Blog

Pengertian Data Menurut Para Ahli

15 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)– Kita tentu sudah sering mendengar kata data dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata ini biasa kita temukan juga di linkungan sekolah, kantor atau aktifitas lainnya.

Untuk itulah kali ini kami akan membahas tentang data yang dikemukakan oleh beberapa ahli dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Mari kita bahas pengertian data dengan seksama.

berikut ini adalah definisi dari data yang dibahas oleh sang ahli.

1. H.J. Sriyanto
Definisi data menurut H.J. Sriyanto adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

2.Kuswadi Dan E. Mutiara
Definisi data menurut Kuswadi Dan E. Mutiara adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan dapat berupa angka, lambang atau sifat.

3. Anhar
Definisi data menurut Anhar adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

4. Nuzulla Agustina
Definisi data menurut Nuzulla Agustina adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sedah sering terjadi dan berupa berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

5. Lia Kuswayatno
Definisi data menurut Lia Kuswayatno adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari

6. Supriyanto dan Ahmad Muhsin
Definisi data menurut Supriyanto dan Ahmad Muhsin adalah bahan baku dari informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan benda dan lain sebagainya.

7. Arikunto
Definisi data menurut Arikunto adalah semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahkan untuk menyusun sebuah informasi.

8. Kristanto
Definisi data menurut Kristanto adalah suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian

9. Haer Thalib
Definisi data menurut Haer Thalib adalah sekumpulan fakta yang tak lain adalah sebuah kejadian atau kenyataan

10. Zulkifli A.M
Definisi data menurut Zulkifli A.M adalah keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum diolah.

11. Selamet Riyadi
Definisi data menurut Selamet Riyadi adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan dimana data bisa berupa angka-angka atau lambang-lambang.

12. Gordon B. Davis
Definisi data menurut Gordon B. Davis adalah bahan mentah bagi informasi yang dirumuskan sebagai kelompok lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan tindakan-tindakan, hal-hal dan sebagainya. Data dibentuk dari lambang grafis seperti * , $ , & . Data-data disusun untuk mengolah tujuan-tujuan menjadi susunan data, susunan kearsipan dan pusat data/landasan data.

13. The Liang Gie
Definisi data menurut The Liang Gie adalah :

* Data merupakan hal, peristiwa atau kenyataan apapun yang mengandung sesuatu pengetahuan untuk dijadikan sebagai dasar untuk penyusunan keterangan, pembuatan kesimpulan atau penerapan keputusan.
* Data merupakan sebuah ibarat mentah yang melalui pengolahan tertentu lalu menjadi keterangan (informasi).

14. Webster New World Dictionary
Definisi data menurut Webster New Wolrd Dictionary adalah things known or assumed, yang artinya bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap.

15. Wikipedia
Definisi data menurut Wikipedia adalah catatatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latih yang artinya sesuau yang diberikan.

Dalam pemakaian sehari-hari data arrtinya suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini merupakan hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang berupa angka, kata-kata atau citra.

Dalam kaitannya dengan keilmuwan (ilmiah), fakta dijadikan satu untuk menjadi data. Data selanjutnya diolah sehingga bisa diutarakan dengan jelas dan tepat, sehingga bisa dipahami oleh orang lain yang tidak langsung mengalami sendiri, hal ini disebut dengan deskripsi.

Itulah telah saya jelaskan tentang 15 Pengertian Data Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.