Blog

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email

SarjanaEkonomi.Co.Id – Apakah kamu para pencari kerja kini di era teknologi khusus nya dalam bidang pesan, kita sudah di permudah dengan adanya situs email yang membuat kita dengan mudah untuk melamar suatu pekerjaan, dan kita tidak perlu membuat surat lamaran kerja dengan sistem offline, karena dengan adanya email membuat kita setiap saat dapat mengirim email kapanpun secara online.

Namun apakah kalian masih ada yang belum paham tentang cara mengirim lamaran pekerjaan melalui email? oleh karena itu mari kita belajar bersama tentang cara mengirim email pekerjaan secara rinci, dan saya akan memberi tahapan demi tahapan yang harus di lakukan dalam membuat lamaran di email, oleh karena itu kalian harus menyimak dan mempelajari cara membuat lamaran pekerjaan di email, agar lamaran yang kamu buat bagus dan menarik serta dapat di panggil di perusahaan yang kamu lamar.

Cara Mengirim Lamaran Lewat Email
Dalam membuat email dalam pekerjaan maka ada langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam email yaitu sebagai berikut :

* Kumpulkan Berkas Persyaratan
* Ubah Berkas Cetak Menjadi PDF
* Buat atau Gunakan Email yang Profesional
* Perhatikan Waktu Pengiriman
* Login ke Gmail
* Pilih Menu Compose/Tulis
* Isikan Alamat Email
* Isikan Subjek Email
* Isikan Body Email
* Lampirkan Berkas Persyaratan
* Periksa Ulang Alamat, Subjek, dan Isi Email
* Periksa Ulang Persyaratan
* Kirim Lamaran

Berikut adalah penjelasan tentang Tahapan

1. Tahap Awal
2. Tahap Pengiriman

1. Tahap Awal
Tahapan ini tahapan pertama yang harus kamu lalui untuk mengirim suatu email kepada perusahaan penerima.

1. Kumpulkan Berkas Persyaratan

Hal Pertama kamu harus mencari lowongan pekerjaan yang ingin kamu kirim ke perusahaan yang di tuju dan kamu harus melengkapi beberapa persyaratan perusahaan yang menentukan dalam persyaratan saat kamu melamar pekerjaan.

Beberapa persiapan yang harus kamu persiapkan antara lain seperti :

* Surat Lamaran Kerja
* Daftar riwayat hidup (CV)
* Scan ijazah terbaru
* Scan sertifikat-sertifikat pendukung
* Portofolio
* Scan KTP
* Pas Foto
* SKCK ( Jika di perlukan )
* KTP
* SIM ( Jika di perlukan )
* Surat Kesehatan Dokter ( Jika di perlukan )

2. Ubah Berkas Cetak Menjadi Format PDF

Setelah berkas persyaratan terkumpul, langkah selanjutnya adalah merubah berkas-berkas tersebut ke dalam bentuk digital pada umumnya perusahaan memerintahkan agar berkas yang akan dikirim dalam lampiran nanti dalam format PDF dan pastikan semua berkas yang kamu siapkan sudah di ubah dalam bentuk PDF tetapi berbeda format seperti format foto,KTP, Karena itu harus menggunakan format JPG, PNG atau DOCX.

Jika kasusnya seperti itu, kamu bisa langsung mengubah berkas tersebut ke PDF dengan MS Word atau alat konversi online seperti SmallPDF, dsbg.

3. Buat atau Gunakan Email yang Profesional

Bila kamu ingin benar-benar mengirim lamaran pekerjaan menggunakan email maka kamu harus membuat nama email kamu yang baik dan benar. tidak boleh membuat nama email dengan nama yang asal-asalan karena perusahaan tidak akan memanggil kamu untuk bekerja, jika tahapan awal kamu mengirim email menggunakan email yang asal-asalan maka sudah di pastikan kamu tidak akan mendapat panggilan oleh perusahaan yang kamu lamar, dan saya akan memberi contoh cara email yang baik dalam penggunaannya.

Contoh penggunaan nama email benar dan salah adalah sebagai berikut:

Email Yang Benar:

Email Yang Salah :

4. Perhatikan Waktu Pengiriman

Kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat pada saat kamu akan mengirim suatu email ke perusahaan penerima.

Hanya karena email terbuka 24 Jam non stop, bukan berarti kamu bisa mengirim seenaknya di jam 12 malam, atau di jam-jam orang tidur.

waktu yang terbaik saat kamu akan mengirim email adalah, di saat jam kerja perusahaan tersebut, umumnya jam 08.00 – 14.00 (atau bisa disesuaikan).

