Blog

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Cara Membuatnya

Ketika lulus dari universitas dan diwisuda banyak anak muda yang merasakan kebahagiaan sudah di depan mata. Hal ini karena mereka merasa bahwa kemandirian finansial akan segera didapatkan. Padahal ada proses panjang job hunting yang butuh trik khusus termasuk soal cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan tepat guna.

Banyak kandidat suatu pekerjaan biasanya tidak berhasil lolos dalam tahap pertama perekrutan untuk mendapatkan pekerjaan. Alasannya karena mereka tidak bisa menulis surat lamaran yang baik dan benar. Banyak dari lamaran para kandidat yang bahkan berkas maupun e-mailnya tak dilirik HRD karena tidak menarik atau bahkan formatnya salah.

Menulis surat lamaran adalah hal yang susah-susah gampang dalam mencari pekerjaan. Jika kamu melihat contoh surat lamaran pekerjaan isinya terkesan hanya itu-itu saja, surat lamaran kerja alias cover letter juga menjadi pertimbangan penting bagi HRD selain resume.

Namun jika sudah dicoba kamu akan menyadari jika tidak mudah untuk membuatnya. Isinya menjadi penilaian kemampuan komunikasi dan sopan santun yang dimiliki si pelamar kerja. Sehingga setiap katanya harus dipertimbangkan dengan matang agar mampu menampilkan kualitas terbaikmu.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Kamu Pasti Diterima Perusahaan Impian
Banyak lamaran yang kemudian tak lolos seleksi karena surat lamaran kerja yang buruk. Pastikan cover letter-mu sangat menarik sekaligus efektif dan efisien agar segera dapat pekerjaan. Surat lamaran yang kamu buat harus singkat, padat sekaligus mampu menjual dirimu dan keahlian yang dimiliki untuk bergabung dalam perusahaan incaranmu.

Sayangnya kemampuan ini tak selalu dikuasi oleh pencari kerja, baik fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman. Agar tak salah lagi, Talenta menghimpun cara membuat surat lamaran kerja untuk pekerjaan impianmu yang dilansir dari

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Galilah informasi terkait posisi dan perusahaan yang kamu tuju sebelum menulis surat lamaran kerja. Gunakan informasi ini untuk meyakinkan HRD bahwa skill dan pengalamanmu sesuai dengan mereka. Cara ini juga menunjukkan jika kamu benar-benar berminat bergabung dengan perusahaan tersebut dengan memahami benar kinerja mereka.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui antara lain industri perusahaan, pesaingnya, target audiens, posisi yang dituju beserta job description dan miliki kemampuan atau skill utama yang dibutuhkan. Kamu juga harus mampu mengkombinasikan keahlian dan kelebihanmu dengan perusahaan tersebut. Misalnya perusahaan tersebut baru-baru ini melakukan inovasi di bidang teknologi maka kamu harus bisa menyampaikan jika kamu sangat paham dengan dunia kerja berbasis digital.

2. Gunakan bahasa yang tepat

Pelamar kerja kerap dibuat bingung apakah harus menulis lamaran dalam bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Sebenarnya ini ditentukan oleh perusahaan yang ingin kamu tuju. Jika perusahaan tersebut membutuhkan penggunaan Bahasa Inggris dalam pekerjaanmu nanti maka akan lebih baik apabila lamaranmu ditulis dengan bahasa tersebut.

Pastikan kamu mampu berkomunikasi dengan bahasa inggris yang formal dan baku jika nantinya kamu lolos seleksi awal dan melanjutkan ke tahap wawancara. Penggunaan Bahasa Inggris dalam surat lamaranmu sekaligus cara instan untuk menunjukkan skill yang kamu miliki dalam bahasa asing itu.

Apabila perusahaan yang ingin kamu lamar lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia maka lebih baik pula menggunakan bahasa Indonesia saja. Namun jangan sekali-kali mencampuradukkan bahasa yang berbeda dalam satu lamaran kerja. Tentunya hal itu akan terlihat kacau dan kamu akan langsung tereliminasi dari proses seleksi.

Apapun bahasa yang kamu gunakan, pastikan kamu bisa mempertanggungjawabkannya di proses selanjutnya atau bahkan ketika mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan lupa gunakan bahasa yang baku dan formal untuk lamaranmu.

3. Pahami format surat lamaran kerja yang menarik

Lamaran kerja milikmu harus ditampilkan dengan baik, ringkas, dan to-the-point. Gunakan font yang mudah dibaca tanpa gambar, hiasan, atau kata mutiara yang tidak perlu. Panjang surat lamaran kerjamu maksimal setengah kertas berukuran A4 agar tidak membosankan.

Pertimbangkan pemilihan kalimatnya dengan baik agar maksudmu tersampaikan. Paragraf yang terlalu panjang akan membosankan dan sedangkan terlalu pendek tidak informatif dan berkesan buruk. Perbanyak membaca contoh surat lamaran kerja yang baik agar kamu tahu cara menyusunnya dengan panjang yang sesuai.

Banyak dari HRD yang bahkan sama sekali tidak membaca lebih jauh isi surat lamaran kerja dari kandidat pelamar hanya karena format yang salah di awal. Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan ini agar bisa lolos ke tahap seleksi berikutnya.

