Blog

DEFINISI KOMUNIKASI DAN PENYULUHAN MENURUT PARA AHLI

1. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (informasi) dari sumber ke penerima.
2. Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggriscommunicationberasal dari kata latincommunicatio, dan bersumber dari katacommunisyang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna. Komunikasi adalah proses pernyataan antar manusia, dan yang dinyatakannya itu adalah pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai penyalurnya.
3. Istilah alternatif untuk penyuluhan dalam bahasa Belanda, digunakan katavoorlichtingyang berarti memberi penerangan untuk menolong seseorang menemukan jalannya.
4. Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah proses penyampaianpesanoleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
5. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).
6. Komunikasi adalah pesan yang disampaikan kepada komunikan(penerima) dari komunikator(sumber) melalui saluran-saluran tertentu baik secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/effect kepada komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator.Yang memenuhi 5 unsur who, says what, in which channel, to whom, with what effect.
7. Komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhisatu sama lainnya, sengaja atautidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal,tetapi juga dalam hal ekpresimuka,lukisan,seni,dan teknologi. (Shannon & weaver).
8. Komunikasi adalah suatu proses menyortir,memilih,dan mengirimkan symbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkanmaknaatau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.(Raymond S. Ross)
9. Komunikasi adalahpengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami. (Alo Liliweri)
10. Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang(komunikator) menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain. (Carl I.Hovland)
11. Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna. (Judy C pearson & Paul Emelson)
12. Komunikasi adalah proses makna diantara duaorang atau lebih. (Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss)
13. Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagsan dan perasaan. (William I. Gordon)
14. Komunikasi adalah seni untukmenyampaikan informasi, ide-ide seseorang kepada orang lain. (M. Djenamar. SH.)
15. Komunikasi adalahproses pengoperan lambangyangberarti diantara individu-individu.(William Albig)
16. Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal. (Murphy & Mendelson)
17. Komunikasi merupakan sitem aliran yang menghubungakan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi. (Drs. Redi Panuju,M.Si)
18. Komunikasi adalah pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.(Hoben)
19. Komunikasi merupakan proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku. ( Anderson)
20. Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian,bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego. (Barnlund)
21. Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan.jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.(Lexicographer)
22. Komunikasi adalah proses dengan mana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan,diterima, dan diberi arti. (William J. Seller)
23. Komunikasi adalah penggunaan lambing-lambang (symbols) untuk mencapai kesamaan makna atau berbagi informasi tentang satu objek atau kejadian. Informasi disampaikan diterima secara akurat, receiver akan memiliki informasi yang sama seperti yang dimiliki sender, oleh karena itu tindak komunikasi telah terjadi. (Colin Cherry)
24. Komunikasi adalah perilaku verbal atau simbolik di mana sender berusaha mendapatkan satu efek yang diehendakinya pada receiver. (BF. Skinner)
25. Komunikasi adalah adanya satu respons melalui lambing-lambang verbal dimana symbol verbal tersebut bertindak sebagai stimuli untuk memperoleh respons. (FEX Dance)
26. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).(Onong Uchjana Effendy)
27. Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka. (Gerald R. Miller)
28. Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepda satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. (Everett M. Rogers)
29. Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepda penerima. (New Comb)
30. Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan,emosi, keterampilan, dan sebagainya dengan menggunakan symbol-simbol, kata-kata,gambar,grafis, angka, dsb. (Bernard Barelson & Garry A. Steiner)
31. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu system dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan. (Forsdale)

