Blog

Pahami Beberapa Cara SS Di Laptop ASUS Yang Mudah Dilakukan

Cara SS di Laptop ASUS – Saat ini ASUS merupakan salah satu merk laptop yang banyak digunakan oleh masyarakat. Hanya saja, tidak banyak pengguna yang mengetahui bagaimana cara melakukan screenshot pada laptop tersebut. Untuk itu, ada baiknya untuk menyimak beberapa cara SS di laptop ASUS terlebih dahulu.

Mengenal Perkembangan Perusahaan ASUS
Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan laptop merk ASUS. Lantas, seperti apa perkembangan perusahaan laptop tersebut? Perusahaan ini didirikan dengan nama yang diambil dari kata PegASUS. Kemudian, diambil nama yang dimulai dari huruf pertama alfabet.

Dari situlah ditemukan nama ASUS yang sampai saat ini sudah dikenal banyak orang. Pendirian perusahaan ini sendiri tidak lepas dari empat orang insinyur komputer. Yakni TH Tung, MT Liao, Ted Hsu, dan Wayne Hseih. Mereka memiliki visi dan misi sama.

Hingga akhirnya, nama yang berawal dari PegASUS disingkat menjadi ASUS. Sampai saat ini, ASUS sudah berhasil membuat motherboard prototipe dengan memakai Intel 486. Sampai akhirnya ASUS berhasil membuat kontrak dengan Intel sehingga dapat memasuki pasar dunia.

Manfaat Mengambil Tangkapan Layar di Laptop
Bagi mereka yang sering menggunakan laptop, tentu sudah sering melakukan cara SS di laptop ASUS. Akan tetapi, tahukah Anda sebenarnya apa manfaat penangkapan layar tersebut? Tentu saja, akan ada banyak manfaat saat seseorang melakukan screenshot.

Mengambil tangkapan layar atau screenshot sendiri merupakan cara paling mudah dan cepat untuk menyimpan seluruh atau sebagian tampilan layar pada laptop yang Anda pakai. Mulai dari tampilan gambar, tulisan, dan lasin sebagainya.

Dengan begitu, sebuah tampilan yang diinginkan tersebut dapat Anda simpan pada komputer. Jika perlu, bagikan juga hasil tampilan yang diperoleh tersebut kepada teman-teman. Terlebih, untuk cara SS di laptop ASUS ini sendiri terbilang sangat mudah melakukannya.

Cara SS di Laptop ASUS dengan Gabungan Tombol Keyboard
Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan screenshot pada laptop ASUS. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tombol keyboard. Agar lebih jelas, maka segera terapkan saja beberapa cara SS di laptop ASUS pada penjelasan di bawah ini:

1. Memakai Tombol Alt + Prtscn
Cara SS di laptop ASUS pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol Alt + Prtscn. Cara yang satu ini sendiri terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan begitu, pengguna sudah tidak perlu lagi mengunduhan aplikasi lainnya. Berikut cara melakukannya:

* Siapkan laptop Anda
* Siapkan juga tampilan layar yang ingin discreenshot
* Pada keyboard tekan Alt + PrtScn secara bersamaan
* Proses SS layar berhasil
* Anda bisa menyimpannya di lokasi sesuai keinginan
* Cara SS di laptop ASUS berhasil

2. Windows Key + Prtscn
Cara SS di laptop ASUS lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan tombol Windows. Tentu saja, cara yang satu ini juga tidak kalah mudah penggaplikasiannya. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan untuk mencoba screenshot pakai cara ini:

* Buka laptop Anda
* Pastikan untuk menyiapkan tampilan yang ingin discreenshot
* Pada keyboard tekan tombol Windows Key + tombol Prtscn secara bersamaan
* Tampilan layar berhasil discreenshot
* Anda bisa menyimpannya langsung pada folder sesuai keinginan
* Cara SS di laptop ASUS berhasil

3. Windows Key + Shift + S
Anda bisa menggunakan cara SS di laptop ASUS yang satu ini untuk membuat screenshot pada layar. Tentu saja, saat melakukan screenshot ini sudah tidak perlu lagi memanfaatkan mouse ataupun aplikasi tambahan yang lainnya. Berikut beberapa langkah selengkapnya:

