Blog

Cara Screenshot Laptop Windows 10 Windows 7 Semua Merk

Mau Ambil Screenshot di Laptop? Gampang Kok! – Setelah kemarin membahas soal apa itu screenshot, kali ini kita akan lanjut untuk membahas tentang tutorial cara mengambil screenshot. Tapi tutorial ini ditujukan khusus untuk perangkat laptop atau PC dengan sistem operasi Windows ya. Karena untuk smartphone Android, caranya beda lagi.

Cara yang bakal saya bahas di sini bisa dilakukan pada semua merk laptop, termasuk diantaranya adalah ASUS, Dell, Acer, Lenovo, HP, Toshiba, Zyrex, dan lain sebagainya. Yang penting adalah, sistem operasinya menggunakan Windows 10 atau Windows 7. Kalau di Windows 8, belum pernah coba. Tapi seharusnya sih caranya bakal tidak jauh beda.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil dan menyimpan screenshot di laptop. Cara pertama adalah tanpa harus menggunakan atau mendownload aplikasi khusus. Dan cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang bakal membuat prosesnya menjadi lebih simple. Oke, kita langsung saja bahas cara yang pertama terlebih dahulu:

Cara Screenshot di Laptop Versi Ribet
1. Pertama-tama, kamu harus buka dulu tampilan layar yang ingin kamu capture. Misalnya, kamu ingin meng-capture / screenshot salah satu bagian dari sebuah video. Maka, kamu buka dulu videonya, sampai pada bagian yang dimaksud.

2. Jika sudah, tekan tombol “prt sc” atau “prnt scrn” pada keyboard laptop milikmu.

3. Setelah menekannya, laptop akan menyimpan sementara tampilan gambar tersebut dalam clipboard. Tapi belum selesai! Karena gambar tersebut belum benar-benar bisa kita lihat. Nah, agar dapat menampilkannya, bukalah aplikasi paint pada laptopmu. Atau, jika di laptop ada aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop atau Affinity Photo, maka lebih baik pakai aplikasi edit foto itu saja supaya nanti lebih mudah jika ingin mengedit gambarnya.

4. Setelah membuka aplikasi paint, tekan tombol “ctrl” dan “V” agar gambar yang disimpan sementara tadi dapat ditampilkan pada aplikasi. Ingat, tombol “ctrl” nya harus ditahan dulu ya, baru kemudian tekan tombol “V” secara bersamaan. Tapi jika kamu menggunakan aplikasi edit foto, maka kamu harus membuat file kosong baru terlebih dahulu, barulah kamu bisa menekan tombol “ctrl” dan “V”.

5. Sebelum menyimpannya sebagai screenshot, kamu bisa melakukan croppingterlebih dahulu jika kamu mau (tidak wajib). Jika sudah, tekan icon save, atau tekan tombol “ctrl” dan “s”, atau klik menu “File” dan kemudian klik “Save”.

6. Beri nama pada file screenshot tersebut, dan pilih pada direktori / folder mana kamu akan menyimpannya. Kemudian klik “Save”.

Selesai! Jika kamu merasa bahwa cara tersebut agak ribet, maka kamu bisa mencoba cara alternatif yang lebih simple. Cara simple ini akan membutuhkan sebuah aplikasi khusus untuk screenshot. Dan saya biasa menggunakan aplikasi Lightshot, yang bisa kamu download di sini. Tenang, aplikasinya tidak besar kok. Dan aplikasi ini enteng banget.

Setelah download, jangan lupa install ya. Kalau sudah, sekarang kamu bisa melakukan screenshot layar laptop dengan cara yang lebih simple!

Cara Screenshot Laptop Versi Simple
1. Ikutilah langkah nomor 1 dan 2 pada cara ribet yang disebutkan di atas.

2. Setelah menekan tombol “prt sc” atau “prnt scrn”, aplikasi lightshot akan langsung aktif. Klik dan tahan bagian yang ingin kamu crop dan screenshot.

3. Terdapat berbagai menu yang bisa kamu gunakan untuk menambah detail. Misalnya, kita bisa menambahkan tanda panah, garis, kotak, hingga tulisan. Jika sudah, klik icon save.

4. Beri nama pada file screenshot tersebut, dan pilih pada direktori mana kamu ingin menyimpannya.

5. Jika ternyata kamu ingin mengambil screenshot pada seluruh bagian layar tanpa ingin melakukan penambahan detail (cropping, memberi tulisan, icon panah, dll), maka kamu bisa melakukan screenshot secara cepat dengan cara menekan tombol “shift” dan “prt sc”. Screenshot akan langsung tersimpan pada laptop. Klik tanda pemberitahuan yang muncul pada sisi kanan bawah laptop untuk melihat di mana file tersebut disimpan.

Nah, itulah dua cara screenshot laptop yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot pada laptop milikmu. Jika ternyata kamu ingin mengambil screenshot panjang atau bersambung sampai ke bawah, maka kamu bisa mengikuti langkah yang sudah saya bahas pada tulisan tentang cara mudah mengambil screenshot panjang di laptop. Jika kamu bingung dengan istilah-istilah yang disebutkan pada artikel ini, sebaiknya kamu membaca tulisan tentang pengenalan istilah dan bagian pada laptop yang sudah saya bahas sebelumnya.