Blog

Pengertian Dan Fungsi Bahasa Indonesia Lengkap

Indonesia memiliki suku, budaya dan bahasa yang beragam. Namun, Bahasa Indonesia telah menjadi pemersatu bangsa. Sebenarnya apa saja fungsi Bahasa Indonesia selain pemersatu bangsa? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian Bahasa Indonesia
Bahasa merupakan salah satu komponen penting di suatu negara. Kehadirannya memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari manusia, karena digunakan sebagai alat komunikasi antar sesama. Pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia membuat tiga ikrar janji.

Dimana salah satu ikrar tersebut menyatakan bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia sendiri termasuk ke dalam Bahasa Melayu yang kemudian digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai bahasa resmi.

Kemudian setelah lahirnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, Bahasa Indonesia mengalami banyak perkembangan. Mulai dari perkembangan ejaan, perkembangan tata bahasa hingga penyerapan kosakata dari negara lain ke dalam Bahasa Indonesia.

Fungsi dari Bahasa Indonesia
Pada umumnya fungsi dari Bahasa Indonesia terbagi menjadi dua yaitu, berdasarkan kedudukannya sebagai bahasa nasional Indonesia serta kedudukannya sebagai bahasa negara.

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional diantaranya adalah alat perhubungan antar bangsa, identitas nasional, lambang kebanggaan Indonesia serta sebagai alat pemersatu seluruh rakyat Indonesia.

Lihat juga: Text to Speech bahasa Jerman

Sementara, fungsi dari Bahasa Indonesia sesuai kedudukannya sebagai bahasa negara terbagi menjadi empat. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai fungsi dari Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang perlu Anda ketahui:

1. Bahasa Indonesia sebagai Alat Pengantar dalam Pendidikan
Satu fungsi yang utama dari sebuah bahasa adalah sebagai media komunikasi. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi digunakan untuk saling menyampaikan perasaan serta pikiran dengan orang lain sehingga bisa dipahami dengan mudah.

Penerapan dari Bahasa Indonesia ini terlihat dari digunakannya bahasa dalam proses belajar mengajar di Indonesia. Peran Bahasa Indonesia dalam dunia pendidikan begitu penting.

Karena, adanya Bahasa Indonesia memudahkan seluruh anak-anak Indonesia dapat mengerti pelajaran yang mereka pelajari tanpa adanya batasan bahasa. Walaupun, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang masih menggunakan bahasa daerah saat mengajar. Tapi, itulah keberagaman yang indah, bukan?

2. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi Kenegaraan
Fungsi dari Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan memiliki arti bahwa Bahasa Indonesia akan digunakan dalam kegiatan sehari-hari bangsa Indonesia yang mencakup masalah kenegaraan, baik itu secara lisan maupun secara tulisan.

Penerapan fungsi bahasa ini dapat Anda lihat dalam penulisan dokumen, putusan serta surat-surat yang dibuat oleh pemerintah dan badan resmi kenegaraan lainnya.

Sementara, bentuk lisan dari penggunaan bahasa resmi kenegaraan ini adalah saat digunakan untuk menyampaikan pidato kenegaraan oleh presiden atau pejabat negeri lainnya.

3. Bahasa Indonesia sebagai Alat Perhubungan Nasional
Tak hanya berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan yang digunakan oleh pemerintahan serta para pejabat. Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi sebagai perhubungan nasional.

Fungsi bahasa ini menyatakan bahwa Bahasa Indonesia tak hanya digunakan sebagai alat komunikasi bagi pemerintah dan pejabat. Namun, Bahasa Indonesia juga digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai alat komunikasi.

Bahasa Indonesia telah menjadi alat perhubungan antara masyarakat Indonesia yang berasal dari daerah, suku serta latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda.

4. Bahasa Indonesia sebagai Alat Pengembangan Kebudayaan dan Pengetahuan
Seperti fungsinya sebagai alat pengantar dalam pendidikan, Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi untuk mengembangkan budaya serta pengetahuan bangsa sebagaimana disampaikan tim dari Kemdikbud.co.id.

Dengan adanya Bahasa Indonesia, masyarakat Indonesia bisa membina serta mengembangkan kebudayaan nasional hingga dikenal sampai ke seluruh dunia tanpa menghilangkan identitas dari masing-masing daerah maupun sukunya.

Keberadaan Bahasa Indonesia telah banyak memudahkan kehidupan masyarakatnya. Tak heran fungsi Bahasa Indonesia juga begitu kuat untuk mempersatukan bangsa.