Blog

Doa Sholat Jenazah Latin Dan Artinya Lengkap Dengan Tata Cara Yang Benar Agar Sah

ilustrasi sholat jenazah. ©2018 arrahmah.co.id Merdeka.com – Dalam ajaran Islam, ketika ada orang yang meninggal harus segera dikuburkan. Namun sebelum dikebumikan, jenazah harus dimandikan dan disholatkan lebih dulu.

Bagi umat muslim, jenazah tidak boleh terlalu lama dibiarkan. Wajib untuk segera dirawat atau diurus. Jenazah harus segera dikubur agar beristirahat dengan tenang.

Doa sholat jenazah dipanjatkan setiap setelah takbiratul ikhram. Bahkan di setiap takbirnya tersebut, doa sholat jenazah dilantunkan dengan kalimat yang berbeda. Termasuk dengan jenis kelamin sang jenazah.

Seperti jika jenazahnya laki-laki atau perempuan, dewasa atau masih anak-anak dan bayi. Semua doa sholat jenazah yang dipanjatkan, akan disesuaikan.

Agar sekembalinya jenazah ke Pangkuan Ilahi atau sebelum masuk ke liang lahat, doa sholat jenazah ini bisa membantu menjadi penerang mereka.

Seperti diketahui, sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah, yakni wajib dikerjakan, tapi jika sudah ada seorang muslim lain yang melaksanakannya kewajiban menjadi gugur.

Bacaan doa sholat jenazah dipanjatkan dalam setiap empat takbir, serta ada doa sesudah sholat. Terdapat kalimat penggalan doa yang mudah dihafal dan sholat tetap dianggap sah.

Simak doa sholat jenazah latin dan artinya berikut ini lengkap dengan tata caranya yang benar, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (22/3).

Rukun Sholat Jenazah
Sebelum melangkah dalam materi doa sholat jenazah, alangkah baiknya kita memahami dulu rukun dari sholat jenazah itu sendiri.

Melansir dari NU online, Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani dalam kitabnya berjudul ‘Tausyih ala Ibni Qasim’ menjelaskan secara ringkas mengenai 7 rukun sholat jenazah yang harus dipenuhi. Bahkan wajib dilakukan secara berurutan, sebagai berikut:

1. Niat
2. Berdiri
3. Takbir empat kali
4. Membaca surat al-Fatihah
5. Membaca shalawat nabi
6. Mendoakan Jenazah
7. Mengucap Salam

Sholat jenazah tidak dilakukan dengan rukuk dan sujud, serta tanpa adzan dan iqamah. Dalam sebuah hadist, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Lalu barang siapa yang menyaksikan jenazah hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth. Ada yang bertanya, Apa yang dimaksud dua qiroth? Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam lantas menjawab, Dua qiroth itu semisal dua gunung yang besar.” (Muttafaqun alaih). [kur]

Baca juga:
Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW
Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini, Ingat Mengqadha Hukumnya Wajib
Fungsi Azan Selain Panggilan Solat yang Jarang Diketahui, Pahami juga Keutamaannya

Tata Cara Sholat Jenazah Laki-Laki
Tata cara sholat jenazah laki-laki memiliki perbedaan dengan prosesi menyalatkan jenazah perempuan. Posisi imam berada sejajar dengan kepala sang jenazah laki-laki.

Hal ini berdasarkan yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud dari Nafi bin Abi Gholib Al-Khoyyat berkata:

“Saya menyaksikan Anas bin Malik mensalati jenazah laki-laki dan beliau berdiri searah dengan kepalanya.” (Imam Ahmad no. dan Abu Dawud no. 3141)

Sebaiknya sholat jenazah dilakukan di masjid. Tapi jika terlalu jauh dari rumah duka, bisa ditunaikan di mushola terdekat. Bagi yang tertinggal sholat jenazah, dapat melakukannya setelah dimakamkan. Bila ternyata jenazah sudah dimakamkan tapi belum disholatkan, bisa dilakukan di dekat kuburnya.

Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan

©2018 Merdeka.com

Sedangkan untuk tata cara sholat jenazah perempuan, posisi imam berada sejajar dengan bagian perut atau tali pusar. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Samurah bin jundub radhiallahuanhu, berkata yang artinya:

“Saya sholat di belakang Nabi sallallahualaihi wa sallam terhadap wanita yang meninggal karena nifasnya, kemudian beliau berdiri di tengahnya.” (HR. Bukhori, 1331 dan Muslim, 964)

Selain posisi imam yang berbeda, untuk mengkafani jenazah perempuan juga ada perbedaan. Menurut sebagian ulama disunnahkan wanita menggunakan 5 helai kain kafan. Tapi ini termasuk hadis yang lemah.

Oleh sebab itu, boleh menggunakan 3 helai namun lebih lebar, juga boleh menggunakan 5 helai kain. Selanjutnya disunnahkan menambahkan sarung, jilbab, dan gamis bagi jenazah wanita.

Mengkafani jenazah menggunakan tiga helai kain juga termasuk disunnahkan, seperti yang tertuang dalam hadis dari Aisyah radhiallahuanha, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam dikafankan dengan 3 helai kain putih sahuliyah dari Kursuf, tanpa gamis dan tanpa imamah.” (HR. Muslim no. 941).

Baca juga:
Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW
Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini, Ingat Mengqadha Hukumnya Wajib
Fungsi Azan Selain Panggilan Solat yang Jarang Diketahui, Pahami juga Keutamaannya

Membaca Niat Sholat Jenazah

Niat ini dilafalkan dalam hati sekaligus bersamaan dengan takbiratul ihram. Layaknya membaca niat dalam sholat fardhu. Adapun lafal niat doa sholat jenazah, berjenis kelamin laki-laki sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ : أُصَلِّيْ عَلَى هَذَا المَيِّتِ الطِّفْلِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّٰهِ تَعَالَى. اللهُ أَكْبَرُ

USHOLLI ‘ALAA HAADZIHIL MAYYITI ARBA’A TAKBIRATATIN FARDHOL KIFAYAATAI IMAAMAN / MA’MUUMAN LILLAHI TA’AALA

Artinya: Saya niat Sholat atas mayit laki-laki ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai imam / makmum karena Allah Taala

Sementara bacaan niat dalam doa sholat jenazah perempuan sebagai berikut:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI ‘ALA HADZAHIHIL MAYYITATI ARBA’A TAKBIROTIN FARDHO KIFAYATIN IMAMAN/MA’MUMAN LILLAHI TA’ALA

Artinya: “Saya niat sholat atas jenazah perempuan ini empat kali takbir fardu kifayah, sebagai imam/makmum hanya karena Allah Ta’ala.”

Berdiri bagi yang mampu sholat jenazah. Kemudian melakukan takbir sebanyak empat kali dalam sholat, maksudnya takbiratul ihram.

1. Takbir Pertama: Membaca Surah Al Fatihah
Setelah membaca niat dalam hati yang bersamaan dengan takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca surah Al Fatihah dalam rangkaian doa sholat jenazah ini. Tanpa surat pendek Alquran, berbeda dengan sholat pada umumnya.

أعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ # الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ # اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ # مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ # إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ # اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ # صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَـيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّالِّينَ.

Latin: “Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm, al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn, ar-raḥmānir-raḥīm, māliki yaumid-dīn, iyyāka na’budu wa iyyāka nasta’īn, ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm, ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

2. Takbir Kedua: Membaca Shalawat Nabi
©2022 Merdeka.com/Dok. Kemenag Sulsel

Kita diperbolehkan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW yang versi pendek maupun panjang.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ.

Allahuma shalli alaa Muhammad

Artinya : Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad

Lebih sempurna lagi, bila dibaca dengan lengkap seperti berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ. كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيْمَ. وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ. كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيْمَ. فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMA WA ALAA ALI SAYYIDINAA MUHAMMAD, KAMA SHOLAITA ALAA SAYYIDINA IBROHIM WA ALAA SAYYIDINA IBROHIM, WA BARIK ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA ALAA ALI SAYYIDINA MUHAMMAD, KAMA BARAKTA ALAA SAYYIDINA IBROHIM WA ALAA ALI SAYYIDINA IBROHIM, FIL ALAAMINAA INNAKA HAMIIDUM MAJIID

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta keluarganya, sebagaimana Engkau telah beri berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Bahwasanya Engkau Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.

