiplin dalam berbangsa dan bernegara sangat dibutuhkan oleh semua elemen masyarakat supaya proses pencapaian tujuan pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan berbangsa dan bernegara bisa tercapai.

Misalnya dengan membayar pajak sesuai peraturan yang berlaku maupun menjalankan prosedur administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Atau yang paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah seperti menaati rambu-rambu lalu lintas.

4. Disiplin Dalam Beribadah
Semua agama yang ada di Indonesia mempunyai aturan yang harus ditaati oleh para penganutnya, agar penganut agama tersebut bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya dengan menjalankan pribadatan sesuai dengan aturan dan ketetapan agama yang dianut.

Atau bisa juga dengan menghargai dan menghormati orang yang memiliki keyakinan berbeda dengan kita, baik di ruang publik maupun di ruang tertutup.

Ketika semua hal diatas tadi sudah bisa dilakukan dengan kemauan dan kesadaran penuh oleh setiap orang, maka bisa dipastikan dampak positifnya akan secara langsung terasa baik bagi disi sendiri maupun lingkungan.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat disiplin baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menumbuhkan sikap mandiri.

* Membantu menumbuhkan rasa percaya diri.
* Menumbuhkan sikap patuh terhadap aturan.
* Mengokohkan sikap pengendalian diri menjadi lebih baik.
* Membuat diri menjadi pribadi yang berintegritas dan bertanggungjawab.
* Melahirkan kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik sekaligus memiliki pola hidup yang baik.
* Orang yang diajarkan kedisiplinan sejak dini akan memiliki kepekaan dan kepedulian yang lebih baik dari orang lain.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian disiplin, tujuan, jenis, dan manfaat disiplin dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi informasi kepada pembaca, terlebih mengenai istilah disiplin.