* Siapkan laptop Anda
* Siapkan tampilan layar yang diinginkan
* Tekan Windows Key + Shift + S
* Tunggu layar meredup
* Petunjuk mouse akan berubah
* Tarik kursor pada bagian layar sesuai gambar yang diinginkan
* Lepaskan sehingga screenshot akan otomatis dilakukan
* Langsung saja simpan hasil screenshot tersebut
* Cara SS di laptop ASUS selesai dilakukan

> Baca : Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Cara Screenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain menggunakan beberapa cara screenshot laptop ASUS di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara yang lainnya untuk melakukan screenshoot pada laptop. Tidak lain yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Screenshot Captor
Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Screenshot Captor. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini dapat menjadi salah satu cara SS di laptop ASUS. Tidak sembarang melakukan penangkapan, dengan memanfaatkan aplikasi ini pengguna dapat screenshot halaman yang panjang.

Selain itu, Anda tetap bisa melakukan capture layar pada tampilan-tampilan tertentu saja sesuai keinginan. Tentu saja, aplikasi ini bisa jadi pilihan tepat saat ingin melakukan screenshot layar sesuai dengan kebutuhan. Pengguna juga dapat menambahkan berbagai hal menarik pada hasil screenshotnya.

2. Lightshot
Merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Aplikasi yang satu ini sendiri akan memunculkan ikon Lighshot pada bagian taskbar Windows saat menginstallnya. Tentu saja sangat direkomendasikan untuk digunakan bagi mereka yang ingin melakukan screenshot pada laptop.

Untuk melakukan screenshot, pastikan menyiapkan tampilan layar terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa membuka aplikasi Lighshot yang ada di bagian taskbar. Selanjutnya, simpan atau pilih ikon logo dan sesuaikan format file penyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Cara SS di laptop ASUS selesai dilakukan.

3. Jing
Merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot. Aplikasi yang satu ini sendiri menyediakan berbagai banyak fitur. Tentu saja, fitur tersebut juga tidak kalah dengan berbagai aplikasi screenshot populer yang lainnya. Berikut cara SS di laptop ASUS memakai Jing:

* Siapkan aplikasi Jing terlebih dahulu
* Siapkan tampilan layar yang ingin Anda screenshot
* Buka aplikasi Jing tersebut
* Tekan menu Capture Video pada pilihan Menu
* Simpan hasil capture dengan format PNG
* Anda sudah berhasil melakukan cara SS di laptop ASUS

3. Schirmfoto
Aplikasi yang satu ini juga tidak kalah direkomendasikan untuk Anda gunakan agar berhasil menangkap layar pada laptop ASUS. Terlebih, aplikasi tersebut menyediakan berbagai keunggulan. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan untuk menggunakannya. Berikut cara SS di laptop ASUS dengan aplikasi ini:

* Buka aplikasi tersebut
* Langsung saja screenshot layar menggunakan aplikasi ini
* Cara SS di laptop ASUS adalah dengan mengklik ikon kamera
* Secara otomatis aplikasi akan melakukan screenshot
* Hasil screenshot nantinya akan tersimpan pada perangkat
* Proses screenshot selesai
* Anda juga bisa mengambil gambar pada beberapa bagian tertentu saja sesuai keinginan
* Gunakan cara ini untuk Windows 10, 8, 7 dan Windows XP

Daftar Aplikasi Screenshot untuk Laptop/Komputer
Seperti yang Anda ketahui, pada dasarnya seseorang bisa memilih banyak cara SS di laptop ASUS. Proses penangkapan layar laptop ini sendiri terbilang cukup mudah, sederhana, dan cepat untuk dilakukan. Terlebih, ada banyak aplikasi yang mendukung proses screenshot laptop ASUS tersebut seperti berikut:

Jika dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya, aplikasi yang satu ini terbilang cukup populer dan sudah banyak digunakan bagi pemilik laptop. Bagaimana tidak? Kehadiran aplikasi tersebut bahkan sudah ada sejak Windows Vista hadir. Untuk itu, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai cara SS di laptop ASUS.

