Blog

Cara Menghitung Kesalahan Persen

Perhitungan Kesalahan Persen Sampel

Kesalahan persentase atau kesalahan persentase menyatakan sebagai persentase perbedaan antara nilai perkiraan atau terukur dan nilai yang pasti atau dikenal. Ini digunakan dalam kimia dan ilmu lain untuk melaporkan perbedaan antara nilai terukur atau eksperimental dan nilai yang benar atau tepat. Berikut ini cara menghitung kesalahan persen, dengan contoh penghitungan.

Formula Kesalahan Persen
Kesalahan persen adalah perbedaan antara nilai yang terukur dan diketahui, dibagi dengan nilai yang diketahui, dikalikan dengan 100%.

Untuk banyak aplikasi, kesalahan persen dinyatakan sebagai nilai positif. Nilai absolut dari kesalahan dibagi dengan nilai yang diterima dan diberikan sebagai persen.

| nilai diterima – nilai eksperimental | \ menerima nilai x 100%

Catatan untuk kimia dan ilmu lainnya, adalah kebiasaan untuk menyimpan nilai negatif. Apakah kesalahan itu positif atau negatif itu penting. Sebagai contoh, Anda tidak akan berharap memiliki kesalahan persen positif membandingkan hasil teoritis aktual dalam reaksi kimia . Jika nilai positif dihitung, ini akan memberikan petunjuk tentang potensi masalah dengan prosedur atau reaksi yang tidak diketahui.

Ketika menyimpan tanda untuk kesalahan, perhitungan adalah nilai eksperimental atau terukur dikurangi nilai yang diketahui atau teoritis, dibagi dengan nilai teoritis dan dikalikan dengan 100%.

persen error = [nilai eksperimental – nilai teoritis] / nilai teoritis x 100%

Langkah Perhitungan Kesalahan Persen
1. Kurangi satu nilai dari yang lain. Urutan tidak masalah jika Anda menjatuhkan tanda, tetapi Anda kurangi nilai teoritis dari nilai eksperimental jika Anda menyimpan tanda-tanda negatif. Nilai ini adalah ‘kesalahan’ Anda.

1. Bagilah kesalahan dengan nilai yang tepat atau ideal (yaitu, bukan nilai eksperimental atau terukur Anda). Ini akan memberi Anda angka desimal.
2. Konversikan angka desimal ke dalam persentase dengan mengalikannya dengan 100.
3. Tambahkan persen atau% simbol untuk melaporkan nilai kesalahan persen Anda.

Perhitungan Contoh Kesalahan Persen
Di laboratorium, Anda diberi blok aluminium.

Anda mengukur dimensi blok dan pemindahannya dalam wadah volume air yang diketahui. Anda menghitung kerapatan blok aluminium menjadi 2,68 g / cm3. Anda mencari kerapatan blok aluminium pada suhu kamar dan menemukannya 2,70 g / cm3. Hitung kesalahan persen pengukuran Anda.

1. Kurangi satu nilai dari yang lain:
2,68 – 2,70 = -0, . Tergantung pada apa yang Anda butuhkan, Anda dapat membuang tanda negatif (mengambil nilai absolut): 0, Ini kesalahannya. . Bagilah kesalahan dengan nilai yang benar: 0,02 / 2,70 = 0, . Kalikan nilai ini dengan 100% untuk mendapatkan kesalahan persen:
0, x 100% = 0,74% (diekspresikan menggunakan 2 angka signifikan ).
Angka-angka penting penting dalam sains. Jika Anda melaporkan jawaban menggunakan terlalu banyak atau terlalu sedikit, kemungkinan akan dianggap salah, bahkan jika Anda mengatur masalah dengan benar.

Kesalahan Persen Versus Absolute dan Relative Error
Kesalahan persen terkait dengan kesalahan mutlak dan kesalahan relatif . Perbedaan antara nilai eksperimental dan yang diketahui adalah kesalahan absolut. Ketika Anda membagi angka tersebut dengan nilai yang diketahui, Anda mendapatkan kesalahan relatif. Kesalahan persen adalah kesalahan relatif dikalikan dengan 100%.