Blog

Niat Sholat Taubat Lengkap Dengan Syarat Dan Tata Caranya

VIVA – Niat sholat Taubat diucapkan ketika seseorang ingin menghadap Allah SWT dengan tujuan membuka pintu ampun atas segala dosa – dosa yang telah diperbuatnya. Sebagai seorang Muslim, tentu kita tidak luput dalam melakukan banyak pelanggaran yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Di mana larangan-larangan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja itu bisa membuat kita seorang umat Muslim atau hambanya tersungkur ke dalam perbuatan dosa. Allah dengan tegas meminta hambanya, agar selalu taat dalam menjalankan segala perintah-Nya dan segala larangan-Nya.

Tata cara sholat istikharah

Dengan tujuan, agar umat manusia selalu berada di jalan yang benar, terarah serta tidak terbelenggu dalam perbuatan dosa. Namun namanya manusia pasti tidak akan pernah luput dalam melakukan berbagai pelanggaran-pelanggaran dalam hidupnya.

Meskipun banyak perbuatan dosa yang telah diperbuat oleh seorang Muslim, Allah SWT masih mau memberikan hambanya keringanan untuk memberikan ampunan. Dalam Islam banyak cara yang bisa kita lakukan agar Allah membuka pintu ampun atas segala dosa-dosa yang telah diperbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Salah satunya dengan melakukan banyak amalan-amalan pada Allah SWT. Ibadah sholat bisa menjadi salah satu amalan yang bisa kita lakukan guna memohon ampunan kepada Allah SWT.

Dalam Islam seorang Muslim bisa memohon ampunan kepada Allah dengan melakukan amalan sholat. Salah satunya melakukan sholat sunah taubat. Taubat sendiri memiliki makna kembali pada Allah SWT, dimana seorang hamba menyadari dan mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya, dan berjanji untuk tidak akan mengulanginya lagi.

Ketika seorang Muslim sudah mengakui akan perbuatan dosanya, maka segeralah untuk bertaubat atau memohon ampun pada Allah SWT dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Ilustrasi bertaubat kepada sang pencipta.

Dalam Islam terdapat sholat sunah bagi Anda yang ingin benar-benar memohon ampun dan bertaubat. Sholat sunah taubat solusinya. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk umat Muslim mengerjakan sholat sunah taubat ketika benar-benar ingin bertaubat.

Sesungguhnya, amalan sholat satu ini mampu melebur dosa-dosa yang pernah Anda perbuat.

Sholat taubat merupakan salah satu amalan yang dilakukan demi meraih ampunan atas dosa dan kesalahan yang diperbuat. Sesuai dengan namanya, sholat sunah ini menjadi cara kita agar bisa bertaubat sungguh-sungguh pada Allah SWT.

Lakukan niat sholat Taubat dengan ikhlas dan sungguh-sungguh agar bisa mendapatkan keberkahannya. Niat sholat Taubat dilakukan setelah Anda benar-benar yakin ingin bertaubat dan memohon dibukakan pintu ampun oleh Allah SWT.

Jadi setelah Anda yakin ingin bertaubat dan memohon ampun, lakukanlah niat sholat taubat nasuha seperti yang disampaikan oleh Allah SWT dalam surah At-Tahrim ayat 8. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri, sholat Taubat bisa dikerjakan kapan saja. Meskipun begitu, banyak yang menyarankan agar pelaksanaan sholat Taubat dikerjakan pada malam hari agar bisa lebih khusyuk dalam memanjatkan ampun dan doa.

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS At Thamrin ayat 8).

Dalam hadits riwayat Abu Daud, seperti yang dilansir dari buku Buku Panduan Sholat Lengkap (Wajib & Sunah) oleh Saiful Hadi El Sutha, Rasulullah SAW pun bersabda, ketika kita berbuat dosa dan mengejarkan sholat lalu memohon ampun, niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan. Dalam sabdanya, Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan Surah Ali Imran ayat 135.

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran ayat 135).

Niat Sholat Taubat

Pada umumnya, umat Muslim membaca niat sholat Taubat dalam bahasa Arab latin. Dalam mengerjakan sholat taubat seorang Muslim dianjurkan membaca niat dengan sungguh-sungguh semata-mata ingin memohon ampunan pada Allah SWT.

Sholat Taubat sendiri merupakan amalan sholat yang dilakukan dua rakaat. Seperti sholat sunnah lainnya, sholat Taubat juga harus didahului dengan membaca niat. Adapun bacaan niat sholat Taubat sebagai berikut:

???????? ??????? ????????????????? ?????? ?????? ??? ?????

“Usholli sunnatat taubati rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala.”

Artinya:

“Saya berniat salat sunah tobat dua raka’at dengan menghadap kiblat karena Allah SWT.”

Syarat Sholat Sunah Taubat

Dalam melakukan sholat Taubat adapun syarat-syarat yang dapat dipenuhi agar bisa mendapatkan keberkahan dan diterima oleh Allah SWT. Apa saja itu?

1. Menyesali Perbuatan Dosa
2. Berjanji tidak mengulanginya lagi
3. Niat semata-mata karena Allah SWT.
4. Selalu istikamah menjalankan taubat.
5. Belajar meminta maaf pada orang-orang sekitar Anda.

Tata Cara Sholat Taubat

Bicara tata cara sholat Taubat tentu tidak ada bedanya dengan sholat-sholat sunah lainnya. Dimana sholat sunah dilakukan dua rakaat dengan sekali salam. Untuk sholat Taubat sendiri bisa dilakukan berapa saja, seperti empat rakaat dan enam rakaat.

Berikut tata caranya:

1. Niat Sholat Taubat

Dalam melakukan sholat, niat perlu diucapkan baik dalam hati maupun menggunakan bacaan Arabnya

Adapun niatnya sebagai berikut:

“ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.”
Artinya, “Saya niat salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

2. Takbirotul Ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat dari Alquran

6. Rukuk (membaca tasbih rukuk tiga kali)

7. I’tidal (membaca doa I’tidal)

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (membaca doa di antara dua sujud)

10. Sujud kedua

11. Bangun dan melanjutkan rakaat kedua dengan urutan yang sama seperti di atas

12. Tasyahud akhir

13. Salam

14. Berdoa memohon ampunan

Selain tata cara yang disebutkan di atas, terdapat amalan yang bisa menjadi penyempurna sholat Taubat Anda. Salah satunya dengan membaca istigfar.Bacaan istighfar bisa dibaca sebanyak 100x sambil dihayati dan diresapi dalam hati dengan niat tulus ikhlas.Bacaan istighfar ini semakin baik jika disertai dengan zikir-zikir menyebut asma Allah .

Itulah tadi niat beserta tata cara dalam melaksanakan sholat Taubat yang bisa jadi panduan Anda melaksanakan amalan ini. Sholat Taubat menjadi cara untuk meraih amalan yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah.