Blog

Materi Pelajaran TK Top Guru

Artikel ini berisi tentang beberapa ide terkait media pembelajaran yang dapat Anda temukan dalam materi-materi yang disediakan oleh TopGuru. Materi yang kami sediakan ini tujuannya adalah untuk memenuhi standar dan target dari tujuan pembelajaran anak TK hingga SD kelas 6, baik yang belajar di sekolah ataupun di rumah. Klik gambar untuk melihat setiap ide atau gunakanlah link yang ditautkan untuk membuka template.

Temukan lebih banyak ide, template dan materi pembelajaran untuk anak TK hanya di Top Guru.

Materi Gratis, Unduh Sekarang!

Ada materi gratis dari TopGuru. Untuk Moms dan Teachers yang sedang mencari materi-materi seperti ini bisa langsung diakses yah….

Yuk, unduh GRATIS materi sekarang.

Bosan dengan aktivitas mewarnai yang itu-itu saja?

Nah, kali ini TopGuru sudah menyediakan materi asyik mewarnai dengan menggunakan cat air. Tema gambar kali ini adalah tentang tata surya.

Sudah tahu kan apa saja yang ada di tata surya? Yuk, segera adopsi materi kali ini, dijamin si kecil jadi betah duduk manis sambil mewarnai dengan cat air ❤

Poster 10 Malaikat Allah (Islam)

Sudah hafal belum nama-nama Malaikat Allah?
Poster 10 Malaikat allah ini nggak cuma aesthetic buat jadi dekorasi kamar, tapi juga edukatif banget untuk si kecil loh Moms☺️💛🙌🏻

Yuk, segera adopsi poster 10 Malaikat Allah ini

Siapa suka berkebun? Sudah tahu belum perlengkapan apa saja sih yang dibutuhkan untuk berkebun?

Macam Tanaman Hias & Perdu

Mari mengenal berbagai macam tanaman hias dan perdu. Ternyata ada banyak jenisnya loh. Kamu sudah tahu atau belum? Yuk baca dan pelajari!

Mewarnai Tema Unicorn Seri I

Mewarnai gambar dapat membantu anak dalam mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk. Anak juga bisa belajar mengenali pola. Hal ini akan membantunya untuk memutuskan warna apa yang akan digunakan dalam gambar mereka selanjutnya.

Nah, kali ini Top Guru sudah menyediakan lembar aktivitas anak untuk mewarnai dengan tema Unicorn. Pasti sangat menarik sekali untuk anak. Yuk unduh dan warnai gambarnya!

Yuk ajak si kecil berlatih menyusun puzzle dengan printable puzzle dari TopGuru. Puzzle ini terdiri dari 20 puzzle dengan tema makanan dengan ilustrasi yang lucu.

Puzzle dengan tema makanan ini terdiri dari 4 hingga 6 kepingan.
Tinggal unduh, cetak, gunting, dan laminating agar puzzle ini bisa digunakan lebih awet dan dipakai berulang kali. Ide Pembelajaran untuk Anak TK

Berikut kami sediakan 50 Ide untuk anak Anda dapat bermain sambil belajar dan materi pelajaran terbaik untuk anak Anda.

1. Membuat Salam/Ucapan secara Digital

Pandemi membuat anak-anak perlu menyesuaikan dengan kondisi new normal, seperti jaga jarak (social distancing). Jika anda perhatikan, mungkin anak kehilangan komunikasi dengan teman atau keluarganya. Cobalah jalin hubungan antara anak dengan orang sekitarnya dengan membuat salam secara digital. Ambil gambar anak Anda atau suatu karya yang anak anda buat dan gunakan handphone anda untuk merekam sebuah ucapan. Kemudian kirim ke keluarga atau temannya.

Dengan menggambar wajah, anak dapat mengasah kemampuan untuk menggambar organ tubuh pada wajah seperti mata, hidung, dan mulut. Melalui lembar kerja ini anak diajak untuk melatih kemampuan motoriknya untuk menggambar bentuk. Selain itu anak diajar untuk mengetahui di mana letak dan jumlah dari mata, hidung, mulut.

Gunakan template yang ada pada TopGuru untuk membuat gambar wajah. (Template)

3. Belajar Menggambar Simetris

Menggambar simetris artinya menggambar dengan seimbang pada sisi kiri dan kanannya.

Aktivitas ini dapat mengasah motorik halus anak dan jiwa seni dalam diri anak. Hasil gambaran anak tidak mesti sempurna. Garis bantu dapat digunakan agar anak lebih mudah memperkirakan ukurannya.

Gunakan template yang ada pada TopGuru untuk latihan menggambar simetris. (Template)

Yuk Pergi berburu huruf! Berjalanlah di sekitar rumah Anda atau di lingkungan Anda dan identifikasi objek yang mulai dengan huruf tertentu, misal Batu dengan huruf awal B. Gunakan perangkat Anda untuk memotret gambar atau menuliskan apa yang Anda temukan. Simpan benda yang anak temukan menggunakan gambar, text, atau video sebagai dokumentasi.

Materi huruf awal juga ada loh di TopGuru, anak dapat menggunakan materi untuk bermain sambal belajar. (Template )

5. Menyiapkan Peralatan dan Perlengkapan (Spinner)

Kalau pergi ke sekolah anak-anak pasti mulai bingung apa saja yang harus dibawa. Untuk mulai melatih kemandirian anak, Anda bisa lakukan dengan cara membiarkan anak menyiapkan sendiri apa yang perlu dibawa. Tapi, mungkin kalau anak menyiapkan sendiri perlengkapannya akan ada yang tertinggal. Nah dengan spinner peralatan dan perlengkapan ini anak dapat mengenal sendiri perlengkapan dan peralatan yang diperlukan jika anak ingin melakukan kegiatan tertentu misal ke sekolah, memancing, berkebun, dan melukis. (template)

6. Kartu Lawan Kata (Antonim)

Yuk pelajari antonim atau lawan kata dengan cara yang menyenangkan. Lawan kata besar adalah kecil. Ada tinggi, ada pendek. Kata-kata itu disebut dengan lawan kata atau antonim. Ada banyak kata-kata yang memiliki sifat berlawanan satu dengan lainnya. Dengan gambar-gambar yang lucu dan menarik, kartu ini dapat membuat anak lebih memahami makna dari kata-kata yang berlawanan tersebut. Dowload kartu lawan kata pada link berikut. (Template)

7. Belajar Membuat Bentuk

Dengan materi ini anak akan dilatih mengenal bentuk-bentuk benda. Anak akan belajar menebalkan garis sehinngga menjadi sebuah bentuk. Anak dapat mencari benda di sekitar yang memiliki bentuk sesuai dengan bentuk yang sedang dipelajari, kemudian ajak anak untuk menggambar bentuknya sendiri pada template yang sudah disediakan

Tips 1: gunakan alas yang sudah dilaminating agar bisa dipakai berulang.

Tips 2: dapat digunakan untuk alas bermain playdough juga. (Template)

Mewarnai dapat memberikan manfaat yang besar pada tumbuh kembang anak. Aktivitas ini bisa memicu imajinasi anak dan memberi anak kesempatan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam diri anak. Selain itu anak juga diminta menebali kata dan melengkapi gambar. Hal ini sangat berguna bagi perkembangan pola pikir anak. (template)

Kartu Siapa Tinggal Dimana ini adalah flashcard dengan model pembelajaran terbaru, dengan bentuk kartu putaran (spinner card). Dibuat dengan menggunakan kartu putaran agar anak dapat belajar sambil bermain sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan anak dapat lebih mudah menangkap apa yang sedang dipelajari. (Template)

10. Spinner Profesi dan Alat yang digunakan

Berbagai profesi ada untuk melayani kebutuhan masyarakat. Ada profesi sebagai polisi, tantara, dokter, perawat, guru, pemadam kebakaran dan lain-lain. Kalau diperhatikan profesi tersebut juga punya alat-alat khusus dipakai untuk melakukan tugasnya. Kita dapat bermain tebak-tebakan dengan menggunakan spinner ini. (template)

Selain itu anak juga dapat menggambar profesi yang mereka sukai atau idolakan. Anda juga dapat merekam pendapat mereka terntang salah satu profesi ini atau kenapa profesi tersebut penting. Jika Anda mengenal seseorang yang bekerja di profesi tertentu, misalnya dokter, bagikan gambar atau video tersebut kepada mereka untuk menunjukkan penghargaan dari anak Anda!