Baca juga:
Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW
Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini, Ingat Mengqadha Hukumnya Wajib
Fungsi Azan Selain Panggilan Solat yang Jarang Diketahui, Pahami juga Keutamaannya

3. Takbir Ketiga: Doa Sholat Jenazah
Pada takbir ketiga, terdapat bacaan doa yang dipanjatkan untuk mendiang jenazah. Berikut untuk doa sholat jenazah laki-laki di takbir ketiga:

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

ALLAHHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA’AAFIHI WA’FUANHU.

Artinya: “Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.”

Selanjutnya untuk doa sholat jenazah laki-laki versi lengkap atau panjangnya sebagai berikut:

للهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummagfir lahuu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahuu wa wassi’ madhkhalahuu waghsilhu bil maa-i-wats-tsalji walbaradi wa naqqihii minal-khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul-abyadhu minad-danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa raujan khairan min zaujihi waqihii fitnatal-qabri wa’adzaaban-naar

Artinya: “Ya Allah ampunilah dia dan kasihanilah dia, sejahterakan dia dan ampunilah dosa dan kesalahannya, hormatilah kedatangannya, dan luaskan lah tempat tinggalnya, bersihkan lah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkan lah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih yang bersih dari segala kotoran, dan ganti lah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya yang dahulu, dan ganti lah baginya ahli keluarga yang lebih baik daripada ahli keluargnya yang dahulu, dan pelihara lah ia dari siksa kubur dan adzab api neraka,”

Doa Sholat Jenazah Perempuan

Doa jenazah perempuan, pengucapan ‘HU’ diganti menjadi ‘HA’ yang berarti ‘-nya’ (kepemilikan), hal ini berlaku untuk doa versi pendek maupun panjang, seperti berikut ini:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

ALLAHHUMMAGHFIR LAHA WARHAMHA WA’AAFIHA WA’FUANHA

Artinya: “Ya Allah ampunikah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.”

Doa sholat jenazah perempuan versi panjang:

ALLAAHUMMAGHFIR LA-HAA WARHAM-HAA WAAFI-HAA WAFU AN-HAA,
WA AKRIM NUZUULA-HAA, WAWASSI MADKHOLA-HAA, WAGHSIL-HAA BIL MAA-I WATS TSALJI WAL-BARADI, WANAQQI-HAA MINAL KHATHAYAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYAD-HAA MINAL DANASI, WA ABDIL-HAA DAARAN KHAIRAN MIN DAARI-HAA, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLI-HAA, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAU-JI-HAA, WAQI-HAA FITNATAL QABRI WAADZABAN NAARI

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah dia berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau suami di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), suami yang lebih baik daripada suaminya, dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.” Doa sholat jenazah anak dan bayi.

4. Takbir Keempat: Membaca Doa untuk Jenazah
Membaca doa sholat jenazah laki-laki di takbir keempat, sebagai berikut:

اللهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

ALLAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRO-HU WALAA TAFTINAA BA’DA-HU WAGHFIR LANAA WA LA-HU” (doa versi pendek yang mudah dihapal)

WA LI IKHWANINA LADZINA SABAQQUUNA BIL IMAANI WA LA TAJ’AL FI QULUUBINA GILAL LILADZINA AMANUU ROBBANA INNAKA ROUUFUR ROHIIM (digabung dengan di atasnya sebagai versi lengkap)

Artinya: “Ya Allah, jangan lah kiranya pahalanya tidak sampai kepada kami dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalannya, dan ampunmilah kami dan dia.”

Sedangkan untuk doa sholat jenazah perempuan di takbir keempat membaca lantunan berikut ini:

ALLAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRO-HAA WALAA TAFTINAA BADA-HAA WAGHFIR LANAA WA LA-HAA (doa versi pendek yang mudah dihapal)

WA LI IKHWANINA LADZINA SABAQUUNA BIL IMAANI WA LA TAJAL FI QULUUBINA GILLAL LILLADZINA AMANUU ROBBANA INNAKA ROUUFUR ROHIIM (gabung dengan doa di atas untuk menyempurnakan doa)

Artinya :

“Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya serta ampunilah kami dan dia, dan juga bagi saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian terhadap orang-orang yang beriman (berada) dalam hati kami. Wahai Rabb kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

Lebih sempurna lagi jika doanya dibacakan keseluruhan. Menggabungkan kedua kalimat doa di atas.

