Blog

Pengertian Data Dan Informasi Ciri Fungsi Dan Perbedaannya

Pengertian Data dan Informasi, Ciri, Fungsi dan Perbedaannya – Data dan informasi memang tidak asing jika di dengar, banyak dari kita yang tidak mengetahui tentang perbedaan antara keduanya. Bahkan terlebih banyak juga yang tidak mengetahui pengertian atau definisi dari Data ataupun Informasi dengan berbagai alasan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan StudiNews berikut ini.

Data sendiri bisa berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara atau tanda-tanda yang bisa digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data jika informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data merupakan segala sesuatu yang disimpan di dalam memori dengan format tertentu.

Definisi Data
Data merupakan sebuah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, dan terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.

Berikut ini adalah contoh dari Data :

1. Terdapat kecelakaan di persimpangan
2. Persija menang

Definisi Informasi
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya bisa digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi sendiri dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga bisa suatu hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

Berikut ini adalah contoh dari Informasi :

1. Telah terjadi kecelakaan sepeda motor di Persimpangan Lintas Baypass Soekarno Hatta, tadi sore pukul 17:30, korban jiwa sebanyak 2 orang, yang merupakan suami istri dan meninggal ditempat.
2. Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persija dengan Bali United pukul 18:30 tadi berakhir dengan skor 2 : 1 untuk kemenangan Sriwijaya FC.

Berikut dibawah beberapa pengertian data menurut para ahli

John Dearden serta Robert N. Antony
Pengertian data menurut John Dearden Robert N. Antony ialah bentuk jamak dari kata datum atau data item

Jogyanto
Definisi data menurut Jogyanto ialah kenyataan yang menggambarkan suatu peristiwa dan kesatuan nyata.

Slamet Riyadi
Slamet Riyadi mendefinisikan data sebagai kumpulan informasi yang didapat dari pengamatan dimana data dapat berupa angka-angka dan lambang-lambang.

Arikunto
Pengertian data dalam pandangan Arikunto ialah semua angka dan fakta yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.

Berikut dibawah ini beberapa pengertian infomasi menurut para ahli

Anton M. Moeliono
Informasi menurut Anton M.Moeliono ialah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang bisa dijadikan dasar pengamatan analisis atau kesimpulan .

Joner Hasugian
Joner Hasugian mendefinisikan informasi ialah suatu konsep universal dalam jumlah muatan besar yang melibatkan banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing serta terekam pada sejumlah media.

Jordon B. Davis
Pengertian informasi menurut Jordon B. Davis ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata serta bisa dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa yang akan datang.

Kusrini
Informasi menurut Kusrini ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

Ciri-ciri Informasi
Berikut dibawah ini Ciri-ciri Informasi yaitu :

Akurat
Akurat adalah informasi yang diberikan memang sesuai dengan kejadian yang sebenarnya atau fakta. Cara mengecek apakah sebuah informasi termasuk akurat atau tidak sebenarnya cukup gampang. Minta dua orang atau lebih untuk melakukan pengujian. Jika hasilnya sama maka informasi tersebut dapat dipastikan akurat.

Tepat Waktu
Informasi tidak bisa terlambat untuk disampaikan. sebab biasanya informasi mempunyai jangka waktu tersendiri.

Relevan
Informasi yang ditunjukan harus sesuai dengan permintaan penerimanya. contohnya seperti : menyampaikan bahaya narkoba pada kalangan remaja, menyampaikan informasi pemenuhan gizi kepada setiap ibu hamil dll.

Lengkap
Jangan sampai salah, informasi juga harus disampaikan secara lengkap, tidak bisa sebagian saja. sebab informasi yang tidak lengkap dapat menimbulkan salah paham serta mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Fungsi Data
Suatu data tentunya mempunyai beberapa fungsi atau manfaat, fungsi data tersebut antara lain:

Sebagai dasar perencanaan
Adanya data yang valid maka seseorang atau suatu organisasi bisa membuat perencanaan atas dasar data yang telah dimilikinya. sebab data-data tersebut berisi tentang suatu fakta terkait kejadian yang perlu dianalisis dengan benar.

Alat pengendali suatu aktivitas
Kenapa data berguna sebagai alat pengendali? sebab dengan adanya data yang real atau asli dan benar, maka bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menjalankan atau mengendalikan suatu aktivitas, hal ini tentunya untuk meminimalis jalanya aktivitas dari ketidaksesuaian visi dan misi yang sudah ditetapkan.

Fungsi Informasi
ada pun fungsi Informasi ialah sebagai berikut

Menambah pengetahuan
]Informasi sebenarnya sangat bermanfaat sebab membuat seseorang jadi mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak ia ketahui.

Mengurangi informasi yang tidak pasti
Informasi dapat membantu kita untuk mengetahui secara pasti apa yang sedang terjadi. Contohnya seperti informasi tentang perekrutan CPNS pada bulan Agustus. Informasi ini sangat membantu para pelamar kerja sebab mereka jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan serta mengajukan surat lamaran CPNS.

Mengurangi resiko kegagalan
Karena informasi dapat memberikan prediksi tentang apa yang akan terjadi, hal ini akan membantu kita dalam mengantisipasi resiko dan bahaya tertentu. Contohnya sperti di televisi menampilkan informasi tentang gempa yang dapat berpotensi tsunami. Para korban gempa yang mengetahui informasi tersebut bisa segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Memberi standar tertentu
Informasi juga berguna untuk memberi standar atau acuan tertentu sehingga keputusan yang diambil dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Contohnya seperti informasi tentang syarat pengajuan calon kepala daerah. Hal ini akan membantu dalam proses pemilihan kepala daerah agar sesuai dengan standar serta tujuan yang telah diterapkan sebelumnya.

Perbedaan Data dan Informasi
Dari definisi dan contoh yang telah dijelaskan diatas dapat disimpulkan perbedaan antara data dan informasi yaitu : Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau suatu gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak dapat digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi merupakan hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Data tidak dapat digunakan dan ataupun diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.

Memiliki ruang lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai dalam mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, namun informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Data dan Informasi, Ciri, Fungsi dan Perbedaannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.