Blog

Cara Pasang Dasi Dengan Berbagai Metode Mudah Dipraktikkan

Ilustrasi dasi segitiga. © themanual.com Merdeka.com – Cara pasang dasi ternyata bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai metode. Dasi sendiri merupakan aksesoris yang biasa digunakan oleh pria maupun wanita dalam berpakaian untuk menghadiri berbagai acara.

Meski dasi terbilang sudah tidak asing lagi karena sering dipakai untuk keperluan sehari-hari, nyatanya masih banyak orang yang merasa kebingungan bagaimana cara memasang dasi dengan baik dan benar.

Maka dari itu, berikut Merdeka.com merangkum cara pasang dasi menggunakan berbagai metode dilansir dari laman brilistyle:

Oriental Knot

Sumber:Brilio ©2020 Merdeka.com

Banyak orang memilih metode ini karena hasil ikatan pada bagian atas akan terlihat sangat kecil sehingga membuat leher tampak lebih kurus. Adapun cara memasangnya adalah:

1. Pertama, letakkan dasi di leher dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam).
2. Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang diinginkan.
3. Simpangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X.
4. Bawa ujung lebar dasi ke kanan.
5. Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah.
6. Masukkan dasi melalui lingkaran simpul namun kamu sudah membuat bagian depan dasi.
7. Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang diinginkan.

Nicky Knot
Sumber:Brilio ©2020 Merdeka.com

Nicky Knot merupakan metode yang banyak disukai oleh orang-orang karena bisa dibilang cukup mudah.Pemakaiannya pun terbilang simel dan mudah dipraktikkan sesuai dengan tutorial yang ada.

Pratt Knot
Sumber:Brilio ©2020 Merdeka.com

Pemakaian dasi pratt knot diawali dengan langkah yang sama dengan niky knot. Cara Memakai dasi simpul pratt adalah:

1. Mulailah dengan meletakkan dasi dari dalam ke luar. Ujung lebar dasi harus terletak menggantung pada bagian kanan dan ujung kecil pada bagian kiri.
2. Ikatan dasi berukuran sedang ini cocok untuk sebagian besar jenis kerah baju dan proporsi tubuh.
3. Silangkan ujung lebar di bawah ujung kecil.
4. Bawa ujung lebar melalui simpul mengelilingi leher.
5. Tarik ujung lebar untuk menyempurnakan simpul mengelilingi leher. Kencangkan.
6. Bawa ujung lebar ke atas ujung kecil dari kiri ke kanan.
7. Tarik ujung lebar melalui simpul.
8. Bawa ujung lebar ke bawah melalui simpul di bagian depan.
9. Bentuk ikatan menjadi bentuk segitiga dan tarik ujung kecil untuk mengencangkan dasi bersama kerah baju.

Half Windsor Knot
Sumber:Brilio ©2020 Merdeka.com

Half Windsor Knot cocok digunakan untuk orang-orang yang tidak ingin memakai dasi yang terlalu panjang. Hasil dari simpul dasi ini berupa simpul segitiga berukuran medium. Caranya adalah:

1. Letakkan tali di sekeliling leher Anda dengan ujung lebar berada si bagian kanan tubuh Anda. Sesuaikan sehingga panjang tali bagian lebar sekitar tiga kali bagian yang lain.
2. Anda mungkin perlu mencoba tahap ini beberapa kali untuk mendapatkan panjang ujung kanan dasi yang sesuai. Beberapa orang menyukai panjang ujung lebar dasi sekitar 12 inchi di bawah ujung yang lain.
3. Silangkan ujung lebar dengan ujung dasi yang lain.
4. Bawa ujung lebar dasi mengelilingi leher di bawah ujung yang lain.
5. Ambil bagian lebar mengelilingi leher. Kencangkan sedikit.
6. Bawa ujung lebar dasi melalui ujung yang lain, ke depan, bergerak dari kanan ke kiri.
7. Geser ujung lebar melalui simpul, melingkari leher Anda.
8. Bawa ujung lebar dasi melalui ikatan di bagian depan.
9. Kencangkan sedikit dan bentuk ikatan menjadi bentuk segitiga. Anda ingin membuat ikatan dasi Anda sedikit lebih lebar dibandingkan ikatan dasi pada metode yang pertama.
10. Ikatkan dasi di sekeliling kerah baju dengan menarik ujung kecil dasi (yang saat ini seharusnya tersembunyi di bawah ujung yang lebar). Jika dasi Anda memiliki ikatan melingkar di bawah ujung lebar dasi, Anda mungkin perlu menggeser ujung kecil dasi melalui ikatan melingkar tersebut untuk mencegahnya muncul dari belakang ujung lebar dasi.

Christensen Knot
Sumber:Brilio ©2020 Merdeka.com

Jika Anda orang yang enggak mau ribet dan enggak mau mempelajari banyak simpul, maka penggunaan dasi dengan cara Christensen Knot sangat cocok. Simpel dan sangat mudah dipraktikkan. Caranya adalah:

1. Letakkan dasi mengelilingi leher Anda. Salah satu ujungnya harus lebih lebar dibandingkan dengan ujung yang lain. Pastikan bahwa ujung lebar dasi berada di sisi kanan, dan sekitar 30 cm lebih rendah dibandingkan dengan ujung kecil di sisi kiri.
2. Silangkan ujung lebar di atas ujung kecil.
3. Bawa dasi Anda ke atas melalui simpul.
4. Bawa kembali dasi Anda ke bawah. Ujung lebar dasi seharusnya berada di sisi kiri ujung kecil.
5. Tarik ujung lebar di bawah ujung kecil ke arah kanan.
6. Tarik ujung lebar melalui simpul, kali ini pada sisi kanan. Ujung lebar dasi saat ini seharusnya mengarah dari dalam keluar.
7. Silangkan ujung lebar di atas ujung kecil lagi, dari kanan ke kiri.
8. Bawa ujung lebar ke bawah simpul dasi.
9. Lipat ujung lebar melalui simpul dasi dan melalui ikatan di bagian depan dasi.
10. Kencangkan ikatan menjadi bentuk segitiga menggunakan kedua tangan Anda. Perlahan-lahan kencangkan ujung kecil lebih dekat ke leher Anda.
11. Untuk tampilan yang lebih modern, dan kasual, buatlah ikatan beberapa inchi atau beberapa sentimeter di bawah kerah baju. Tapi untuk acara formal, lebih baik menggunakan jarak tradisional jauh dari kerah baju.

[khu]