Blog

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

JAKARTA, celebrities.id – Contoh surat lamaran kerja tulis tangan berikut ini bisa menjadi pedoman kamu saat sedang menulis lamaran pekerjaan.

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus dibawa saat sedang melamar pekerjaan. Dalam surat tersebut berisikan data diri serta alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Hingga sampai saat ini, tidak sedikit perusahaan yang meminta calon kandidat pegawai untuk menulis surat lamaran dengan tulis tangan. Banyak yang harus diperhatikan calon kandidat saat membuat surat lamaran kerja tulis tangan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (27/9/2022) telah merangkum cara membuat surat lamaran kerja yang benar sebagai berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
1. Menggunakan Kertas Folio
Surat lamaran kerja biasanya ditulis di kertas folio bergaris. Dengan jenis kertas ini akan memudahkan kamu menulis surat lamaran dengan rapi.

2. Menulis dengan Jelas dan Rapi
Saat sedang menulis surat lamaran kerja, diusahakan tulis dengan rapi dan jelas. Tulislah dengan jelas tanda baca serta spasi sehingga tidak menimbulkan ambiguitas.

3. Hindari Correction Pen
Saat menulis surat lamaran kerja, hindari kesalahan menulis supaya tidak menggunakan correction pen. Apabila terjadi kesalahan menulis walaupun sedikit, sangat disarankan untuk mengganti dengan kertas baru.

4. Tidak Bertele-Tele
Tulislah surat lamaranmu secara singkat padat dan jelas. Setelah menulis data diri, kamu bisa langsung menulis alasan melamar pada perusahaan tersebut dengan bahasa yang mudah untuk dipahami.

5. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik
Point ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Karena surat lamaran merupakan jenis surat resmi, maka gunakanlah kata-kata resmi dan tidak nyeleneh. Pahami ejaan Bahasa Indonesia yang benar sebelum menulis supaya tidak terjadi kesalahan.

1 . Contoh Pertama
Contoh surat lamaran kerja tulis tangan. (Foto: celebrities.id/Ist)2 . Contoh Kedua

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan. (Foto: celebrities.id/Ist)
3 Contoh Ketiga

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan. (Foto: celebrities.id/Ist)4 Contoh Keempat
Contoh surat lamaran kerja tulis tangan. (Foto: celebrities.id/Ist)
5 Contoh Kelima

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan. (Foto: celebrities.id/Ist)Editor : Endang Oktaviyanti