Berhitung bukan hanya tentang bagaimana menghafal angka dan menghafal hasil perhitungan angka, tetapi paham nilai dan konsep angka. Dengan berhitung anak dapat memvisualisasikan nilai dan bermain dengan angka. Dengan pemahaman ini anak akan sangat berkembang dikemudian hari, karena berhitung adalah dasar yang penting dalam pendidikan dan tumbuh kembang logika anak. (template)

12. Pola Sesuai Urutan (Gunting & Tempel)

Pola berarti susunan benda yang terdiri dari warna, bentuk, jumlah, atau peristiwa. Salah satu cara mengenalkan konsep matematika permulaan adalah dengan mengenal bagaimana pola dasar terjadi. Misalnya susunan pola berdasarkan ukuran (Tinggi, pendek, tinggi, pendek). Anak perlu untuk menggali dan memanipulasi benda serta mencatat persamaan dan perbedaanya, hal ini dapat memicu kemampuan anak menganalisa suatu peristiwa, keadaan atau perubahan. (Template)

13. Berikan Penghargaan (Reward)

Anak-anak senang dengan hadiah. Hadiah sangat berguna untuk membuat anak merasa pekerjaan mereka dihargai. Untuk mendapat hadiah tentunya anak harus berusaha dulu. Pakai Reward Chart 10x atau Reward Chart 30 hari untuk meningkatkan motivasi anak dan membangun kebiasaan baik pada anak. Tempel stiker atau berikan cap/stempel setiap anak berhasil mengerjakan tugas-tugasnya. (template)

Manfaat pemberian hadiah adalah membantu mendorong perilaku yang baik dan semangat berjuang pada anak, serta membantu anak untuk memotivasi diri sendiri terutama bagi anak yang kurang memiliki kecenderungan alami untuk berusaha dengan keras.

Tips: Berikan juga hadiah untuk 10 kali tugas yang terselesaikan. Hadiah dapat berupa makanan, mainan, rencana liburan atau hal yang disukai anak.

14. Cerita Menggunakan Dadu

Kemampuan berkomunikasi anak dapat dimulai sejak dini dengan kebiasaan bercerita. Untuk memulai kebiasaan bercerita anak dapat diberikan permainan yang membuat anak tertarik untuk bercerita. Permainan Dadu Cerita ini melatih anak untuk beimajinasi dan mengembangkan kosa kata yang mereka miliki. Temanya dapat berupa hewan, tumbuhan atau profesi (template)

15. Mengenal Transportasi

Kalian pasti pernah naik kapal,pesawat, mobil atau bus. Penting untuk anak mengenali hal-hal disekitarnya. Lewat lembar aktivitas ini orang tua dapat memperkenalkan macam-macam kendaraan yang ada di darat, air, dan udara. Lembar aktivitas dibuat dalam bentuk permainan, mulai dari bermain acak kata, mencari kata, teka-teki silang, latihan mewarnai, mencocokkan gambar, hingga latihan berhitung. (template)

16. Cerita dari apa yang Dilihat

Mintalah Anak Anda melatih kata-kata dengan menulis atau bercerita dari apa yang mereka lihat! Permainan ini dapat melatih anak untuk berimajinasi dan latihan menulis cerita. Tips: Anda dapat mulai dengan membuat template “Saya pergi ke … saya melihat …”.

Untuk membantu anak Anda membangun keterampilan membaca peta, mintalah mereka pergi ke luar rumah (dengan bantuan orang tua) dan mencari tahu arah utara, selatan, timur, dan barat.

18. Dekorasi Telur Paskah dan belajar pola dari telur paskah

Buat telur paskah yuk!

Cetak file atau gambar bentuk telur dan biarkan anak mewarnai di dalam telurnya. Kemudian potong telurnya dan gunakan sebagai dekorasi Paskah. Anda bahkan dapat menulis catatan di bagian belakangnya dan sembunyikan di sekitar rumah agar anak dapat berburu telur paskah atau memberikannya kepada teman sebagai kartu ucapan Paskah.