Dalam beberapa kasus, beda jenis perusahaan dan industrinya maka berbeda pula format yang digunakan. Jika kamu melamar ke instansi pemerintah atau BUMN mungkin kamu bisa menyampaikan lamaranmu dengan lebih formal dan baku. Sedangkan perusahaan di industri kreatif biasanya lebih kasual namun tetap sopan sehingga kamu bisa lebih leluasa.

4. Tuliskan orang yang dituju dengan jelas

Seringkali kita bingung kepada siapa lamaran tersebut ditujukan, apakah cukup hanya sekedar ‘HRD’ atau perlu menambahkan nama jelas. Penggunaan nama orang yang dituju, misalkan manajer HRD, akan sangat lebih baik. Paling tidak itu memberikan kesan bahwa kamu orang yang komunikasinya baik dan memperhatikan hal detail.

Namun kalau belum tahu, cukup sertakan ‘Dear Sir/Madam’ saja. Penggunaan istilah ini bisa digunakan kalau kamu menggunakan Bahasa inggris dalam surat lamaranmu. Sedangkan jika kamu menyusun lamaran dalam Bahasa Indonesia maka bisa menggunakan istilah Yth Bapak atau Ibu.

Kalau ingin lebih mendetail, kamu bisa mencari tahu sebelumnya mengenai orang yang bertanggung jawab terhadap proses seleksi yang kamu minati tersebut. Bisa dengan menggali informasi lewat pengumuman lowongan kerja itu atau situs resmi perusahaan yang tersedia.

5. Susunlah komposisi lamaran dengan cermat

Komposisi surat lamaran sebenarnya bisa berbeda tergantung dengan jenis perusahaan dan industrinya. Namun secara umum ada komposisi umum yang bisa kamu ikuti panduannya. Namun berikan sentuhan pribadi dalam isinya agar tak terkesan lamaranmu hanya sekedar copy-paste belaka. Sesuatu yang jadi alasan kuat HRD untuk segera membuang lamaranmu ke tempat sampah.

Paragraf pembuka, hindari kalimat yang bertele-tele, dan harus singkat dan to the point menjelaskan alasan mengirimkan lamaran yakni ingin mendapatkan pekerjaan dan mengikuti proses seleksi. Tambahkan keterangan darimana kamu mendapatkan informasi soal lowongan pekerjaan yang tersedia.

Misalnya dari situs resmi atau postingan di media social, tuliskan saja dengan detail. Jika mendapatkan informasi secara langsung dari internal perusahaan, bisa pula menyebutkan nama orang tersebut. Penyebutan kalangan internal ini juga bisa membantumu misalnya ketika HRD tersebut ingin mendapatkan rekomendasi langsung dari kenalanmu. Paling tidak cara ini bisa meningkatkan peluangmu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Berikutnya, jelaskan alasan kamu cocok untuk pekerjaan yang tersedia. Uraikan kemampuan profesionalmu dan latar belakang pendidikan terakhir yang relevan dengan job tersebut. Pastikan jika penjelasanmu sudah mencakup semua requirement skill dalam lowongan tersebut.

Sekali lagi, jangan sekedar memberikan deskripsi keahlianmu begitu saja. Kaitkan dengan konteks bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut sehingga keahlianmu akan sangat berguna bagi kemajuan mereka. Ada begitu banyak pelamar setiap harinya dengan skill yang mungkin saja serupa. Kamu harus bisa terlihat stand out dan menjadi pembeda di antara mereka sehingga perusahaan tertarik padamu.

Bagian ini adalah saatnya kamu meyakinkan komitmenmu terhadap perusahaan tersebut. Bisa dengan menjelaskan career goal dan kaitannya dengan posisi yang dilamar. Jangan lupa tambahkan bagaimana pengalaman kerjamu selama ini akan berguna dalam kinerjamu di posisi tersebut nanti. Pastikan penjabaran itu sudah sesuai dengan keahlian dan kemampuan yang tertera di resume juga.

Misalnya kamu menempati beberapa posisi berbeda di kantor yang lama, kamu bisa menguraikannya secara detail. Demikian pula jika kamu mengampu tanggung jawab yang berbeda ketika di kantor sebelumnya. Cara ini akan membuat HRD paham bahwa kamu punya berbagai pengalaman dan keahlian di pekerjaan sebelumnya.

Era sekarang adalah ketika perusahaan berharap memiliki karyawan yang multi talenta. Jika kamu adalah salah satu diantaranya maka sampaikan hal itu dengan jelas. Selain menambah peluangmu untuk direkrut, mungkin saja perusahaan tujuanmu akan menawarkan gaji atau bahkan posisi lebih dari yang kamu inginkan sebelumnya.

Paragraf terakhir ini sebaiknya digunakan untuk menegaskan minat dan alasan cocok untuk posisi itu. Sertakan pula jika kamu sangat berminat untuk proses wawancara lebih lanjut agar bisa menjelaskan lebih jauh minat dan kesesuaianmu ini. Berikan alternatif kontak agar kamu bisa dihubungi untuk proses selanjutnya.

Talenta by Mekari Rekomendasi Kegunaan Aplikasi HRD Terbaik
Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal. Selengkapnya mengenai software HRIS di tautan berikut: /fitur/software-hris/.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses fitur-fitur Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Kunjungi /fitur/employee-self-service-ess/ untuk mengetahui lebih lengkap mengenai aplikasi employee self service.

Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur aplikasi KPI, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:
1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

* Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
* Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
* Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
* Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal.

Talenta dapat diakses dengan mudah di Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.