Blog

Cara Praktis Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Air Garam Begini Caranya

Ilustrasi anak hidung tersumbat atau flu. shutterstock.com
TEMPO.CO, Jakarta – Mengatasi hidung tersumbat susah-susah gampang, Hidung mampet memang sangat mengganggu. Bisa terjadi karena batuk, pilek, flu atau peradangan pada bagian dalam hidung akibat bakteri. Apaun ceritanya, gangguan ini harus segera ditangani, karena kondisinya bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Mengatasi hidung tersumbat, bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

Pertama, menghirup uap hangat yang bisa Anda ambil dari air panci, kemudian masak sampai mendidih. Untuk uapnya bisa Anda hirup secara perlahan-lahan. Hindari terlalu dekat dengan wadah, dikhawatirkan mengakibatkan pelepuhan.

Dengan cara meminum air panas juga bisa. Karena dengan minum minuman panas secara tidak langsung dapat meredakan hidung yang sedang tersumbat. Bisa divariasikan dengan teh ataupun ramuan lainnya. Selain itu juga dapat mencegah dehidrasi dan menenangkan selaput yang sedang meradang.

Langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah lebih sering membuang ingus yang ada di dalam hidung. Sebaiknya dilakukan secara perlahan. Apabila terlalu keras hal ini justru akan membawa kuman kembali masuk ke bagian telinga.

Berikutnya, mengonsumsi cairan dengan jumlah yang banyak ternyata mampu membantu untuk mengencerkan lendir. Sehingga mencegah tersumbatnya sinus. Cairan juga bisa disemprotkan pakai Nasal sprayatau obat semprot hidung. Dengan begitu hidung jadi lebih lembap, sehingga lendir jadi lebih encer.

Baca: 7 Cara Alami Mengatasi Hidung Tesumbat Pakai Uap Hangat Hingga Pelembap Udara

Cara lain adalah menggunakan pelembab udara atau humidifier. Bisa jadi alternatif yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Jenis mesin ini umum digunakan untuk mengubah air jadi uap sehingga melembabkan ruangan. Saat menghirup udara lembab, maka dapat menenangkan iritasi pada pembuluh darah maupun jaringan yang mengalami pembengkakan.

Mencuci hidung menggunakan air garam sangat ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Air garam dapat menghilangkan bakteri maupun virus yang ada di dalam hidung.

Obat-obatan antihistamin pun bisa meredakan pembengkakan pada lubang pernapasan dan melegakan hidung tersumbat.Obat ini bisa menimbulkan efek samping kantuk. Jangan menggunakannya ketika hendak beraktivitas apalagi berkendaraan. Selain itu, penggunaan obat ini sebaiknya dengan pengawasan dokter.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan mengonsumi obat. Ada banyak jenis obat yang biasa dikonsumsi dan ditemukan di apotek.

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION