Blog

Cara Menghitung Persentase Di Google Spreadsheet

Kerjatugas – Menghitung persentase atau mencari nominal persentase di Google Spreadsheet tentu sangat mudah, kamu hanya perlu mengetahui rumus sederhana untuk menemukan nilai persentase tersebut.

Menampilkan porsi suatu nilai memanng terlihat lebih menarik jika menggunakan persentase. Sehingga kamu bisa mengetahui berapa banyak pengaruh suatu nilai dalam keseluruhan nilai yang ada.

Hal ini sangat membantu dalam memvisualisasikan kuantitas dengan lebih baik, dan memudahkan dalam membuat perbandingan.

Menghitung Persentase di Google Sheet
Tidak mengherankan jika diskon, pajak penjualan hingga suku bunga bank sering disajikan menggunakan persentase, karena terlihat lebih menarik dibandingkan nominal sebenarnya.

Sebelum itu, tentu kamu harus mengetahui dulu apa itu persentase! Istilah persen atau persentase artinya satu bagian dari seratus.

Persentase ini memudahkan dalam melihat perbedaan jumlah proporsi kuantitas, ketimbang menampilkannya dalam pecahan angka.

Cara Menggunakan Format Persentase di Google Sheet
Format persentase di Google Sheet adalah salah satu yang sangat berguna dan sering digunakan. Ini dapat membantu menampilkan nilai dalam persentase, dengan tambahan tanda persen di belakang nilainya.

Selain itu, format persen ini juga dapat mengkonversi angka ke dalam nilai persentase dengan lebih cepat dan mudah.

Sebagai contoh, ketika ada memiliki angka pecahan 0,15 di dalam cell, memformatnya ke dalam persentase akan membuatnya angka pecahan tersebut menjadi 15% secara otomatis.

Untuk merubah angka pecahan menjadi persen sangat mudah, kamu cukup memlih cell-nya dan klik simbol “%” pada Toolbar Google Sheet.

Cara Menghitung Persentase di Google Sheet
Adapun nilai persentase yang bisa dihitung antara lain adalah:

* Menghitung persentase proporsi
* Menghitung persentase dari total nilai
* Menghitung persentase perubahan

Memang masih banyak kondisi lain yang memungkinkan untuk menerapkan persentase, tapi pada pembahasan kali ini hanya akan berfokus pada ketiga poin di atas.

Menghitung Persentase Proporsi
Pada gambar di bawah ini, kamu akan melihat beberapa kolom, yaitu nama karyawan, target penjualan, penjualan dan persentase penjualan.

Selanjutnya mari menghitung berapa persen penjualan yang telah dilakukan, berdasarkan nilai target penjualan yang sudah ditentukan.

Rumus untuk mencari nilai persentase ini adalah:

Penjualan / Target Penjualan * * Untuk menerapkan rumus tersebut di Google Sheet, kamu perlu pilih cell D2 terlebih dahulu, lalu ketik formula =C2/B2.
* Maka kamu akan mendapatkan nilai 0.75 pada cell D2.

* Selanjutnya kamu perlu mengkonversi angka pecahan tersebut ke dalam persentase dengan cara klik simbol % pada Tool Bar Google Sheet.
* Maka kamu akan mendapatkan nilai 75.00% pada cell D2.

* Selanjutnya kamu perlu memilih kembali cell D2, dan klik 2 kali simbol .0 (Decrease Decimal Places),untuk merubah nilainya menjadi 75%.
* Terakhir, klik dan drag down persegi warna biru di sudut kanan bawah cell D2, untuk menyalin formulanya ke cell D3-D4.

Dari kasus di atas, dapat disimpulkan bahwa Sarah berhasil mencapai penjualan 75% dari targetnya, Yanto 50% dari targetnya, dan Mayang 100% dari targetnya.

Menghitung Persentase dari Total Nilai
Di bawah ini sudah terdapat contoh kasus dengan kolom nama karyawan, penjualan, persentase total penjualan.

Adapun rumus untuk menghitung persentase dari total penjulaan adalah:

Penjualan oleh karyawan / Total penjualan * 100

Sebelum menghitung persentase dari total penjualan, tentu kamu harus menghitung jumlah total penjualannya terlebih dahulu.

* Untuk menghitung total penjualan, kamu bisa memilih cell B5 dan ketik formula ini =SUM(B2:B4).
* Maka kamu akan mendapatkan nilai 1800 pada cell B5.

* Selanjutnya pilih cell C2 dan ketik formula =B2/$B$5
* Maka kamu akan mendapatkan nilai 0.33 pada cell C2.
* Untuk mengkonversinya menjadi persen, cukup klik simbol % pada Tool Bar, dan klik 2 kali simbol .0 (Decrease Decimal Places).

* Setelah itu maka kamu akan mendapatkan nilai 33% pada cell C2.
* Terakhir, kamu hanya perlu menyalin formula tersebut ke cell C3-C4.

Dari kasus di atas, dapat dilihat bahwa Sarah berhasil mencapai 33% dari total penjualan, Yanto 28% dari total penjualan, dan Mayang 39% dari total penjualan.

Secara keseluruhan total penjualan pada cell C3 harus menunjukan angka 100%.

Simbol dollar $ pada formula di atas menunjukan bahwa referensi merupakan nilai absolut, sehingga tidak berubah ketika kamu menyalin formula tersebut ke cell lainnya.

Menghitung Persentase Perubahan

Hanya saja kali ini yang akan dihitung adalah persentase selisih penjualan minggu ke-1 dan minggu ke-2.

Adapun rumus untuk menghitung persentase perubahan adalah sebagai berikut:

(Nilai Baru – Nilai Sebelumnya) / Nilai Sebelumnya * Cara mengimplementasikan rumus di atas pada kasus ini sangat mudah. Pertama pilih terlebih dahulu cell D2 yang merupakan cell tempat menampilkan nilai hasil perhitungan.

* Lalu ketik formula ini =(C2-B2)/B2.
* Maka kamu akan mendapatkan nilai 0.25 pada cell D2 tersebut.
* Selanjutnya kamu perlu merubahnya ke dalam persentase, dengan cara klik simbol % pada Tool Bar.
* Lalu klik 2 kali simbol .0 (Decrease Decimal Places).

* Maka kamu akan mendapatkan nilai 25% pada cell D2.
* Terakhir, salin formula tersebut dengan cara klik dan drag down kotak persegi biru di sudut kanan bawah cell D2, seret hingga cell D4.

Dari contoh kasus di atas dapat dilihat, bahwa penjualan masing-masing karyawan di minggu ke-2 meningkat dibanding minggu ke-1.

Cara mencari persentase di Google Sheet juga terbilang mudah, hanya dengan rumus yang mudah dipahami, kamu sudah bisa menentukan persentase dari suatu nilai.