1. Penyuluhanadalah suatu kegiatan penyampaianinformasikepada orang lain, dengan harapan orang tersebut dapat berubah perilakunya dengan mau melaksanakan informasi yang disampaikan.
2. Pengertian penyuluhan dalam arti umum adalah ilmu social yang mempelajari system dan proses perubahan pada individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan (Setiana. L. 2005).
3. penyuluhan dapat dipandang sebagai suatu bentuk pendidikan untuk orang dewasa. Dalam bukunya A.W. van den Ban dkk. (1999) informasi secara sadar dengan tujuan membantu sesamanya memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan yang benar.
4. Definisi Penyuluhan Berdasarkan Undang-undang No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian , Perikanan dan Kehutanan ( SP3K) Penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dalam mengakses informasi informasi pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
5. Penyuluhan adalah proses perubahan perilaku di kalangan masyarakat agar mereka tahu, mau dan mampu melakukan perubahan demi tercapainya peningkatan produksi, pendapatan/keuntungan dan perbaikan kesejahteraanya. Dalam perkembangannya, pengertian tentang penyuluhan tidak sekadar diartikan sebagai kegiatan penerangan, yang bersifat searah (one way) dan pasif. Tetapi, penyuluhan adalah proses aktif yang memerlukan interaksi antara penyuluh dan yang disuluh agar terbangun proses perubahan “perilaku” (behaviour) yang merupakan perwujudan dari: pengetahuan, sikap, dan ketrampilan seseorang yang dapat diamati oleh orang/pihak lain, baik secara langsung (berupa: ucapan, tindakan, bahasa-tubuh, dll) maupun tidak langsung (melalui kinerja dan atau hasil kerjanya).
6. Penyuluhan sebagai proses pendidikan atau proses belajar diartikan bahwa, kegiatan penyebar-luasan informasi dan penjelasan yang diberikan dapat merangsang terjadinya proses perubahan perilaku yang dilakukan melalui proses pendidikan atau kegiatan belajar. Artinya, perubahan perilaku yang terjadi/dilakukan oleh sasaran tersebut berlangsung melalui proses belajar. Hal ini penting untuk dipahami, karena perubahan perilaku dapat dilakukan melalui beragam cara, seperti: pembujukan, pemberian insentif/hadiah, atau bahkan melalui kegiatan-kegiatan pemaksaan (baik melalui penciptaan kondisi ling-kungan fisik maupun social-ekonomi, maupun pemaksaan melalui aturan dan ancaman-ancaman).
7. DC (1995) menyatakan bahwa, penyuluhan tidak sekadar merupa-kan proses perubahan perilaku pada diri seseorang, tetapi merupakan proses perubahan sosial, yang mencakup banyak aspek, termasuk politik dan ekonomi yang dalam jangka panjang secara bertahap mampu diandalkan menciptakan pilihan-pilihan baru untuk memper-baiki kehidupan masyarakatnya.
8. Penyuluhan Sebagai Proses Rekayasa Sosial (Social Engineering) Sejalan dengan pemahaman tentang penyuluhan sebagai proses perubahan sosial yang dikemukakan di atas, penyuluhan juga sering disebut sebagai proses rekayasa sosial (social engineering) atau segala upaya yang dilakukan untuk menyiapkan sumberdaya manusia agar mereka tahu, mau dan mampu melaksanakan peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam sistem sosialnya masing-masing.
9. Margono Slamet (2000) menegaskan bahwa inti dari kegiatan penyu-luhan adalah untuk memberdayakan masyarakat. Memberdayakan berarti memberi daya kepada yang tidak berdaya dan atau mengem-bangkan daya yang sudah dimiliki menjadi sesuatu yang lebih ber-manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan. Dalam konsep pember-dayaan tersebut, terkandung pema-haman bahwa pemberdayaan tersebut diarahkan terwujudnya masyarakat madani (yang beradab) dan mandiri dalam pengertian dapat mengambil keputusan (yang terbaik) bagi kesejahteraannya sendiri.
10. penyuluhan Sebagai Proses Penguatan Kapasitas (Capacity Strenghtening) Yang dimaksud dengan penguatan kapasitas di sini, adalah penguatan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu (dalam masyarakat), kelembagaan, maupun hubungan atau jejaring antar individu, kelom-pok organisasi sosial, serta pihak lain di luar sistem masyarakatnya sampai di aras global. Kemampuan atau kapasitas masyarakat, diarti-kan sebagai daya atau kekuatan yang dimiliki oleh setiap indiividu dan masyarakatnya untuk memobilisasi dan memanfaatkan sumber-daya yang dimiliki secara lebih berhasil-guna (efektif) dan berdaya-guna (efisien) secara berkelanjutan.
11. Penyuluhan Sebagai Proses Komunikasi Pembangunan Sebagai proses komunikasi pembangunan, penyuluh-an tidak sekadar upaya untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan, tetapi yang lebih penting dari itu adalah, untuk menumbuh-kembangkan partisi-pasi masyarakat dalam pembangunan (Mardikanto, 1987).