Selain itu, anak juga dapat belajar pola dengan menggunakan gambar telur berwarna-warni. Sediakan potongan kartu telur kepada anak untuk melanjutkan pola pada kartu sesuai urutan. (Template)

Tips: Kartu bergambar telur paskah ini dapat dicetak pada kertas yang agak tebal, sehingga lebih awet dapat juga dilaminasi.

19. Pintar Menulis dan Membaca

Menulis dengan tangan mampu membentuk koneksi di dalam otak anak, sedangkan membaca dapat mengembangkan otak anak sehingga mampu memahami sesuatu dengan cepat. Top Guru juga menyediakan materi yang dapat membantu pembelajaran menulis dan membaca untuk anak. Aktivitas yang menyenangkan pada materi ini tentunya dapat dilakukan untuk mengenalkan anak baca dan tulis. (Template)

Bingo adalah permainan menyenangkan dimana permainan ini bisa dimainkan anak secara berkelompok atau berpasangan. Aktivitas ini berisi Flashcard kata-kata sesuai gambar pada board ABC Bingo yang berisi 9 kotak. Jika anak berhasil mendapatkan 3 kotak langsung secara berderet, maka mendapatkan poin atau yang paling cepat selesai memasangkan flashcard pada kotak ABC Bingo juga mendapatkan poin. Aturan lebih selengkapnya dapat dilihat di template Top Guru. (Template)

21. Permainan Tebak Objek

Manfaat bermain tebak-tebakan yakni dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Selain itu perkembangan bahasa anak yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis dapat dilatih juga. Kegiatan yang bisa dilakukan guna melatih keempat kemampuan ini antara lain dengan melatih anak untuk mengenal nama, ciri, maupun bentuk benda yang ada disekitarnya. (template)

22. Ceritakan tentang Keluargamu

Ide yang bisa digunakan sebagai media belajar anak adalah buku gambar. Gunakan pensil atau crayon untuk menggambar keluarga Anda pada buku gambar. Gambar dapat dilengkapi dengan nama dan ciri setiap anggota keluarga. Kemudian anak dapat memberi nama setiap orang dan mendeskripsikan tentang gambarnya.

23. Menggambar Garis dan Bentuk

Kemampuan motorik halus pada dasarnya adalah kemampuan yang dimiliki dalam melakukan gerakan sederhana terhadap otot dan sendi jari-jari tangan. Oleh karena itu sebagai orang tua atau guru perlu melatih dan menstimulus perkembangan motorik halus ini. Salah saru cara melatih adalah dengan memberi kesempatan pada anak untuk meniru bentuk-bentuk garis dengan melihat contoh. (template)

24. Mengidentifikasi Ciri-ciri karakter

Mintalah anak Anda untuk mengingat dan menceritakan kembali detail penting tentang karakter dalam buku yang Anda baca. Buku itu dapat berupa buku dongeng, cerita rakyat atau cerita singkat.

25. Boneka Jari (Tema Binatang)

Boneka jari sangat berguna untuk memperkenalkan binatang-binatang pada si kecil. Selain itu bisa digunakan untuk menjadi alat peraga mendongeng pada si kecil. Kalau anak sudah mulai bisa bercerita biarkan anak yang bercerita atau mendeskripsikan hewan yang ada dijarinya. (template)

26. Belajar melestarikan lingkungan

Apa yang anak Anda lakukan untuk melestarikan lingkungan? Biarkan anak anda menggambar apa yang bisa anak dapat lakukan untuk melestarikan lingkungan. Gambar dapat dilakukan dengan crayon atau aplikasi sketch di tablet atau ipad.

27. Amati dengan Perspektif Baru

Banyak hal yang kita lihat tentang dunia bergantung pada perspektif kita. Sementara anak masih berusaha untuk menunjukkan apa yang mereka amati melalui indra penglihatan mereka. Mereka dapat berlatih mengambil perspektif orang lain dalam proyek yang menyenangkan seperti berbagi pandangan dunia dari mata seekor serangga.

28. Berikan kata-kata motivasi pada anak

Kata-kata motivasi sangat diperlukan oleh anak. Bendera kecil berisi kata-kata motivasi yang dapat ditaruh di ujung belakang pensil atau bolpen akan memberi motivasi kepada anak. Jadi kalau anak kurang semangat, tinggal minta anak membaca tulisan yang ada di atas pensilnya. (template)

29. Mengenal Macam-macam Kendaraan

Kalau sebelumnya mengenal macam-macam alat transportasi. Nah yang ini lebih secara umum. yaitu mengenal macam-macam kendaraan. (template)

Dengan belajar mengenal nama macam-macam bentuk, anak dapat lebih mudah menganalisa karakter tiap bentuk. Banyak sekali bentuk bangun datar. Yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah persegi, lingkaran, dan segitiga. Masih banyak loh nama dan bentuk bangun datar yang lain. (template)

Selain itu kita juga bisa minta anak untuk mengindentifikasi benda-benda di sekitar, dan menuliskan bentuknya. Seperti cincin apa bentuknya atau penggaris apa bentuknya.

31. Mewarnai Ragam Hias Flora Geometris

Ragam hias flora merupakan ragam hias yang menggunakan bentuk flora (tumbuhan) sebagai objek motif ragam hias flora sebagai bentuk. Sedangkan Ragam Hias Geometris merupakan motifyang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris, misalnya segi empat, segi tiga dan lingkaran. Kegiatan sederhana yang dapat membantu anak-anak berkembang secara kognitif dan psikologis. (template)

32. Bagaimana jika anda bisa pergi ke berbagai tempat?

Anda dapat Menelepon atau video call dengan seseorang yang tinggal jauh atau membaca tentang tempat baru untuk mempelajari musim dan budaya di lokasi tersebut. Tentukan apa yang akan anak bawa untuk dipakai, dan apa yang akan anak Anda lakukan di lokasi itu. Biarkan anak berimajinasi dengan crayon atau kemampuan menggambarnya.

33. Mahkluk Hidup dan Benda Mati

Jika kita perhatikan lingkungan sekitar kita terdapat dua jenis benda, yaitui benda hidup dan benda mati. Ciri-ciri kedua benda ini sangat berbeda. Benda hidup biasanya perlu bernafas, makan, bergerak, bertumbuh, dan dapat berkembang biak. Berbeda dengan benda mati yang tercipta secara alamiah atau dibuat oleh manusia. Karakter dan ciri ini diperlukan anak untuk membedakan mana benda hidup dan benda mati. Dengan mengenali benda hidup dan benda mati ini dapat meningkatkan kemampuan anak mengindentifikasi suatu objek. (template)

34. Buat Ucapan di Hari Guru

Pada Hari Guru, Gunakan Handphone untuk merekam ucapan anak Anda dan beri tahu guru anak Anda betapa anak anda menghargai (dan merindukannya!). Mereka akan sangat senang mendengar kabar dari anak Anda. Selain itu, jika anak Anda sudah bisa menulis, ajak anak Anda untuk membuat sendiri kartu ucapannya dan memberikannya langsung kepada gurunya,

35. Kenali Benda di Sekitarmu

Bermacam-macam benda ada disekitar kita. Ayo belajar mengenali benda-benda dengan aktivitas yang menyenangkan.

Gunting nama benda yang ada pada bagian akhir lembar aktivitas kemudian biarkan anak menempelkan nama benda sesuai tempat yang tepat pada ruangan masing-masing. Latihan ini membuat anak lebih fokus dan mengenal benda-benda yang ada di sekitar mereka..(template)

Dunia anak-anak adalah bermain. Melalui permainan/mainan yang tepat, maka perkembangan dan kecerdasan anak dapat terasah secara maksimal. Salah satu permainan yang digunakan untuk mengembangkan kecerdasan anak adalah puzzle. (template)

Permainan teka-teki dapat mengasah kreativitas dan memperkaya wawasan anak. Oleh karena itu bermain teka-teki sambil belajar adalah metode yang baik untuk meningkatkan potensi anak.

