Blog

Ini 7 Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Updated 2020

Karena tinggal di negara tropis dan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, muncul, deh, flek hitam di wajah. Belum lagi bila ada bekas jerawat yang semakin mewarnai wajah dengan flek hitam. Frustasi? Berikut ini 7 cara ampuh menghilangkan flek hitam di wajah untuk selamanya. Mau coba?

Ini 7 cara ampuh menghilangkan flek hitam di wajah untuk selamanya.
Cara menghilangkan flek hitam berikut ini dimulai dari menghentikan kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan inflamasi pada kulit dan akhirnya menghasilkan flek hitam hingga perawatan lanjut oleh profesional. Kamu tinggal cermati mana saja yang kira-kira sudah perlu kamu lakukan sesuai dengan kondisi kulitmu saat ini.

1. Hentikan kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat secara paksa
Hindari menyentuh apalagi memencet jerawat. (Foto: Shutterstock)Pertama dan paling utama, tahan tangan untuk menyentuh apalagi memencet paksa jerawat yang sedang matang-matangnya bila tidak ingin ia membekas menjadi flek hitam. Tahan juga tangan kamu saat wajah terasa merah dan gatal saat lama terkena panas matahari.

Tanganlah yang biasanya membuat wajah teriritasi dan menimbulkan banyak flek hitam. Jadi, lain kali kamu ingin menyentuh wajah dengan jari-jari tangan, pastikan mereka dalam keadaan bersih.

[blproducts title=”Beli sekarang acne patch untuk mencegah jerawat terus disentuh dan terkontaminasi” ids=”25rewje,hga82c,1yohvbh”]

2. Lalukan eksfoliasi secara rutin dan teratur
Eksfoliasi wajah menggunakan exfoliatiang toner. (Foto: Shutterstock)Flek hitam baik bekas jerawat atau pun sunspot bisa terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati dan melanin sehingga bagian kulit tersebut jadi tampak menghitam. Untuk itu kamu perlu mengangkatnya dan mempercepat regenerasi sel kulitmu.

Caranya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, baik menggunakan bahan kimia seperti toner atau pads, atau pun menggunakan bahan fisik seperti scrub wajah. Tapi jangan sampai berlebihan, karena jika berlebihan justru kulitmu akan mudah iritasi dan breakout. Cari tahu di sini seberapa sering sebaiknya kamu melakukan eksfoliasi.

[blproducts title=”Beli sekarang exfoliating toner” ids=”22j91oy,ckd7qq,1uzhzz3″]

3. Bantu dengan serum vitamin C
Mario Badescu Vitamin C Serum adalah salah satu serum vitamin C yang dapat menghilangkan bintik hitam pada wajah. (Foto: Instagram/mariobadescu)Vitamin C diketahui sebagai bahan yang sangat baik untuk mencerahkan warna kulit sekaligus mempercepat regenerasi kulit. Untuk itu, bahan yang satu ini sangat berguna bagi menghilankan flek hitam, khususnya bekas jerawat. Lebih efektif gunakan di malam hari, setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap. Akan lebih efektif bila kamu menggunakan pelembap yang mengandung vitamin E untuk mem-boost kerja vitamin C pada serumnya.

Hindari menggunakanya di pagi hari, karena vitamin C termasuk jenis acid yang mudah terbakar matahari. Jika pun mau, pastikan kamu selalu menggunakan suncreen dan mengaplikasikan ulang suncreen secara rutin.

[blproducts title=”Beli sekarang serum vitamin C” ids=”8ve97s,k4wyyv,17e1a7g”]

Baca juga: 5 Serum Vitamin C yang Dapat Menghilangkan Bintik Hitam Pada Wajah

4. Gunakan serum atau essence dengan bahan pencerah non-acid
Alpha Arbutin, salah satu pencerah dalam skincare. (Foto: The Ordinary)Selain serum vitamin C, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan untuk mencerahkan untuk menghilangkan flek hitam seperti alpha arbutin, niacinamide dangalactomyces.Khususnya untuk kamu yang kulitnya sensitif terhadap pada vitamin C atau bahan acid lainnya.

Gunakan essence atau serum dengan kandungan tersebut setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap. Jika ingin menggunakan di pagi hari, pastikan kamu menggunakan suncreen.

[blproducts title=”Beli serum untuk mencerahkan di sini” ids=”15i2km3,mk3c2x,ggkt9y”]

Baca juga: Ingin Mencerahkan Wajah? Pakai Skincare dengan 5 Bahan Pencerah Kulit Ini

5. Ekstrak snail untuk mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi kulit
Kandungan ekstrak snail bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi kulit. (Foto: dok. BukaReview)Ekstrak snail atau siput diketahui mempunyai kemampuan yang baik untuk meremajakan dan menyembuhkan kulit dengan cepat. Ya, bintik hitam, khususnya bekas jerawat adalah bekas luka yang menghitam, yang berarti sel kulitnya terluka dan mengalami kerusakan.

Untuk itu, perlu bahan yang bisa mempercepat proses penyembuhan juga regenerasi dan peremajaan kulit sehingga sel kulit baru yang sehat cepat terbentuk. Ektraks snail bisa melakukan itu pada kulitmu.

[blproducts title=”Beli sekarang produk dengan kandungan snail dari COSRX” ids=”lxpkhv,fk6f86,ds90x6″]

Baca juga:Jangan Jijik Dulu, Ini 8 Manfaat Lendir Siput untuk Kulit Kamu!

6. Wajib gunakan sunscreen setiap hari!
Gunakan suncreen setiap hari. (Foto: Shutterstock)Produk dengan kandungan SPF bukanlah produk yang hanya kamu gunakan saat liburan ke pantai saja, lho. Untuk melindungi wajah dari munculnya flek hitam, sebaiknya gunakan produk dengan SPF setelah menggunakan pelembap kulit. Angka pada SPF menentukan berapa lama produk dapat melindungi kulit.

Untuk SPF 30, artinya selama 10 x 30: 300 menit (5 jam) kulit akan terlindungi dari bahaya sinar matahari. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan kembali SPF bila masa kerja SPF sudah habis, ya.

Untuk sehari-hari sebenarnya kamu cukup memakai sunscreen dengan SPF 30, namun jika kamu sekiranya akan terpapar banyak sinar matahari, maka memakai suncreen dengan SPF di atas itu, sampai 50 juga boleh dilakukan.

[blproducts title=”Beli sekarang sunscreen wajah Korea” ids=”1qhzutx,etqe8d,10sjpzv”]

Baca juga:10 Rekomendasi Sunblock Korea yang Cocok untuk Kulit Berminyak (Updated 2019)

7. Dokter spesialis untuk perawatan lebih lanjut
Melakukan perawatan lanjutan di dokter seperti peeling atau laser. (Foto: Shutterstock)Jadikan ini sebagai langkah terakhir jika memang kamu sudah mencoba semua langkah di atas selama lebih dari satu tahun dan tidak ada perubahan yang tampak. Spesialis kulit dan kecantikan biasanya akan menyarankan proses peeling ataupun perawatan laser, bergantung pada kondisi flek hitam pada wajah tiap pasien.

Tidak perlu khawatir dengan dua proses ini. Ada kalanya peeling dan laser memang solusi pilihan yang dapat memperbaiki dan meregenerasi. Khususnya jika flek hitam yang terjadi memang sudah cukup dalam dan sulit dihilangkan hanya dengan skincare biasa.

[blproducts title=”Beli peeling serum di sini” ids=”28evfp5,28ah2uq,1z3typb”]

Jadi, sudah siap melawan flek di wajah?

(Gita Chandra/ Aisha Ria Ginanti)