Baca juga:
Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW
Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini, Ingat Mengqadha Hukumnya Wajib
Fungsi Azan Selain Panggilan Solat yang Jarang Diketahui, Pahami juga Keutamaannya

Salam dan Doa Sesudah Sholat Jenazah
Memalingkan kepala ke kanan dan ke kiri sambil mengucap salam, layaknya menutup sholat pada umumnya:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKAATUH

Artinya : Keselamatan dan Rahmat Allah Semoga tetap kepada Kamu sekalian

Ada dua kalimat doa sesudah sholat jenazah yang dapat dipanjatkan untuk mayit, Anda bisa memilih salah satu.

Pertama: Doa Sesudah Sholat Jenazah

Bismillahhir-rahmaanir-rahiim

ALLAHUMMAGHFIRLI HAYYINA WA MAYYITINA WA SHAHIDINA WA GHAIBINA WA DHAKARINA WA UNTHANA WA SAGHIRINA WA KABIRINA. ALLAHUMMA, MAN AHYAYTAHU MINNA FA AHYIHI ALAL ISLAM WA MAN TAWAFFAYTAHU MINNA FA TAWAFFAHU ALAL IMAN WA KHUSSA HADHAL MAYYITA BIRRAWHI WARRAHATI WAL MAGHFIRATI WARRIDWAN. ALLAHUMMA IN KANA MUHSINAN FAZID FI IHSANIHI WA IN KANA MUSIAN FATAJAWAZ ANHU WA LAQQIHIL AMNA WAL BUSHRA WAL KARAMATA WAZZULFA BIRAHMATIKA YA ARHAMARRAHIMIN.

Artinya :

Ya Allah ampunilah di antara kami orang yang masih hidup dan yang mati, yang hadir dan yang tidak, yang kecil dan besar, laki-laki dan perempuan. Ya Allah, siapa pun di antara kami yang masih Engkau anugerahkan kehidupan, hidupkanlah ia atas Islam, dan orang yang Engkau wafatkan di antara kami, wafatkankan ia atas iman. Ya Allah, janganlah Engkau jauhkan kami dari pahalanya dan jangan Engkau sesatkan kami sepeninggalnya. (HR. Muslim dan empat imam), Kitab Bulughul Maram.

Kedua: Doa Sesudah Sholat Jenazah

“Bismillahhir-rahmaanir-rahiim”

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMA WA ALAA ALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. ALLAHUMA BI HAQQIL-FAATIHAH. ITIQ RIQAABAANAA WA RIQAABA HAADZAL-MAYYITI (jenazah laki-laki) / HAADZIHIL MAYYITATI (jenazah perempuan) MINAN-NAAR ( 3 X ).

ALLAHUMA ANZILIR-RAHMATA WAL MAGHFIRATA ALAA HAADZAL MAYYITI (jenazah laki-laki) / HAADZIHIL MAYYITATI (jenazah perempuan) WAJAL QABRAHU (HAA)

RAUDHATAN MINAL-JANNAH. WA LAA TAJALHULAHU (LAHAA) HUFRATAN MINAN-NIIRAAN. WA SHALLALLAHU ALAA KHAIRI KHALQIHI SAYYIDINA MUHAMMADIN WA AALIHI WA SHAHBIHI AJMAIINA WAL-HAMDULILLAHI RABBIL-AALAMIIN.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, dengan berkahnya surat al-Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayit ini dari siksaan api neraka. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayit ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surge dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Dan semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulianya makhluk-Nya, yaitu junjungan kami Nabi Muhamamad dan keluarganya, serta sahabat-sahabatnya sekalian, dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Catatan doa sholat jenazah: ganti menjadi akhiran HUU untuk jenazah laki-laki, serta akhiran HAA untuk jenazah perempuan. Doa ini dibacakan seusai sholat Jenazah dan sholat Gaib.

Baca juga:
Surah Al Kautsar Latin dan Artinya, Berkaitan dengan Kisah Kematian Putra Nabi SAW
Niat Puasa Ganti Ramadhan Hari Ini, Ingat Mengqadha Hukumnya Wajib
Fungsi Azan Selain Panggilan Solat yang Jarang Diketahui, Pahami juga Keutamaannya