Tahap Pengiriman
Setelah persiapan selesai, berikutnya kamu bisa langsung melakukan proses pada tahap pengiriman dengan langkah-langkah seperti berikut:

Dalam contoh ini, email yang digunakan adalah Gmail.

Untuk mengaksesnya silakan buka browser, kemudian akses alamat google.com/mail.

1. Login menggunakan email dan password yang kamu miliki

2. Pilih Menu Compose/Tulis

Setelah berhasil login, silakan pilih menu Compose/Tulis dengan memilih tombol di sebelah kiri berikut ini:

Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan dalam layar pop-up kamu dalam email.

3. Isikan Alamat Email Perusahaan

Pada tahapan ini kamu wajib memberi alamat email perusahaan yang ingin kamu lamar pekerjaan dan penulisannya harus benar jika salah dalam penulisan maka email yang kamu kirim tidak masuk di perusahaan yang kamu lamar pekerjaan.

4. Isikan Subjek/Judul Email

Subjek yang ada di dalam email adalah kamu dapat mengisi nya di dalam kotak email dengan posisi yang ingin kamu lamar dan nama kamu serta biasa nya asal kamu, tergantung setiap perushaan yang memintanya. Jangan sampai kosong.

5. Isikan Email

Isi body ini berisikan tentang isi teks surat lamaran kerja kamu dan posisi yang kamu pilih awalan berupa kata salam dan di akhiri dengan kata penutup seperti salam hormat saya,

Berikut ini ada cara penulisan body isi email yang baik dan benar dan dapat kamu ikuti dalam versi teks dan dapat kamu masukan di dalam email kamu.

Bandar Lampung, 02 Maret > Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kpd Yth,
Bpk/Ibu Pimpinan Human Resources Department
PT Bina Sarana Semesta
jl.Pangeran senopati no.1A kec.Jayimuluo, Lampung selatan

Dengan hormat,
Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah posisi Sales Counter yang di butuhkan oleh perusahaan dan saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Yogi Danuarta

Tempat / tgl. lahir : Bandar lampung, 21 January Pendidikan Terakhir :S1 Manajemen Ekonomi

No Telp : Pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja dan latar belakang pendidikan saya cukup baik saya akan bekerja dengan kemampuan saya untuk perusahaan dan Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, Antara lain :

1. Foto Copy Ijazah S1 Manajemen
2. Foto Copy Transkrip Nilai
3. Foto Copy SKCK
4. Foto Copy KTP
5. Foto Copy SIM C
6. Foto ukuran 4×6 yang terbaru

Demikian surat permohonan pekerjaan ini dapat saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dan saya akan bekerja dengan sangat baik sesuai dengan target perusahaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Yogi Danuarta

6. Lampirkan Berkas Persyaratan

Setelah selesai mengisikan kolom Penerima, Subjek, dan Body, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengisi isi lampiran sesuai persyratan perusahaan.

Pilih Ikon Lampiran pada bagian bawah (lihat gambar)

Pilih berkas yang ingin kamu up-load ke dalam lampiran dan kamu harus menunggu beberapa saat sampai lampiran yang kamu pilih telah berhasil di up-load ke dalam daftar lampiran.

7. Periksa Ulang Alamat, Subjek, dan Isi Email

Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, jangan terburu-buru untuk mengirimkan email.

Kamu harus memastikan semuanya apakah alamat email perusahaan yang akan kamu lamar sudah benar secara tulisan dan posisi yang kamu lamar sudah benar, jika sampai salah maka lamaran kamu tidak akan samapai ke perusahaan yang kamu tuju.

8. Periksa Ulang Persyaratan

Setelah semuanya selesai maka tidak ada salahnya kamu juga untuk memeriksa lampiran yang kamu pilih, apa semunya telah berhasil ter-upload jika ada yang gagal sebaiknya kamu ulang kembali melampirkan data yang gagal, dan kembali meng-upload ulang. namun jika semuanya sudah berhasil maka email lamaran kamu siap di kirim.

9. Kirim Lamaran

Jika Semuanya sudah benar dari alamat email, lalu subjek email, body email dan posisi lamaran pekerjaan yang kamu pilih sudah benar, maka kamu sudah bisa langsung mengirim email lamaran pekerjaan kamu di perusahaan yang kamu pilih.

Cukup klik tombol Kirim/Send (yang berwarna biru) dan tunggu sebentar sampai ada notifikasi bahwa email telah berhasil dikirim.

Itulah Teman-teman yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email dengan Mudah + Gambarnya ( LENGKAP ). semoga teman-teman yang telah membaca dan langsung melamar pekerjaan, menggunakan email bisa cepat di panggil dan di terima. dan semoga kalian mendapat wawasan tambahan dari artikel ini,Terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :