Blog

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Indosat 3 XL Dan Smartfren

Cara Registrasi Kartu (Telkomsel, Indosat, 3, XL, dan SmartfrenApakah Anda bingung cara registrasi kartu? Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) mewajibkan setiap masyarakat untuk melakukan registrasi kartu SIM prabayar. Semua ini berlaku untuk kartu lama maupun kartu baru semua operator seperti Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri mulai tanggal 31 Oktober 2017. Hingga tahun 2019 ini kita juga masih diwajibkan untuk registrasi ulang kartu.

Registrasi kartu ini dapat dilakukan dengan cara online maupun melalui SMS ke 4444 untuk semua operator seluler. Meskipun sudah banyak masyarakat yang mencoba untuk registrasi ulang kartu, namun sebagian mereka ada yang mengalami gagal saat mengirim SMS ke 4444. Masalahnya adalah NIK atau KK tidak valid?

Jika Anda mendapatkan masalah nomor NIK atau KK tidak valid, maka caranya adalah Anda harus pergi ke dukcapil di daerah Anda atau Anda juga bisa pergi ke service center di kota Anda dan meminta bantuan kepada operator untuk mengaktifkan kartu SIM.

Baiklah, bagi Anda yang belum tau cara registrasi kartu SIM, maka jangan khawatir karena pada artikel kali ini saya akan berbagai cara registrasi kartu Telkomsel, Indosat, 3, XL dan Smartfren dengan mudah.

.

Cara Registrasi Kartu (Telkomsel, Indosat, 3, XL, dan SmartfrenFungsi dari registrasi kartu ini adalah agar menghindari penipuan, pemalsuan data dan lain sebagainya. Sebagai masyarakat yang taat aturan, maka kita harus mematuhi tata tertib yang diberikan oleh pemerintah kepada kita semua dan semoga dengan adanya aturan seperti ini dapat mencegah penipuan SMS atau telpon harapannya adalah kita bisa lebih aman. Baca Juga: Cara Cek Nomor HP Sendiri

Syarat Registrasi Kartu
* Nomor Hp yang masih aktif
* Nomor KTP
* Nomor KK

Cara Registrasi Kartu Telkomsel
Bagi Anda yang belum tau cara registrasi kartu telkomsel ini harus diperhatikan baik-baik. Untuk kartu SIM prabayar Telkomsel (Simpati, Hallo, AS) dapat Anda lakukan dengan dua cara yaitu melalui website Telkomsel dan melalui SMS. Baca Juga: Harga Paket Internet Telkomsel

* Cara registrasi kartu Telkomsel melalui online pertama silakan kunjungi disini.
* Selanjutnya isi No handphone, Nomor NIK, KTP dan Password yang akan dikirimkan oleh operator melalui SMS. Kemudian, klik “kirim”
* Cara registrasi melalui SMS pertama buka menu SMS
* Ketik: ULANGNIK#NomorKK# Kirim ke Cara Registrasi Kartu XL
Bagi Anda para pelanggan kartu XL (XL atau Axis) yang ingin melakukan registrasi ulang, maka Anda dapat melakukan registrasi melalui website resmi dan SMS. Baca Juga: Daftar Harga Paket Internet XL

* Cara registrasi melalui online. Pertama kunjungi disini.
* Silakan masukan nomor HP Anda
* Selanjutnya Anda akan menerima kode verifikasi yang dikirim oleh pihak operator XL melalui SMS
* Kemudian, silakan memasukkan kode verifikasi
* Isi semua data Anda, baik itu Nomor KTP dan Nomor KK.
* Cara registrasi melalui SMS. Pertama buka menu SMS
* Ketik: ULANG#NIK#NomorKK Kirim ke Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo
Berikut adalah cara registrasi ulang kartu SIM Indosat Ooredoo dengan mudah.

* Cara registrasi Indosat Ooredoo secara online pertama silakan kunjungi disini.
* Masukkan Nomor NIK KTP Anda
* Masukkan nomor KK Anda
* Selanjutnya, Klik tanda kotak “I’am not a robot” (Verifikasi dan jika diminta memasukan gambar, masukan secara teliti)
* Klik “periksa” jika data yang dimasukkan sudah benar
* Cara registrasi kartu Indosat Ooredoo melalui SMS pertama, silakan buka menu SMS
* Ketik: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke Cara Registrasi Kartu Tri (3)
Berikut adalah cara registrasi ulang kartu baru atau kartu lama tri

* Cara registrasi kartu tri melalui online, pertama kunjungi disini.
* Klik warna tombol kuning (Registrasi Kartu Prabayar)
* Masukan Nomor Tri yang akan di registrasi
* Masukan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
* Masukan 4 angka terakhir nomor seri (ICCID) atau bisa juga pilih Kode rahasia sekali pakai via SMS (berlaku 5 menit).
* Klik centang ”I’m not a robot”
* klik ”Kirim”
* Cara registrasi kartu tri melalui SMS pertama buka menu SMS
* Ketik: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke Cara Registrasi Kartu Smartfren
Semua cara sebenarnya sama, namun untuk kartu Smartfren, saya lebih suka menggunakan melalui SMS. Yaitu dengan format Ketik: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444.

Kesimpulan dari Registrasi Kartu
Itulah tadi sedikit Cara Registrasi Kartu (Telkomsel, Indosat, 3, XL, dan Smartfren). Dengan mematuhi peraturan baru ini, semoga data-data kita tetap aman dan harapan kita agar kartu kita bisa digunakan dengan baik. Anda juga bisa melakukan UNREG setiap ingin membeli kartu baru. Jadi, setiap satu kartu hanya boleh 1 KK dan KTP, namun jika kartu itu ingin Anda ganti dengan kartu baru yang provider nya sama, maka Anda harus UNGERG terlebih dahulu kartu lama dan registrasi ulang dengan kartu baru.