Dengan bermain teka-teki kartu telur hewan, anak dapat mempelajari contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Tentunya permainan yang seru ini bertujuan mengasah kreativitas anak. (Template)

38. Buat Kenangan untuk hari ibu

Jika Anda belum menyiapkan hadiah Hari Ibu buatan tangan, ayo buat gambar untuk membuat kartu ucapan pada Hari Ibu. Selain itu Anda juga dapat menggunakan Handphone untuk merekam pesan dan mengirimnya sebagai salam digital.

39. Latihan menghitung dengan cara yang menarik

Berhitung adalah cara agar anak dapat berpikir lebih sistematis. Hal ini terjadi karena kebiasaan berhitung dan berlatih deret. Dengan mempelajari cara berhitung, secara otomatis otak akan berpikir teratur. Dengan begitu akan membuat anak lebih mudah dalam mengatur dan menganalisa sesuatu. (template)

Permainan board game berguna untuk melatih fokus anak dan melatih logika anak. Pada board game untuk anak ini anak dilatih untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, yaitu bermain. (template)

Kalau main ular tangga mungkin sudah biasa. Cobalah bermain perosotan tangga sekaligus belajar berhitung. Permainan ini tentunya menarik sekaligus berguna meningkatkan kecerdasan anak.

(Template)

Anda bisa menggunakan kapur sebagai alat seni untuk anak berkreasi. Biarkan anak berkreasi dengan kapur warna-warni. Kreasi dapat berupa gambaran coretan abstrak atau apa yang anak anda inginkan. Untuk alas kalian bisa menggunakan triplek atau papan, atau bahkan di garasi rumah atau halaman kalian.

43. Berbagi Informasi dan Pengetahuan

Bahkan anak pun dapat memberi tahu orang lain tentang topik yang mereka pelajari. Daripada menyuruh anak menulis atau mengetik, mintalah anak untuk menggambar hewan dan rekam ketika anak mendeskripsikan hewan. Informasi ini bisa anda pakai untuk konten di Instagram, Tiktok atau media sosial sejenis berbagi informasi secara lisan.

44. Pengenalan Pulau di Indonesia

Dengan mengenal pulau di Indonesia anak jadi tahu arti keberagaman dan konsep bineka tunggal ika di Indonesia. Pengenalan ini tentunya penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan toleransi anak untuk melihat perbedaan. (template)

Permainan puzzle Sudoku bertujuan untuk mempertajam kemampuan otak anak yang berhubungan dengan kognitif, terutama untuk berfikir logis. Dalam permainan sudoku, anak dilatih untuk berfikir 3-4 langkah ke depan sebelum mulai bergerak sehingga membuat otak terlatih dengan baik. Latihan ini tentunya membuat anak berpikir akibat yang sebelum melakukan tindakan. (template)

Dengan mengadaptasi permainan domino orang dewasa, permainan domino anak dimainkan dengan cara yang mirip seperti bermain domino orang dewasa, namun diganti dengan gambar-gambar untuk anak sehingga lebih menarik (Template)

Dengan latihan ini anak dilatih untuk lebih berkonsentrasi terhadap apa yang anak sedang dilakukan. Setiap gambar memiliki pasangannya. Yuk asah kemampuan anak dengan mencocokan gambar yang sesuai. (template)

Permainan tepok semut adalah permainan yang seru dan berguna meningkatkan respon dan refleks anak. Dapat dimainkan secara kelompok atau berpasangan. (template)

49. Membangun Fondasi untuk pemikiran ilmiah

Arahkan anak Anda untuk memulai penyelidikan dengan menggunakan pendekatan metode ilmiah yang dimodifikasi. Mintalah anak menggambar dan menjelaskan bagaimana mereka belajar tentang dunia. Hal ini dapat dimulai dengan observasi dan hipotesis untuk maju ke pemikiran tentang bagaimana mereka dapat menguji ide mereka dan kemudian menganalisis hasilnya.

50. Mengenal macam-macam perasaan

Empati adalah keadaan dan perasaan seseorang turut merasakan hal yang sama dengan orang lain. Hal itu didasari oleh sisi emosional seseorang. Tiap orang memiliki kemampuan mengelola emosi yang berbeda. Penting untuk anak mengenali setiap perasaan dan emosi yang keluar sehingga anak lebih bisa berempati dengan keadaan. (template)