Blog

Data Sekunder Yang Gak Kalah Penting Buat Skripsimu

Pandemi ini turut berpengaruh dengan cara pengambilan data, terus gimana dong?

Pandemi ini memang menyebabkan masalah bagi banyak orang. Ya, termasuk bagi mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsinya. Bagaimana tidak, proses pengambilan data menjadi terganggu karena pemerintah menetapkan aturan social distancing sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus. Sehingga, jika hendak mengumpulkan data secara langsung dengan observasi dan wawancara menjasi sulit. Sehingga, wawancara dilakukan secara online melalui video call yang saat ini menjadi kebiasaan bagi banyak orang untuk berinteraksi.

Observasi dan wawancara merupakan suatu metode untuk mengumpulkan data primer. Data primer merupakan data yang langsung diperoleh dari lapangan, sering juga dikatakan sebagai data pertama atau data mentah. Selain itu, juga ada data sekunder yang dapat mendukung data primer kita, berbeda dengan data primer, data sekunder adalah data yang analisis dan interpretasi dari data primer atau data yang berkaitan dengan masa lalu yang telah dikumpulkan oleh orang lain sebelum kita.

Kali ini yang akan dibahas adalah data sekunder yang akan mendukung data primermu. Mungkin pengumpulan data primer akan sedikit terganggu karena pandemi. Namun, data sekunder dapat digunakan untuk memperkuat data primer tersebut. Sehingga, data penelitianmu benar-benar komprehensif dan dapat dipastikan valid.

Berikut adalah ciri-ciri data sekunder:

Telah disinggung sebelumnya bahwa data sekunder bersifat pendukung untuk memperkuat data primer, sehingga data primer dapat dipandang lebih valid dan kredibel.

* Bersumber dari pihak ketiga

Data sekunder tidak kita peroleh langsung dari observasi, ataupun wawancara langsung dengan informan. Data ini kita peroleh dari orang ataupun lembaga yang sudah meneliti sebuah topik sebelumnya, yang kita dapatkan biasanya adalah data yang telah diolah, bukan data mentah

* Diambil atau dianalisis secara tidak langsung

Tidak perlu mendatangi sumber datanya langsung, kita dapat memperoleh datanya melalui desktop research saja, atau melalui file fisik yang telah ada, sehingga lebih praktis untuk memperolehnya.

Kamu juga tidak perlu bingung dari mana kamu akan mendapatkan data sekunder tersebut, berikut adalah rekomendasi sumber data sekunder yang dapat kamu manfaatkan untuk skripsimu!

Kamu dapat meminta izin dari perusahaan untuk mengaksesnya jika data tersebut bersifat terbuka dan sifatnya tidak sensitif, dan juga kamu dapat pula mengaksesnya secara online dari websitenya langsung. Misalnya laporan keuangan perusahaan, laporan tahunan perusahaan, dan lain-lain.

* Data Lembaga Pemerintah/Swasta

Data ini juga mudah untuk diakses, misal data dari badan pusat statistik, bursa efek, satu data indonesia, dan lain-lain. Banyak data dari lembaga yang dapat diakses oleh siapa saja, sehingga kamu dapat menemukannya dengan mudah.

Berita menyajikan informasi secara faktual sehingga dapat dimanfaatkan datanya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan analisis terhadap media, tentang sentimen yang ada di media sosial, sehingga dapat mengetahui bagaimana pandangan publik terhadap peristiwa yang terjadi, yang tentu saja dapat dimanfaatkan sebagai data pendukung.

Sumber data sekunder sari jurnal dan artikel tentu saja dapat dimanfaatkan, karena berasal dari penelitian orang sebelum kita yang sifatnya ilmiah, kita juga dapat memperolehnya dengan mudah di internet, misalnya di google scholar, Journal of education and research, library genesis, directory of open access jounal, Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia, dan lain-lain.

Nah, itu tadi pembahasan tentang data sekunder untuk skripsimu. Semoga dapat membantu ya!