Blog

Jangan Panik Begini Cara Cepat Kembalikan Indra Penciuman Yang Hilang

JAKARTA, iNewsKediri- Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang ternyata tidak begitu sulit untuk dilakukan. Indra penciuman yang hilang atau anosmia memang telah lumrah terjadi pada penderita pilek, alergi, maupun covid-19.

Anosmia akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu mingguan atau bulanan. Meskipun begitu, kondisi tersebut tentu membuat penderita menjadi sangat tidak nyaman karena aktivitasnya akan terganggu.

Saat mengalami anosmia, penderita bisa saja kehilangan nafsu makan karena tidak bisa mencium aroma makanan seperti biasanya. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang dengan lebih cepat. Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang

1. Membersihkan Hidung

Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang pertama adalah dengan membersihkan hidung. Hidung yang tersumbat tentu akan menghalangi kemampuan indra penciuman untuk bekerja dengan baik. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membersihkan saluran hidung menggunakan Nasal Spray untuk mempercepat pemulihan kemampuan mencium indra penciuman. Tak hanya Nasal Spray, Anda bahkan bisa menggunakan air hangat dan garam dengan cara menghirupnya ke dalam lubang hidungAnda lalu mengeluarkannya selang waktu dua sampai tiga detik.

2. Konsumsi Bawang Putih

Cara mengembalikan indra penciuman selanjutnya adalah mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih dikenal memiliki sifat antivirus yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, maka hal tersebut dapat mengembalikan indra perasa yang hilang di jalur napas dan rongga mulut. Berikut cara mudah mengolah bawang putih yang bisa Anda lakukan di rumah: Haluskan 4-5 siung bawang putih, lalu campurkan ke dalam air mendidih. Kemudian rebus selama 2 menit dan masukkan sedikit garam. Minumlah saat masih hangat. Lakukan dua kali sehari supaya indra penciuman Anda normal kembali.

3. Melatih Indra Penciuman

Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang selanjutnya yaitu melatih indra penciuman. Selain membersihkan saluran hidung, Anda juga harus melatih indra penciuman agar kembali terbiasa mencium berbagai aroma yang ada. Anda bisa menggunakan benda-benda yang memiliki aroma yang khas dan menyengat, seperti daun mint, cengkeh, kayu manis, maupun minyak kayu putih. Tak butuh waktu lama, Anda bisa menghirup aroma benda-benda tersebut hanya selama 20 detik setiap harinya hingga indra penciuman Anda kembali normal.

4. Mengonsumsi Jahe

Cara mengembalikan indra penciuman yang hilang berikutnya dengan mengkonsumsi jahe. Jahe dapat meminimalisir penyumbatan yang terjadi di saluran hidung akibat penumpukan lendir. Dengan demikian, mengonsumsi jahe yang diseduh dengan air hangat akan mempercepat pemulihan indra penciuman yang sempat hilang. Sebelum diminum, Anda bisa menghirup aromanya terlebih dahulu karena jahe memang merupakan rempah-rempah dengan aroma yang khas sehingga bagus untuk melatih indra penciuman. Namun Anda tetap harus berobat ke dokter jika ternyata Anda belum pulih, bahkan setelah menerapkan beberapa cara mengembalikan indra penciuman yang hilang tersebut selama berbulan-bulan lamanya.

5. Konsumsi Cabai

Cara mengembalikan indra penciuman yang terakhir adalah mengkonsumsi cabai Kandungan vitamin C dan capsaicin yang terdapat di cabai ternyata juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Di samping itu, rempah yang satu ini pun bermanfaat untuk meningkatkan fungsi indra penciuman, serta membersihkan hidung yang tersumbat. Nah, untuk memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus Covid-19, Anda harus pastikan mencampur cabai ke dalam secangkir air, kemudian tambahkan madu.

Editor : Moch Robby