Blog

Kebudayaan Adalah Pengertian Fungsi Ciri Dan Contoh LENGKAP

Ilustrasi oleh dribbble.comKebudayaan adalah cara berpikir, cara bertidak, dan objek material yang bersama-sama membentuk cara hidup manusia.

Kebudayaan memiliki akar kata budaya. Budaya sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu buddayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi yang berarti akala tau budi (Soekamto, 2012). Kebudayaan kemudian diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan alata tau budi.

Dalam Bahasa Inggris, budaya disebut dengan istilah culture. Kata culture berasal dari Bahasa Latin yaitu colere yang artinya mengolah atau mengerjakan, dalam konteks ini adalah mengolah tanah atau bertani.

Kebudayaan ini dipelajari oleh berbagai disiplin ilmu, khususnya dari rumpun sosial humaniora, misalnya antropologi, sosiologi, sejarah, dan arkeologi. Sebenarnya juga ada disiplin ilmu yang benar-benar mempelajari kebudayaan yaitu ilmu budaya (culture studies).

Beberapa ahli mencoba mendefinisikan apa itu budaya. Berikut adalah definisi budaya menurut para ahli

1. Kebudayaan menurut E.B Taylor
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan, serta kebiasaam-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

2. Kebudayaan menurut Selo Soermardjan dan Soelaeman Soemadi
Kebudayaan adalah hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat

3. Kebudayaan menurut J.Macionis
Kebudayaan adalah cara berpikir, cara bertidak, dan objek material yang bersama-sama membentuk cara hidup manusia. Kebudayaan meliputi apa yang kita pikirkan, bagaimana kita bertindak, dan apa yang kita miliki.

4. Kebudayaan menurut Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, dan tindakan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar

5. Kebudayaan menurut Levi Strauss
Budaya merupakan komponen struktur sosial yang berasal dari alam pemikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk suatu kebudayaan

6. Kebudayaan menurut Ralph Linton
Budaya adalah segala pengetahuan, pola pikir, perilaku ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat di mana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun menurun.

Fungsi Kebudayaan
* Kebudayaan berfungsi untuk menjadi pedoman hidup berprilaku. Hal ini diwujudkan dalam bentuk nilai, norma, ataupun hukum. Oleh sebab itu maka kebudayaan seperti ini terus diturunkan dari generasi ke generasi (shared culture)

* Kebudayaan juga berfungsi sebagai alat atau media yang membantu hidup manusia yang diwujudkan dalam penciptaan teknologi. Mneurut Soerjono Soekamto, setidaknya ada 7 unsur dalam teknologi yaitu senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, rumah dan tempat berlindung, serta alat atau moda transportasi.

* Kebudayaan juga dapat berfungsi sebagai kontrol sosial atau tata tertib bagi masyarakat.

Karakteristik Kebudayaan
Karakteristik dari kebudayaaan antara lain sebagai berikut:

1. Mempelajari perilaku manusia
2. Bersifat abstrak, berupa ide, gagasan ataupun keyakinan
3. Produk manusia, diciptakan oleh manusia atau sekelompok manusia
4. Budaya meliputi sikap, nilai dan pengetahuan
5. Objek materi yang diwujudkan dalam teknologi
6. Dibagikan dan diteruskan oleh anggota masyarakat
7. Budaya merupakan cara hidup
8. Menghadapi perubahan atau dinamis

Sifat Hakikat Kebudayaan
1. Kebudayaan bersifat universal, namun perwujudan kebudayaan mempunyai ciri-ciri khusus yang sesuai dengan situasi maupun lokasinya.
Untuk menjelaskan ini, kita dapat belajar dari pepatah “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”, jadi untuk mengaplikasikan suatu kebudayaan, kita harus melihat konteks lokasi dan masyarakatyang bersangkutan

2. Kebudayaan bersifat stabil, tetapi juga dinamis.
Seiring perkembangan zaman, tentulah terjadi perubahan pada budaya, namun perubahan ini umumnya terjadi bertahap.

Jika budaya tidak berubah mengikuti perkembangan zaman, umumnya budaya tersebut akan mati dan ditinggalkan sehingga budaya merupakan hal yang dinamis

3. Kebudayaan mendisi dan menentukan jalan kehidupan manusia.
Kebudayaan merupakan atribut daru manusia. Ia mengisi kehidupan manusia dan membantu kehidupan manusia, namun kebudayaan juga dapat menentukan kehidupan manusia ke depannya, seperti kehidupan manusia di masa modren yang sangat bergantung pada internet dan teknologi

Perubahan Budaya
Seperti yang dusah disinggung sebelumnya, bahwa budaya adalah hal yang dinamis. Perubahan budaya ini dipengaruhhi oleh beberapa hal yaitu:

1. Invention, yaitu penemuan atau penciptaa hal baru umumnya berupa teknologi misalnya penemuan telepon dan komputer
2. Discovery, yaitu penemuan terhadap suatu benda atau fenomena yang sudah ada sebelumnya misalnya penemuan Benua Amerika oleh Colombus
3. Digusi, yaitu proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan misalnya penyebaran budaya K-Pop ke seluruh penjuru dunia.

Istilah dalam Kebudayaan
* Culture shock, yaitu disorientasi individu ketika mengalami budaya yang tidak familiar dengannya
* Multikultural, keadaan di mana satu tempat dipenuhi oleh keberagaman budaya dan keberagaman tersebut dapat menyatu
* Integrasi budaya, hubungan yang dekat di antara elemen-elemen dalam suatu sistem budaya
* Culture lag, fakta dalam sebuah unsur budaya terdapat perubahan yang lebih cepat dibanding seharusnya sehingga terjadi semacam ketidaksiapan pada sistem budaya untuk menerima perubahan itu
* Etnosentrisme, yaitu praktek menilai budaya lain dengan standar budaya sendiri
* Relativisme budaya, yaitu praktek menilai budaya berdasarkan standar masing-masing

Contoh Kebudayaan Indonesia
Berikut merupakan contoh-contoh hasil perkembangan kebudayaan di Indonesia.

* Bahasa daerah
* Rumah adat
* Pakaian adat
* Tarian dan pertunjukan
* Senjata tradisional
* Lagu daerah
* Upacara adat

Referensi: studiobelajar.com|olympics30.com