Blog

Cara Menghitung Persen Kesalahan

Kesalahan persen atau kesalahan persentase dinyatakan sebagai persentase perbedaan antara nilai perkiraan atau terukur dan nilai yang tepat atau diketahui. Ini digunakan dalam sains untuk melaporkan perbedaan antara nilai yang diukur atau eksperimental dan nilai yang benar atau tepat. Berikut adalah cara menghitung persen kesalahan, dengan contoh perhitungannya.

Poin Kunci: Persen Kesalahan
* Tujuan dari perhitungan persen kesalahan adalah untuk mengukur seberapa dekat nilai yang diukur dengan nilai sebenarnya.
* Kesalahan persen (kesalahan persentase) adalah perbedaan antara nilai eksperimental dan teoretis, dibagi dengan nilai teoretis, dikalikan dengan 100 untuk menghasilkan persen.
* Di beberapa bidang, persen kesalahan selalu dinyatakan sebagai angka positif. Di lain, itu benar untuk memiliki nilai positif atau negatif. Tanda dapat disimpan untuk menentukan apakah nilai yang tercatat secara konsisten jatuh di atas atau di bawah nilai yang diharapkan.
* Persen kesalahan adalah salah satu jenis kesalahan perhitungan. Kesalahan absolut dan relatif adalah dua perhitungan umum lainnya. Persen kesalahan adalah bagian dari analisis kesalahan yang komprehensif.
* Kunci untuk melaporkan kesalahan persen dengan benar adalah mengetahui apakah menghilangkan tanda (positif atau negatif) pada perhitungan atau tidak dan melaporkan nilainya menggunakan jumlah angka penting yang benar.

Rumus Kesalahan Persen
Persentase kesalahan adalah perbedaan antara nilai yang diukur atau eksperimen dan nilai yang diterima atau diketahui, dibagi dengan nilai yang diketahui, dikalikan dengan 100%.

Untuk banyak aplikasi, persen kesalahan selalu dinyatakan sebagai nilai positif. Nilai absolut dari kesalahan dibagi dengan nilai yang diterima dan diberikan sebagai persen.

|nilai yang diterima – nilai eksperimen| \ nilai yang diterima x 100%

Untuk kimia dan ilmu-ilmu lainnya, merupakan kebiasaan untuk menjaga nilai negatif, jika terjadi. Apakah kesalahan itu positif atau negatif itu penting. Misalnya, Anda tidak akan mengharapkan persen kesalahan positif membandingkan hasil aktual dengan hasil teoretis dalam reaksi kimia . Jika nilai positif dihitung, ini akan memberikan petunjuk tentang masalah potensial dengan prosedur atau reaksi yang tidak terhitung.

Ketika menjaga tanda kesalahan, perhitungannya adalah nilai eksperimental atau terukur dikurangi nilai yang diketahui atau teoretis, dibagi dengan nilai teoretis dan dikalikan 100%.

persen error = [nilai eksperimen – nilai teoritis] / nilai teoritis x 100%

Langkah Perhitungan Persen Kesalahan
1. Kurangi satu nilai dari yang lain. Urutan tidak masalah jika Anda menghilangkan tanda (mengambil nilai absolut. Kurangi nilai teoretis dari nilai eksperimental jika Anda mempertahankan tanda negatif. Nilai ini adalah “kesalahan” Anda.
2. Bagilah kesalahan dengan nilai eksak atau ideal (bukan nilai eksperimental atau terukur Anda). Ini akan menghasilkan angka desimal.
3. Ubahlah bilangan desimal menjadi persen dengan mengalikannya dengan 100.
4. Tambahkan simbol persen atau % untuk melaporkan nilai kesalahan persen Anda.

Contoh Perhitungan Persen Kesalahan
Di laboratorium, Anda diberi balok aluminium . Anda mengukur dimensi balok dan perpindahannya dalam wadah dengan volume air yang diketahui. Anda menghitung massa jenis balok aluminium menjadi 2,68 g/cm 3 . Anda mencari massa jenis balok aluminium pada suhu kamar dan menemukan massa jenisnya adalah 2,70 g/cm 3 . Hitung persentase kesalahan pengukuran Anda.

1. Kurangi satu nilai dari yang lain:
2,68 – 2,70 = -0, . Tergantung pada apa yang Anda butuhkan, Anda dapat membuang tanda negatif apa pun (ambil nilai absolut): 0, Ini adalah kesalahannya. . Bagi kesalahan dengan nilai sebenarnya: 0,02/2,70 = 0, . Kalikan nilai ini dengan 100% untuk mendapatkan persen kesalahan:
0, x 100% = 0,74% (dinyatakan dengan menggunakan 2 angka penting ).
Angka penting penting dalam ilmu pengetahuan. Jika Anda melaporkan jawaban menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit, itu mungkin dianggap salah, bahkan jika Anda mengatur masalah dengan benar.

Kesalahan Persen Versus Kesalahan Absolut dan Relatif
Persen kesalahan terkait dengan kesalahan absolut dan kesalahan relatif . Perbedaan antara nilai eksperimental dan nilai yang diketahui adalah kesalahan absolut. Ketika Anda membagi angka itu dengan nilai yang diketahui, Anda mendapatkan kesalahan relatif . Persentase kesalahan adalah kesalahan relatif dikalikan 100%. Dalam semua kasus, laporkan nilai menggunakan jumlah digit signifikan yang sesuai.

Sumber
* Bennett, Jeffrey; Briggs, William (2005), Menggunakan dan Memahami Matematika: Pendekatan Penalaran Kuantitatif (edisi ke-3), Boston: Pearson.
* Törnqvist, Leo; Vartia, Pentti; Vartia, Yrjö (1985), “Bagaimana Seharusnya Perubahan Relatif Diukur?”, The American Statistician , 39 (1): 43–46.