Blog

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis Dan Manual

Daftar isi merupakan bagian buku yang berisi daftar-daftar bab, atau subbab yang ada pada buku. Membuat daftar isi yang diletakkan di bagian awal sebuah buku, bertujuan untuk memudahkan sang pembaca menemukan suatu bab, atau bagian tertentu yang terdapat di dalam buku.

Apabila kamu sedang berusaha menyusun daftar isi, bisa mampir sebentar untuk menyelesaikan membaca artikel ini. Selesai membaca kamu akan bisa membuat daftar isi otomatis maupun manual dengan Ms. Word.

Kamu bisa coba cara otomatis
Umumnya, para penulis menggunakan software yang disebut dengan Microsoft Word untuk menulis. Mulai dari menulis laporan sederhana, hingga menulis buku dapat dilakukan menggunakan Microsoft Word ini.

Microsoft Word dapat membantu kamu dalam membuat daftar isi dengan mudah. Berikut adalah cara membuat daftar isi.

Ilustrasi Belajar Online. Foto: Jan Vasek di Pixabay

Menggunakan heading untuk judul bab

1. Blok judul bab.
2. Pilih tab Home, lalu klik Styles pada ujung kanan tab Home, dan pilih Heading 1.
3. Pada Heading 1 terdapat menu Modify, klik Modify untuk memilih jenis tulisan yang kamu inginkan. Setelah selesai, klik Ok.

Menggunakan heading untuk judul subbab

1. Blok judul sub bab.
2. Pada tab Home, klik Styles, lalu pilih Heading 2.
3. Pada menu Heading 2, klik Modify. Setelah selesai, klik Ok.

Membuat daftar isi keseluruhan

1. Sediakan satu halaman pada buku yang kamu tulis, letakkan halaman tersebut di awal buku.
2. Pada halaman kosong tersebut, Pilih Tab References, klik Table of Contents pada ujung kiri tab. Terdapat banyak model daftar isi yang bisa kamu pilih, dan klik salah satu yang kamu suka.
3. Setelah di klik, maka daftar isi akan muncul secara otomatis.

Butuh cara tersendiri membuat daftar isi dalam karya tulis. Ilustrasi laptop. Foto: Pixabay

Secara manual

1. Pilih salah satu halaman yang sudah terisi dengan bab, dan sub bab pada buku.
2. Pada tab Home, terdapat ribbon Home – Paragraph yang adalah simbol panah di ujung kanan bawah, klik simbol panah tersebut.
3. Setelah tombol panah tersebut di klik, popup window akan mucul pada layar. Pada tab Indents and Spacing terdapat Alignment. Pilih Left pada box pilihan Alignment.
4. Selanjutnya, Klik Tabs pada bagian bawah popup window. Lalu, akan muncul popup window baru. Isikan angka 15, pada menu Tab stop position. Pilih Right Alignment. Lalu, pada Leader pilih angka 2.
5. Terakhir, klik Set pada bagian kiri bawah popup window. Setelah itu, kamu dapat mengisi nomor halaman, dan menambahkan titik-titik pada daftar isi.

Baca juga:Inovasi kocak tukang parkir, tiba-tiba ada di belakang lalu kasih surat ini