Blog

Pengantar Sosiologi

PENGANTAR SOSIOLOGI

Sosiologi itu sebenarnya ilmu mengenai apa si? masih binggung yuk! bahas sama-sama. Pertama yang paling penting adalah mempelajari dalam sesuatu yang baru adalah (apa,kapan,dimana,siapa,kenapa,dana bagaimana) dengan memahami poin-poin berikut secara perlahan kita memahami persoalan keseluruhan materi yang kita akan bahas tentang Sosiologi ,dasarnya Ilmu Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sosial masyarakat seperti tingkah laku,sifat,perilaku orang,struktur sosial dan proses terjadinya komunikasi sosial.

Istilah Sosiologi pertama kali dikenalkan oleh Auguste Comte, kata sosiologi berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari kata ‘socius’ yang artinya masyarakat, dan ‘logos’ yang artinya ilmu Jika digabungkan, sosiologi berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Sosiologi tergolong ilmu yang fleksibel. Hal ini bisa dilihat dari sifatnya yang tersusun dari penelitian-penelitian ilmiah yang bersifat kaku namun bisa dikritik oleh publik karena sosiologi adalah ilmu yang berisi tentang pengetahuan kemasyarakatan, oleh karena itu selalu dinamis dan dapat diubah-ubah sesuai dan seiring dengan perkembangan yang terjadi di dalam objek penelitiannya.

Menurut Berger dan Berger 1981 , Sosiologi sendiri muncul akibat tekanan/ancaman yang dirasakan oleh masyarakat terhadap hal-hal dan nilai-nilai yang selama ini sudah dianggap benar dan nyaman dalam tatanan kehidupan mereka, khususnya dalam bidang sosial. Renungan sosiologis dimulai ketika masyarakat mulai mengalami goncangan/krisis terhadap nilai-nilai dan prinsip hidup yang mereka pegang, atau “threats to the taken-for-granted world”,

Sementara itu, sosiologi memiliki beragam pengertian dari para ilmuwan. Sesuai dengan siapa yang mencetuskan teori dasarnya, definisi tersebut mengikuti tokoh yang menyampaikannya. Berikut ini merupakan definisi sosiologi menurut beberapa ahli ilmuwan sosial.

Émile Durkheim merupakan tokoh yang memperluas sosiologi menjadi sebuah disiplin ilmiah. Ia memandang bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mengkaji fakta di masyarakat dan dapat menjadi institusi sosial dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Meskipun tidak secara eksplisit mendefinisikan apa itu sosiologi, Karl Marx dalam karyanya yang berjudul The Communist Manifestomenyatakan bahwa sosiologi dapat dijadikan senjata untuk membebaskan masyarakat dari kurungan sistem kapitalisme sehingga dapat tercapai masyarakat tanpa kelas.

Max Weber memiliki pandangan bahwa sosiologi dapat digunakan sebagai suatu kajian yang dapat melihat tindakan sosial. Dengan demikian, fenomena-fenomena sosial tertentu dapat dijelaskan sebab-akibatnya dan masih banyak lagi tokoh-tokoh ilmuwan penting lainnya yang mempunyai peran penting dalam Ilmu Sosiologi atau sosial di dunia.

Move on! yuk, kita akan membahas pokok penting Sosiologi yaitu Fakta sosial, Tindakan sosial, Khayalan sosial, Realitas sosial, Proses sosial, Struktur sosial, Perubahan sosial dan terakhir adalah Interaksi sosial ,berikut penjelasan nya simak baik-baik ya..

Fakta sosial sebagai pedoman dalam bertindak serta berpikir yang muncul dari luar individu dan mempunyai kekuatan memaksa atas individu tersebut ,fakta sosial bisa dianggap sebagai sebuah aturan yang mengikat sehingga wajib diikuti dan ditaati sekaligus dilaksanakan dengan baik.

Tindakan sosial merupakan tindakan yang dilakukan atas dasar mempertimbangkan perilaku orang lain.Secara sederhana, tindakan sosial bisa diartikan sebagai respon atau reaksi yang terlihat secara kasat mata setelah melakukan interaksi sosial Contohnya adalah pada saat ada komunikasi antara dua orang, komunikasi ini terjadi sebagai upaya pertukaran informasi setelah informasi disampaikan salah satunya maka pendengar informasi akan bereaksi.

Khayalan sosial adalah pemahaman atas apa yang terjadi di masyarakat dan hubungannya dengan apa yang terjadi di dalam diri sendiri dan alat untuk melakukan khayalan sosiologis adalah permasalahan dan isu.

Realitas sosial adalah kenyataan yang hidup dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh proses sosial dan interaksi sosial dalam bentuk perubahann hukum sehingga atas dasar itulah secara umum dapatlah dikatkan bahwa keadaan ini menja sosial melalui wujud implementasi bidang tertentu, baik dalam segi ekonomi, lembaga sosial, ataupudi cerminan bahwa kehidupan manusia senantiasa berkembang dari kurun waktu tertentu, kedinamisan ini menyebabkan adanya dorongan untuk melakukan perubahan ataupun tetap menjalankan tradisi (sifat kebudayaan) secara turun menurun.

Proses sosial didefinisikan sebagai cara-cara berhubungan yang dapat diamati apabila perorangan atau kelompok manusia saling bertemu interaksi sosial melibatkan antar-individu, antar-individu dengan kelompok dan antar-kelompok dalam masyarakat, dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat beberapa bentuk interaksi sosial meliputi asosiatif dan disosiatif, Asosiatif merupakan proses sosial atau interaksi sosial yang merujuk pada persatuan, sementara disosiatif merupakan proses sosial yang merujuk pada perpecahan.

Struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial serta peranan yang dimiliki oleh individu atau kelompok yang ada di dalam struktur tersebut yang dimana hal tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam memberikan beragam tugas dan tanggungjawab kepada perorangan/kelompok agar terciptanya keteraturan sosial dalam hidup.

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola perilakuannya di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik berupa aksi saling memengaruhi antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok. Dalam hubungan ini, individu atau kelompok dapat saling bekerjasama atau bahkan berkonflik secara formal maupun informal, langsung maupun tidak langsung sebagai bentuk interaksi.

Halo pembaca terima kasih sudah simak terus sampai akhir, jadi terharu…

sampai ketemu lagi di next artikel tungguin ya teman-teman

Cristin Natalia ( ) 1MA07

Universitas Gunadarma “Ilmu Komunikasi”