Blog

Menghilangkan Komedo Dengan Cara Benar Begini Saran Dermatologis

Jum’at, 06 November :30 WIB

JAKARTA – Permasalahan komedo menjadi salah satu misteri besar selama ini terutama untuk perawatan kulit wajah . Anda pasti pernah mencoba untuk menghilangkannya, namun ada resiko yang akan membuat kulit jadi trauma dan kemerahan, bahkan terlihat seperti jaringan parut. Saran desrmatologis yang dikutip dari situs Glamor berikut mungkin bisa membantu Anda.

Namun sebelumnya ketahui dulu penyebabnya. Menurut Deanne Mraz Robinson, M.D., seorang dokter kulit di Westport, Connecticut, komedo terbentuk ketika lubang pori pada kulit Anda tersumbat oleh sebum. Sel kulit mati dan minyak berkumpul di pori-pori. Dan jika pori-pori tidak tertutup oleh kulit, paparan udara menyebabkannya menjadi hitam saat teroksidasi. Mencari cara menghilangkan komedo bisa jadi solusi karena komedo akan tetap ada jika dibiarkan.

Baca juga : Artis Hollywood Minta Semua Pihak Sabar Tunggu Hasil Pemilu

“Beberapa komedo dapat bertahan selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan jika tidak diekstraksi, sementara tubuh Anda biasanya membersihkan komedo kecil dalam waktu seminggu hingga 10 hari,” kata dokter kulit Laurel Geraghty, M.D.
Perubahan pada rutinitas perawatan kulit Anda ini dapat membantu. Berikut saran dari dermatologis untuk mengatasi komedo yang membandel.

1. Cuci dengan pembersih yang lembut

Tahan godaan untuk mengeluarkan dengan paksa komedo Anda. Faktanya, pilihan terbaik adalah menggunakan pembersih ringan. “Pembersih yang ringan tidak akan mengikis kelembapan kulit secara berlebihan, namun sebenarnya bila salah memilih pembersih justru akan memicu produksi sebum yang berlebihan dan semakin memperburuk masalah,” kata Robinson.

Karena itu gunakan pembersih yang mengandung asam glikolat, yang membersihkan pori-pori. Cobalah pilihan seperti SkinCeuticals LHA Cleanser Gel, yang dapat mengawinkan asam glikolat dan asam salisilat dengan gliserin dan sorbitol, yang bertindak sebagai pelembab dan membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan.

2.Uap wajah Anda

Sebelum Anda mencoba ekstraksi di rumah, sangat penting untuk membuka pori dan melembutkan kotoran yang terperangkap di pori-pori Anda dengan sedikit panas. Uap wajah adalah cara yang bagus untuk melakukan ini, tetapi jika Anda tidak memilikinya, ahli kecantikan selebriti Renée Rouleau memberikan tips yakni memulainya dengan mandi atau membasuh wajah, lalu oleskan lapisan tipis pelembab wajah yang Anda miliki ke area yang Anda ekstrak. Pelembap akan membuat segel oklusif sementara untuk menjaga panas terperangkap di kulit Anda, yang membuat proses pengeluaran komedo lebih mulus.

3.Jika Anda harus memencet komedo, jangan pernah menggunakan kuku Anda