Blog

Manfaat Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Laporan keuangan merupakan suatu informasi yang menggambarkan keadaan suatu perusahaan, salah satu manfaat laporan keuangan adalah sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak manajemen perusahaan. Berikut beberapa manfaat laporan keuangan menurut para ahli.

* Manfaat laporan keunagan menurut Martono dan Agus (2010:52) : laporan keuangan yang baik dan akurat memiliki beberapa manfaat antara lain :
1. Pengambilan keputusan investasi
2. Keputusan pemberian kredit
3. Penilaian aliran kas
4. Penilaian sumber ekonomi
5. Melakukan klaim terhadap sumber dana
6. Menganalisis perubahan yang terjadi terhadap sumber dana
7. Menganalisis penggunaan dana

* Manfaat laporan keuangan menurut Sukardi dan Kurniawan (2010:187) manfaat laporan keuangan adalah:
1. Bagi manajemen, sebagai dasar memberikan kompensasi
2. Bagi pemilik perusahaan, sebagai dasar untuk menilai peningkatan nilai perusahan
3. Bagi supplier, untuk mengetahui besarnya kemungkinan pembayaran utang
4. Bagi bank, sebagai bukti bahwa perusahaan itu liquid dan mempunyai working capital

* Manfaat laporan keuangan dikemukakan oleh Fahmi (2012:5) yang menyatakan bahwa:
“Dengan adanya laporan keuangan yang disediakan pihak manajemen perusahaan maka sangat membantu pihak pemegang saham dalam proses pengambilan keputusan, dan sangat berguna dalam melihat kondisi pada saat ini maupun dijadikan sebagai alat untuk memprediksi kondisi masa yang akan datang”.

Berdasarkan pendapat para ahli di atas tentang manfaat laporan keuangan dapat disimpulkan bahwa manfaat laporan keuangan adalah sebagai alat ukur hasil usaha, sebagai pedoman untuk pengambilan keputusan serta sebagai dasar penilaian peningkatan nilai perusahaan. Laporan keuangan juga bermanfaat bagi pihak luar perusahaan seperti pihak bank untuk mengetahui likuid atau tidaknya perusahaan itu dan mempunyai cukup modal kerja. Manfaat dari adanya laporan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam proses pengambilan keputusan demi kemajuan perusahaan dimasa yang akan datang.

Pembahasan terkait lainnya :

by maket creator

Akuntansi