Aplikasi Snipping Tools ini sendiri menyediakan fitur yang sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda bahkan hanya perlu menekan menu New saat ini menangkap tampilan layar. Tidak hanya layar pada bagian tertentu saja yang bisa ditangkap, aplikasi ini juga mendukung cara SS di laptop ASUS layar penuh.

2. Snip Editor
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan screenshot pada layar laptop. Aplikasi ini memang sengaja dibuat untuk menangkap layar. Terlebih, sudah ada banyak fitur unggulan yang bisa digunakan pada aplikasi tersebut. Tentu akan mudah dalam melakukan cara SS di laptop ASUS.

Setiap pengguna nantinya juga dapat melakukan penangkapan gambar pada jendela aktif. Anda juga dapat melakukan crop pada area tertentu atau area menyeluruh. Gunakan saja aplikasi ini untuk mendapatkan tangkapan layar dengan cara SS di laptop ASUS yang mudah dan cepat.

3. Skitch
Selain beberapa aplikasi di atas, Skitch juga dapat Anda gunakan untuk menerapkan cara SS di laptop ASUS. Terlebih, aplikasi yang satu ini sendiri terbilang sangat boom sebagai aplikas screenshot pada komputer. Tentu akan ketinggalan jika belum mencoba menggunakan aplikasi ini.

Hanya saja, sejak aplikasi tersebut tidak mendukung perangkat Windows versi terbaru membuat angka penggunanya menjadi menurun. Untuk versi terbarunya, aplikasi tersebut hanya dapat Anda gunakan pada sitem operasi Mac OS X. Tetapi, tidak perlu khawatir karena cara SS di laptop ASUS aplikasi ini mudah.

4. Nimbus Capture
Merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai user interface modern. Tidak hanya itu, aplikasi yang satu ini juga menyediakan aksesoris yang pas sesuai dengan kebutuhan. Contohnya seperti Ellipse, Rectangle, Arrow, Pencil, dan lain sebagainya. Tersedia pula fitur yang bernama Numbered Tag.

Fitur Numbered Tag tersebut dapat Anda gunakan untuk memberikan nomor pada bagian tertentu dalam sebuah foto. Aplikasi yang satu ini juga dilengkapi degan berbagai fitur seperti cropping hingga blurring. Tentu akan menjadi solusi tepat bagi siapa saja yang ingin melakukan cara SS di laptop ASUS.

5. Greenshot
Aplikasi yang satu ini dapat Anda gunakan pada perangkat Windows. Greenshot ini sendiri sangat cocok digunakan bagi mereka yang tidak ingin berlama-lama dalam proses tangkapan layar. Aplikasi tersebut memang tidak menyediakan interface. Hanya saja sudah tersedia Hotkey untuk melakukan screenshot.

Tidak hanya sampai disitu, pada metode screenshotnya sendiri terdiri dari 4 pilihan. Mulai dari Last Region, Region, Windows, hingga Full Screen. Dengan begitu, tentu akan sangat mudah untuk menerapkan cara SS di laptop ASUS memakai aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

6. PicPick
Merupakan salah satu aplikasi tangkapan layar dengan fitur sangat lengkap. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu lagi saat ingin menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya. PicPick bisa jadi solusi tepat bagi Anda yang ingin menjawab semua kebutuhan dalam cara SS di laptop ASUS maupun komputer.

Aplikasi ini juga menyediakan mode seleksi yang sangat beragam. Bahkan beberapa mode yang tersedia pada aplikasi ini akan sangat sulit untuk ditemukan pada aplikasi yang lainnya. Contohnya seperti fitur Fixed Region, Window Control, Scrolling Window, dan masih banyak lagi fitur lengkap lainnya.

Penutup
Itu dia beberapa informasi dari TeknoApp yang bisa Anda ketahui tentang cara SS di laptop ASUS. Dengan banyaknya cara dan aplikasi yang bermanfaat untuk menangkap layar tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu diantaranya. Pilih saja mana yang sekiranya mudah untuk dilakukan.