Blog

Cara Screenshot Di Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

FITUR tangkapan layar atau screenshot (SS) di ponsel memang sangat mudah, namun bagaimana ketika menggunakan komputer atau laptop.

Masih banyak orang yang belum tahu dengan mudah cara screenshot di laptop.

Manfaat screenshot adalah bisa mengambil alih pekerjaan mengetik. Screenshot biasa pula dijadikan sebagai bukti otentik kalau sesuatu pihak telah sempat menghasilkan statment ataupun data tertentu. Screenshot yang telah kita miliki dapat ditaruh ataupun diterbitkan di media sosial misalnya.

Begini tips dengan mudah dan cepat screenshot di komputer maupun laptop. Semoga membantu.

1. Cara Screenshot di Laptop dengan Menggunakan Tombol Print Screen

Cara screenshot di laptop dengan menggunakan tombol prtsc

Cara screenshot di laptop dan komputer atau PC yang pertama tentunya dengan menggunakan tombol Print Screen, PRTSC, atau prt.scrn. Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah Pertama: Buka halaman pada laptop atau PC yang akan kamu ambil gambarnya.
* Langkah Kedua: Tekan tombol Print Screen (prt.scrn) yang terdapat di sisi kanan atas keyboard laptop atau PC. Maka hasil screenshot akan tersimpan pada clipboard dan kamu tinggal mem-paste-nya.
* Langkah Ketiga: Buka aplikasi Paint dan tempelkan screenshot (Ctrl +V) atau paste, kamu akan mendapatkan hasil screenshot dari seluruh layar. Untuk menyimpan, tinggal klik File > Save As

2. Cara Screenshot di Laptop dengan Menggunakan Tombol Alt + Print Screen
Cara screenshot di laptop dan PC yang kedua dengan menggunakan tombol Alt + Print Screen. Tombol ini bisa membuat kamu mengambil gambar pada jendela yang sedang aktif saja, tidak seluruh layar. Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah 1: Tampilkan layar yang akan diambil gambarnya. Kamu bisa membuka Microsoft Word dan minimize ukurannya.
* Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk menyimpan gambar pada clipboard.
* Langkah 3: Buka aplikasi Paint dan paste (Ctrl + V) hasil screenshot. Maka hanya jendela Micorosoft Word yang akan diambil gambarnya, tidak termasuk background layar.

Baca juga :TravelWifi Terkoneksi Internet tanpa Kartu dan Sim Card

3. Cara Screenshot di Laptop dengan Menggunakan Tombol Windows + Print Screen
Cara screenshot di laptop dan Komputer atau PC selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol windows + print screen. Cara ini lebih praktis lagi, karena kamu tidak perlu repot-repot mengeditnya di panit lagi.

Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah 1: Buka jendela atau halaman web yang akan kamu screenshot.
* Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Print Screen dan perhatikan layar yang berkedip saat kamu mengambil screenshot.
* Langkah 3: Untuk melihat hasil screenshot di komputer yang sudah disimpan, kamu tinggal pergi ke direktori C:\Users[nama user]\Pictures\Screenshots.

Tombol PrtScn atau PrtScr berfungsi untuk mengambil screenshot layar

4. Cara Screenshot di Laptop dengan Menggunakan Tombol Windows + Shift + S
Selanjutnya, kamu juga bisa menerapkan cara screenshot di laptop dan komputer atau PC dengan menggunakan tombol Windows + Shift + S.

Hal ini dinamakan Snip & Sketch yang merupakan aplikasi bawaan Windows. Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah 1: Buka halaman yang akan kamu screenshot.
* Langkah 2: Tekan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka aplikasi Snip & Skecth.
* Langkah 3: Layar bakal berubah menjadi warna keabuan dan kursor kini juga berubah menjadi ikon “+”. Sekarang kamu tinggal pilih area mana yang akan kamu screenshot.
* Langkah 4: Otomatis Snip & Skecth akan merekam gambar layar dan akan muncul notifikasi yang harus kamu pilih
* Langkah 5: Setelah itu, di jendela Snip & Skecth, kamu bisa menyunting dengan menambah coretan, highlighter, dan sebagainya. Jika sudah selesai, klik ikon Save di bagian atas untuk menyimpan.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Teknologi Layar Laptop Terbaik Buat Pecinta Film

5. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Tombol Windows + Volume Down
Bila kalian pengguna perangkat Microsoft Surface atau tablet microsoft, kalian bisa memakai tombol fisik buat mengambil tangkapan layar.

Cara cara screenshot-nya mirip dengan metode kalian dalam mengambil tangkapan layar di ponsel ataupun tablet.

Untuk melakukan ini tahan tombol fisik logo Windows di bagian dasar layar Surface kalian serta tekan tombol volume turun atau volume down di sisi tablet. Layar hendak meredup sebentar saat malakukan tangkapan layar dan secara otomatis hasil screenshot akan tersimpan pada folder foto atau tangkapan layar.

6. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi
1. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi PhotoScape
Cara screenshot di laptop dan PC juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi PhotoScape. Aplikasi screenshot ini merupakan aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkahnya:

* Langkah 1: Nyalakan laptop Windows 10 dan buka halaman yang akan di-screenshot. Lalu, buka aplikasi PhotoScape dan klik icon Screen Capture atau Menangkap Layar.
* Langkah 2: Kemudian muncul kotak dialog yang menampilkan beberapa pilihan, seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Mengkap Area dan Mengulang Tangkapan Terakhir.
* Langkah 3: Setelah menentukan pilihan, semisal Menangkap Utuh Satu Layar. 5. Hasil gambar yang ditangkap akan ditampilkan, lalu bisa diedit sesuka hati dan disimpan. Selesai.

2. Cara Screenshot di Laptop Menggunakan Aplikasi LightShot
Cara tercepat untuk mengambil tangkapan layar yaitu dengan menggunakan aplikasi LightShot. Selain bisa diinstal di Windows, aplikasi ini juga bisa diinstal di platform lain seperti MacOs, Chrome Os, Firefox, dan lain-lain. Fitur lain dari Lightshot yaitu bisa melakukan screenshot pada area tertentu.

Semoga bermanfaat. (OL-7)